Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 01 September 2020

Ciri Khusus Hewan Berkembang Biak dan Bertahan Hidup

Ilustrasi foto: sumber.belajar.kemdikbud.go.id


Hewan di bumi memerlukan cara berkembang biak yang berproses untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Hal ini mudah kita ketahui pada masing-masing spesies hewan menggunakan ciri khusus yang membedakan mereka dengan spesies hewan lain.

Ciri khusus hewan untuk berkembang biak, selain untuk mencari sumber makanan, kemampuan tersebut dapat berguna mengidentifikasi objek sekaligus menghindari predator agar dapat bertahan hidup.

Ciri Khusus Hewan Berkembang Biak dan Bertahap Hidup


Jika kita ditanya oleh teman maupun guru, apa yang kamu ketahui tentang ciri khusus hewan untuk berkembang biak sekaligus bertahan hidup, terdapat banyak contoh dari hewan yang bisa kita amati secara langsung. Yuk, kita lihat 7 ciri khusus hewan dibawah ini.

Ciri khusus hewan berikut contohnya


Cicak

Cicak

Cicak sebagai hewan vertebrata memiliki ciri khusus pada kaki yang mampu menempel di dinding tanpa khawatir jatuh. Hewan reptil bertulang belakang ini memiliki perekat pada kaki untuk menempel di dinding sekaligus berfungsi berpindah tempat dengan merayap.

Ciri khusus lainnya pada cicak adalah kemampuan autotomi. Cara bertahan hidup reptil cicak saat dalam bahaya menggunakan kemampuan autotomi, yaitu memutuskan ekornya untuk mengalihkan perhatian predator sehingga dapat melarikan diri. Seiring berjalannya waktu, ekor cicak yang lepas tadi akan tumbuh seperti semula. Kelompok lain yang segolongan bangsa mirip cicak adalah tokek sebagai suku Gekkonidea.

Bebek

bebek

Contoh hewan lain memiliki ciri khusus berkembang biak dan bertahan hidup adalah bebek. Saat kita melihat pada kaki bebek, setiap jari mereka terhubung selaput memudahkan bebek berenang lebih cepat dari hewan lain. Spesies yang memiliki ciri khusus seperti bebek di kakinya adalah angsa. Cara berkembang biak mereka dengan cara bertelur.

Kelelawar

Kelelawar

Kelelawar merupakan hewan yang punya ciri khusus pada kemampuan indera pendengaran dan penciuman yang handal. Cara kelelawar berkembang biak sama seperti hewan Vertebrata dan mempertahankan hidupnya dengan memadukan kemampuan unik tersebut. Misalnya kelelawar dapat mengeluarkan suara gelombang tinggi dan menangkap pantulan suara tersebut.

Ciri khusus kelelawar yang unik ini, memudahkan mereka mengidentifikasi jenis obyek dan mengetahui jarak yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dari kemampuan kelelawar ini, mereka bisa terbang saat hari gelap tanpa menabrak pohon, bangunan dan objek lain. Kelebihan dari kelelawar ini disebut kemampuan ekolokasi, yakni mengetahui jarak benda menggunakan pantulan gelombang suara yang dikeluarkan. Kelelawar disebut juga hewan nokturnal, yang artinya hewan yang tidur saat siang hari atau saat terang dan beraktivitas saat malam hari atau keadaan gelap.

Semut

semut

Contoh ke-4 dari hewan lain yang memiliki ciri khusus adalah semut. Jika melihat dari dekat bentuk semut, mereka memiliki antena di kepalanya.

Fungsi antena di kepala semut ini bermanfaat mendeteksi getaran dan berkomunikasi dengan sesama semut lain. Cara berkomunikasi antar semut saat menemukan bahaya atau sumber makanan, yakni melalui ke-2 antena yang terdapat di kepala mereka. Semut termasuk hewan invertebrata karena tidak memiliki tulang belakang.

Kucing

kucing

Kucing salah satu hewan vertebrata atau makhluk hidup yang memiliki tulang belakang dengan kemampuan ciri khusus. Kelebihan yang terdapat pada kucing seperti mata yang bersinar terang saat kena sinar di malam hari, memiliki kemampuan menjaga keseimbangan dan ketepatan mendarat saat jatuh dengan kedua kaki di bawah dan kaki mereka memiliki bantalan.

Fungsi bantalan kaki kucing yang terdapat pada kaki mereka tersebut, ternyata mempunyai fungsi penting dalam kehidupan hewan. Misalnya sebagai sensorik yang sensitif karena bantalan kaki kucing  ada reseptor saraf.

Reseptor saraf bantalan kucing ini berguna menjaga keseimbangan kucing saat berburu sehingga getaran yang timbul saat berjalan atau berlari, tidak diketahui mangsa. Bantalan kaki kucing jika disederhanakan seperti peredam suara untuk berjalan dan berlari.


Masih banyak jenis hewan yang bisa menjadi contoh makhluk hidup dengan ciri khusus dan unik. Misalnya Bunglon memiliki kemampuan mimikri (mengubah warna kulitnya agar sama dengan warna lingkungannya), 
Unta memiliki punuk untuk menyimpan air dan lemak, landak memiliki ciri khusus dengan duri yang tajam, cumi-cumi yang mampu mengeluarkan tinta hitam.

Sumber Ilustrasi foto: Pixabay.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar