Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 09 September 2020

Cara Merawat Hamster, Kelebihan dan Kelemahan Perlu Diketahui

Memelihara hewan sebagai peliharaan menjadi hobi yang menyenangkan untuk masyarakat yang suka dengan hewan mungil ini, hamster. Jenis binatang pengerat yang ada hampir di seluruh dunia, klasifikasi mereka dimulai dari yang terbesar dengan Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Mammalia, Ordo:Rodentia, Subordo: Myomorpha, Superfamili:Muroidea, Famili: Cricetidae dan kelompok terkecil adalah Subfamili: Cricetinae.

Ilustrasi foto: Pixabay/Aqe



Pengalaman Cara Merawat Hamster


Berbeda dengan hewan peliharaan lain dengan umur hidup cukup panjang hingga puluhan tahun, kucing atau anjing bisa dipelihara antara belasan tahun. Hamster memiliki usia cukup pendek sekitar 3 tahunan, bahkan bisa lebih pendek jika berada di alam bebas karena mendapat bahaya dari predator ingin menangkap mereka.

Kelemahan memelihara hamster sebagai hewan peliharaan yang pertama, umur mereka singkat sehingga butuh tips khusus supaya usia mereka bisa tambah beberapa tahun lagi.

Cara merawat hamster 


Sebelum Anda mulai pengembangbiakan hamster menjadi peliharaan, hal dasar yang perlu kita tahu adalah bibit agar umur mereka bisa lebih panjang.

Spesies hamster sebagian ada yang kurang cocok menjadi hewan peliharaan saat lingkungan habitat mereka hidup berada dalam ruang tertutup.

Hamster butuh sinar matahari di waktu yang tepat dan desain rumah tinggal yang dibuat perlu sirkulasi udara baik agar kesehatan mereka tetap baik.

Spesies hamster yang baik sebagai bibit untuk hewan peliharaan, paling sedikit ada 4 jenis hamster yang cukup baik dari 7 subfamili Cricetinae.

1. Hamster Winter White


Hamster Winter White, hewan pengerat yang cukup banyak dipelihara dan dikembangkan karena mereka memiliki bulu halus dan tebal. Kelebihan hamster Winter White pada warna bulu bisa berubah menjadi keabuan atau kecoklatan emas karena suhu dan lingkungan habitat mereka tinggal.

2. Hamster Syrian Short - Long Hair


Kelebihan yang terdapat dalam hamster Sryan Shor hair dan Longhair adalah kemampuan menyesuaikan diri cukup tinggi sehingga bisa tinggal dalam ruangan tertutup. Selain itu, tinggi dan berat badan hamster Syrian ini cukup besar dan jarang stres.

Kekurangannya mereka butuh tempat tinggal yang semakin besar karena lingkungan hidup hamster tidak bisa tinggal dalam tempat sempit.

3, Hamster White Face Roborovski


Kelebihan Hamster White Face Roborovski adalah aktivitas mereka aktif dan senang bermain di kandang. Ciri-ciri Hamster White Face Roborovski memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibanding jenis Syrian dan keunikan lain pipinya terlihat besar gembul.

Kekurangan pada Hamster White Face Roborovski merupakan jenis hewan pengerat yang mudah stres, terutama jika kandang miliknya kecil.

4. Hamster Campbell


Jenis spesies hamster lain yang cukup banyak dikembangkan adalah Hamster Campbell. Keunggulan hewan ini pada cara merawat lebih mudah dibanding hamster lain. Kelemahan pada Hamster Campbell adalah perilaku yang bisa agresif, khususnya jika dirinya merasa terancam sehingga perlu mendapat kenyamanan di tempat tinggal mereka.

Dari ke-4 jenis hamster tadi, kira-kira spesies yang berasal dari mana yang paling cocok dengan Anda? kembali pada pertimbangan Anda.

Cara merawat hamster untuk pemula, sebaiknya memulai dari tempat tinggal mereka yang cukup besar dan luas. 1 ekor hamster minimal perlu kandang 80x50 sentimeter dan menyesuaikan dengan jumlah hamster yang ingin Anda pelihara nanti. Jika ingin memelihara jantan dan betina, luas kandang masing-masing di kalikan 2 yang lebih luas dari kadang hamster sendirian.

Cara membuat kandang hamster yang baik adalah menyediakan sirkulasi udara yang baik agar bisa bertukar dengan cepat. Bahan dasar yang sering dipakai untuk kandang hamster ini biasanya memakai jenis kawat sehingga udara bisa bertukar dengan baik.

Kebutuhan dasar lain yang perlu disediakan dalam kandang adalah makanan berkualitas dan air bersih. Jangan lupa memberikan sarana bermain yang bisa didapatkan di petshop kebutuhan hamster.

Bagian alas untuk tempat tinggal hamster minimal menggunakan alas paling sedikit 5 sentimeter, media alas yang digunakan berupa serutan kayu yang ramah untuk mereka.

Jenis kayu yang bagus sebagai alas tempat tinggal hamster adalah kayu aspen, sementara jenis kayu pinus dan kayu cedar tidak disarankan dipakai karena bisa mempengaruhi kesehatan mereka.

Jika kandang mulai terlihat kotor, bersihkan segera atau minimal dua hari sekali untuk mencegah mereka stres dan sakit.

Untuk memilih jenis kandang untuk hamster bisa bervariasi sesuai keinginan Anda, namun masing-masing tipe kandang berikut punya kelebihan masing-masing.

Kandang akuarium

Kandang jenis akuarium adalah lapisan pembatas menggunakan kaca seperti tempat tinggal ikan hias. Kelebihan menggunakan jenis kandang seperti ini adalah kebersihan lebih terjaga karena hamster punya perilaku unik senang membuang serbuk kayu yang menjadi alas.

Jenis kandang lainnya untuk tempat tinggal hamster dengan kawat kisi kisi. Kelebihan pada tipe kandang ini adalah sirkulasi udara yang mudah bertukar sehingga tidak membuat mereka cepat stres.

Cara memberikan makan hamster

Untuk makanan hamster pilih pakan berkualitas karena mereka butuh nutrisi dan gizi. Takaran pemberian makanan hamster yang disarankan ahli hewan diberikan sekitar 15-20 gram dalam sehari atau menurut saran ahli hamster.

Ketika mereka menyimpan makanan di tempat tersembunyi, sebaiknya tidak membuang walau kesegarannya berkurang. Makanan yang ditimbun hamster yang dibuang oleh pemilik bisa memicu stres.

Solusi mengatasi makanan hamster yang mulai bau ketika harus dibuang, ganti dengan pakan yang lebih segar sehingga mereka tetap nyaman.

Bersosialisasi dengan bermain

Hamster jenis hewan pengerat yang butuh olahraga dan bermain. Ketika ingin mengembangbiakkan menjadi budidaya hewan ternak, mereka perlu diberikan mainan dan bujuk mau bermain. Oleh karena itu, mainan yang dipilih sebagai sarana rekreasi hamster menjadi penting mengurangi stres mereka, sekaligus untuk berolahraga.

Suhu tempat tinggal Hamster

Kesehatan hamster dipengaruhi faktor suhu yang menjadi tempat tinggal mereka. Suhu yang dianggap normal sebagai habitat lingkungan mereka antara 18-26 derajat celcius

Demikian tulisan tentang kelebihan dan kelemahan memelihara hamster, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar