Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 11 September 2020

Cara mengumpulkan tugas di google classroom

Protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dan sesuai anjuran pemerintah, supaya masyarakat menjaga jarak dan menjaga kesehatan. Beberapa kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dan kerumunan dibatasi untuk mencegah penularan dan perkembangan virus corona. Selain pembatasan sosial untuk masyarakat bekerja di luar, siswa yang sebelumnya datang ke sekolah mulai belajar secara online di rumah masing-masing.

Ilustrasi foto: Pixabay/mmi9 



Imbauan siswa untuk di rumah, bukan berarti tidak belajar sama sekali. Dukungan teknologi dan informasi modern, siswa bisa melanjutkan proses belajar mengajar sesuai jenjang pendidikan. Selain belajar dengan media yang mendukung metode pembelajaran secara online, pada sesi akhir siswa perlu mengumpulkan tugas yang diberikan guru setelah proses belajar selesai.


Cara mengumpulkan tugas di google classroom


Salah satu dukungan Google terhadap proses belajar mengajar, hadir Google Classroom. Namun beberapa siswa dan orang tua masih kesulitan cara mengumpulkan tugas di Google Clasroom.

Berangkat dari informasi siswa dan orang tua masih belum tahu, cara mengumpulkan tugas di Google classroom, berikut informasi yang bisa diketahui.

Untuk mengumpulkan tugas sekolah, kita bisa mengunakan 3 pilihan alat bantu untuk melaporkan hasil belajar dengan mengerjakan tugas yang diberikan guru, diantaranya dengan komputer atau laptop, ponsel Android, dan iPhone.

Cara mengumpulkan tugas di google classroom dengan komputer, laptop, ponsel Android, dan iPhone


Jika tugas sekolah sudah selesai dikerjakan, siswa dapat mengirim satu hingga beberapa file sekaligus menggunakan Google classroom.

Fitur tambahan yang bisa digunakan untuk dokumen, Google classroom mendukung format dokumen, slide, spreadsheet, hingga gambar yang menjadi tugas akhir.

Cara mengumpulkan tugas di Google clasroom dengan komputer atau laptop adalah sebagai berikut:
  • membuka aplikasi Google classroom atau link ini
  • setelah login sukses dilakukan, pilih menu kelas sesuai dengan jenjang studi
  • untuk mengetahui tugas yang diberikan guru, lihat pada bagian menu tugas
  • untuk mengumpulkan tugas di Google classroom menggunakan format dokumen, caranya menggunakan Google Drive jika file disimpan disana
  • cara melampirkan file dari Google Drive, klik Google Drive, lalu cari nama file yang disimpan, lalu tekan tambahkan jika sudah benar.

Format file yang mendapat dukungan dalam Google Classroom sangat banyak, Anda bisa menyesuaikan menurut format yang ada, seperti yang terdapat dalam menu docs, slides, sheets, hingga drawings.
Jika sudah mendapat file dengan format yang benar, klik sambil menambahkan informasi yang diperlukan.

Cara menghapus file lampiran yang salah terkirim yang belum dikirim, cari menu dengan tanda X. Biasanya tanda X terdapat pada samping file yang menjadi lampiran.

Cara mengirim komentar atau menuliskan sesuatu hal untuk guru yang memeriksa dan menerima tugas, cari pada fitur komentar yang tersedia. Setelah diklik, masukan tulisan yang ingin Anda sampaikan, lalu tekan serahkan dan konfirmasi ulang. 

Jika file sudah terkirim, tanda akan menjadi diserahkan.

Cara membatalkan tugas yang ingin dikumpulkan di Google Classroom


Adakalanya tugas yang sudah dikerjakan perlu direvisi dan mendapat perbaikan di beberapa jawaban. Jika tugas sudah diserahkan dan ingin melakukan perbaikan, hal tersebut masih dimungkinkan dalam Google classroom.

Cara membatalkan tugas yang sudah dikirim dan melakukan perbaikan untuk dikirim kembali, login di classroom, pilih kelas, pilih tugas, kemudian cari file yang sudah dikirim, lalu klik menu batalkan.

Jika pengiriman sudah di cancel, muncul konfirmasi pada layar sebagai notifikasi.

Cara mengumpulkan tugas di google classroom dengan komputer, laptop, ponsel Android, dan iPhone sebagian besar caranya sama dengan menu serupa.

Untuk memahami fitur dan menu yang terdapat dalam Google classroom, kita bisa belajar praktek langsung dengan mengunjungi langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar