Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 16 September 2020

Cara Mengkonsumsi Nasi yang Benar

Nasi telah menjadi makanan pokok dalam masyarakat secara umum dan sebagian wilayah tertentu menggunakan makanan pengganti lain sebagai makanan pokok nasi dengan sagu, jagung, umbi-umbian hingga singkong. Manfaat yang didapat untuk tubuh ketika mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan sumber karbohidrat, hal dasar bagi tubuh memperoleh energi melakukan aktivitas harian seperti bernapas dan hal lain.

Ilustrasi foto Pixabay.com


Cara mengkonsumsi nasi yang benar


Bagi masyarakat terbiasa makan nasi sebagai makanan pokok, ada istilah yang mungkin pernah Anda dengar, konsumsi sumber makanan karbohidrat terasa belum lengkap jika belum bertemu dengan nasi. Jika kita mencari tahu sumber makanan yang tinggi karbohidrat, ternyata bukan terdapat pada padi yang menjadi beras dan dimasak sebagai nasi, ada banyak sumber makanan lain seperti sagu, jagung, umbi-umbian hingga singkong.

Bagaimana cara mengkonsumsi nasi yang benar?


Salah satu pengaturan cukup penting untuk kita ketahui, cara untuk mengkonsumsi nasi agar tepat dan benar atau makanan pokok pengganti yang lain berpengaruh pada kesehatan dan berat badan tubuh.

Tak sedikit cara seseorang berhadapan dengan periuk nasi, sering mengambil nasi di piring menggunakan insting tanpa perhitungan. Bisa dibilang, cara kita menyendok makanan karbohidrat dilakukan sekena dan menurut keinginan hati.

Mengutip anjuran Kementerian Kesehatan terhadap tata cara mengkonsumsi nasi, disarankan menghitung porsi dan kalori untuk mencegah pertambahan berat badan semakin meningkat.

Cara menghitung porsi makanan dengan kebutuhan kalori


Rata-rata jumlah kalori yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari sekitar 2.000 kilo kalori untuk kegiatan normal. Kebutuhan kalori orang dewasa bisa berubah menjadi lebih banyak disesuaikan jenis pekerjaan dan aktivitas dalam sehari-harinya.

Untuk menghitung porsi nasi supaya tepat bagi tubuh, faktor lain mempengaruhi banyak atau sedikit porsi makanan pokok tinggi karbohidrat adalah riwayat penyakit tertentu seperti diabetes hingga obesitas. Oleh karena itu, konsultasi dengan ahli kesehatan seperti dokter untuk mendapat asupan paling tepat dari nasi.

Berikut cara menghitung porsi makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari


Makanan pokok

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, nasi masih menjadi pilihan utama untuk masyarakat mendapatkan kalori. Jika Anda memilih sumber karbohidrat berasal dari nasi dalam sehari, standar normal maksimal mengkonsumsi 500 gram nasi dalam 1 hari.

Sementara jenis makanan lain yang biasa dimakan, misalnya mi maksimal mencapai 1000 gram dalam sehari.

Dalam 100 gram nasi sudah masak, hampir sama dengan 1 cangkir atau sekepal tangan orang dewasa. Artinya 1 hari sumber makanan karbohidrat nasi paling banyak 5 cangkir takaran atau sekitar 5 kepalan tangan orang dewasa.

Cara mengatur mengkonsumsi nasi lebih tepat dengan pengaturan yang tepat dalam 1 hari. Misalnya batas maksimal 500 gram tersebut dibagi sesuai waktu makan atau takar menjadi sedikit untuk menjaga berat badan tubuh ideal.

Misalnya, saat pagi sarapan dengan 1 setengah takaran, makan siang sekitar 2 takaran, dan sore hari 1 setengah takaran, sehingga total maksimal 500 gram nasi.

Sayur dan buah

Keseimbangan gizi yang dibutuhkan sebagai nutrisi tubuh, faktor pengaruh dari sayur dan buah amat penting melengkapi makanan pokok yang dimakan. Jika menggunakan cara konsumsi nasi lebih sesuai berdasarkan pembagian 3 waktu makan, sayuran dan buah-buah perlu dimakan sekitar 400 - 600 untuk 1 hari. 

Proses pembagian waktu makan sayur dan buah-buah ini sama seperti kita mengkonsumsi nasi yang benar yakni dibagi menurut waktu makan makanan pokok.

Lauk pauk

Faktor penyeimbang lain dalam makanan pokok dengan sayur dan buah adalah lauk pauk. Jenis lauk pauk yang bisa dikonsumsi berupa sumber hewani hingga nabati.

Porsi ukuran orang dewasa terhadap lauk pauk yang berasal dari sumber hewani dan nabati, sekitar 100 - 400 gram yang dibagi sesuai waktu makan. Jenis lauk pauk yang bisa kita konsumsi diantaranya tempe, telur, ikan, daging.

Cara mengatur porsi dalam piring yang benar


Salah satu kesulitan yang kerap muncul saat melakukan cara mengkonsumsi nasi yang benar, adalah menghitung kalori asupan sesuai kebutuhan. 

Tidak sedikit dari masyarakat menumpuk dan mengambil nasi dalam piring, sehingga lauk pauk dan sayur menjadi makin tinggi di atas makanan pokok.

Cara mengatur porsi makanan yang dikonsumsi dengan membagi piring menjadi 4 bagian berdasarkan jenisnya. Misalnya 50 persen dari piring terisi nasi dan lauk pauk, sementara 25 persen untuk sayur dan 25 persen untuk buah. 

Dengan cara mengatur porsi makanan menggunakan piring menjadi 4 bagian, Anda lebih mudah mengatur porsi makanan dan kalori yang didapat dari masing-masing sumbernya.

Dengan cara mengatur dengan benar mengkonsumsi nasi agar sesuai dengan lauk pauk serta sayur ditambah buah, berat badan lebih mudah di kontrol dan kesehatan selalu terjaga dengan baik.

Cara mengatur konsumsi nasi yang benar saat mengatur berat badan

Salah satu usaha yang banyak dijalankan individu dalam jaman modern seperti sekarang, sebagian besar berusaha menjaga berat badan tetap ideal dan terkontrol. Selain itu, sebagian dari masyarakat menilai berat badan yang dimiliki sudah termasuk kegemukan hingga obesitas, sehingga menjalani program diet sehat.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak individu berusaha mengontrol berat badan lebih ideal, untuk melakukan hal tersebut perlu cara mengkonsumsi nasi yang benar atau sumber makanan kaya karbohidrat lainnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan mengatur dan mengontrol berat badan menjadi ideal, diantaranya:
  1. Ganti nasi putih
  2. Mengurangi porsi nasi putih
  3. Memilih camilan sehat
  4. Hindari makanan dan minuman mengandung gula

Sebelum menjalankan program diet sehat dan melakukan perubahan pola makan secara cepat, disarankan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menerima masukan yang lebih baik.

Ganti nasi putih

Makanan yang kaya karbohidrat memiliki fungsi sebagai tenaga untuk tubuh melakukan aktivitas. Beberapa dari individu yang mengontrol berat badan lebih ideal dan mencegah kegemukan, memilih mengganti menu makanan pokok nasi dengan jenis lain, seperti berasal dari singkong, talas, kentang dan jenis umbi-umbian.

Alternatif lain bisa juga menggunakan oatmeal jika diperbolehkan oleh dokter setelah berkonsultasi.

Mengurangi porsi nasi putih

Cara mengkonsumsi nasi yang benar dalam program diet sehat bisa mengurangi porsi nasi putih yang akan dimakan. Minta saran dokter gizi atau ahli kesehatan, seberapa banyak pengurangan nasi putih yang baik untuk Anda, karena setiap individu memiliki kebutuhan dasar kalori yang tidak sama, menyesuaikan aktivitas dan kegiatan yang dilakukan.

Hindari makanan dan minuman mengandung gula

Zat tambahan berasal dari makanan olah cepat saji sering menggunakan penambahan untuk membuat gurih, enak dan rasa semakin nikmat. 

Saat Anda melakukan program diet sehat dengan mengatur cara makan nasi yang benar, ada baiknya menghindari jenis makanan dan minuman mengandung gula.

Cara memulai diet sehat mengatur berat badan ideal

Pengaruh cara mengkonsumsi nasi agar sesuai pada organ pencernaan memiliki fungsi berdampak baik atau sebaliknya. Jika kita bisa mengonsumsi nasi secara benar sesuai saran dan anjuran dokter, sebagian besar program diet sehat bisa aman tanpa masalah.


Selain itu, ada beberapa cara memulai diet sehat yang perlu diketahui, diantaranya:
  • membiasakan sarapan pagi hari
  • menghindari minuman mengandung kafein, soda dan pemanis
  • menghindari camilan sebagai menu lauk untuk nasi
  • utamakan jenis makanan yang kaya serat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar