Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 15 September 2020

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis PLN 2020

Masyarakat dalam kelompok pelanggan pemakaian listrik sesuai syarat dan ketentuan berlaku, diberi subsidi listrik gratis hingga potongan biaya mencapai 50 persen sampai Desember 2020.




Syarat cara mendapatkan token listrik gratis PLN hingga akhir 2020, ditujukan pelanggan 450 VA yang diberi subsidi listrik gratis dan pelanggan 900 VA dengan diskon 50 persen.

Cara mendapat token listrik gratis atau diskon PLN


Bantuan Pemerintah yang disalurkan lewat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupa subsidi pembebasan biaya untuk pelanggan 450 VA dan potongan biaya 50 persen untuk konsumen 900 VA sampai Desember 2020, perlu diaktifkan dengan beberapa cara sehingga bisa digunakan pelanggan.

2 Cara mendapat token listrik PLN tersebut perlu disesuaikan situasi dan kondisi masing-masing. Mana yang paling mudah diantara 2 cara memperoleh token listrik tersebut, berikut tahapan yang bisa Anda lakukan.

Cara mendapat token listrik PLN gratis yang pertama, buka situs web resmi PLN atau di https://portal.pln.co.id/
  • Jika gagal buka situs web resmi PLN, bisa juga mencoba di www.pln.co.id 
  • Pastikan paket data internet ponsel Anda sudah aktif
  • Pilih menu "Token gratis-diskon" atau "Stimulus Covid-19"
  • Setelah layar ponsel - komputer terbuka, input ID Pelanggan / Nomor Meter yang Anda miliki di kolom tersedia, lalu masukan kode Captcha yang diberikan. Jika kode Captcha tidak sesuai atau tidak terbaca dengan jelas, bisa menganti dengan klik refresh dibagian bawah kodenya
  • Jika ID Pelanggan / Nomor Meter yang dimasukkan memenuhi syarat dan ketentuan Perusahaan Listrik Negara (PLN), maka akan muncul token listrik dari PLN.
  • Sementara pelanggan yang tidak memenuhi kriteria mendapat pemberitahuan ID Pelanggan / Nomor Meter yang diinput tidak dapat menerima subsidi.
  • Nomor token yang muncul setelah berhasil input ID Pelanggan / Nomor Meter, catat dan input kembali ke dalam kWh meter yang terdapat di rumah Anda.

Cara mendapat token listrik PLN gratis kedua, menggunakan aplikasi Whatsapp
  • Buka aplikasi Whatsapp di ponsel dan masukan nomor 08122-123-123 dalam kontak sebagai identitas PLN
  • Setelah selesai, lakukan percakapan dengan PLN dengan mengirim format pesan Nomor ID Pelanggan
  • Setelah verifikasi dan validasi sesuai dengan syarat dan ketentuan PLN, pelanggan mengetik angka 1
  • Setelah masuk dalam menu, masukan nomor ID Pelanggan, klik send
  • Jika ID Pelanggan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga mendapat token gratis atau diskon 50 persen menerima notifikasi.

Cara mendapatkan token listrik gratis PLN 2020 tidak menyasar pelanggan pemakaian listrik 4500 VA dan 900 VA, untuk kelompok pelanggan lain bisa juga memperoleh keringanan biaya tagihan listrik sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan PLN.

Syarat pelanggan sosial, bisnis hingga industri memperoleh insentif untuk tagihan pemakaian listrik berlaku sebagai berikut:

Pelanggan pemakaian listrik PLN bisa memperoleh insentif pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum jika dibawah ketentuan 40 jam menyala. Insentif subsidi token gratis listrik PLN untuk golongan daya 1.300 VA ke atas (S2/1.300 VA s.d. S-3/> 200 kVA). Sementara insentif subsidi listrik gratis untuk pelanggan idustri termasuk kriteria 1.300 VA ke atas (I-1/1.300 VA s.d. I-4/30.000 kVA ke atas).

Program subsidi dan insentif token listrik gratis PLN 2020 telah dimulai bulan Juli, Agustus, September, hingga Desember 2020. Jika Anda masih kurang mengerti cara mendapatkan token listrik gratis PLN 2020, bisa menanyakan langsung ke Customer Service PLN di nomor telepon 123 atau (021) 123 jika memakai ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar