Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 09 September 2020

Cara Menanam Pohon Mangga agar Hasil Melimpah

Mangga merupakan buah yang cukup populer dalam masyarakat yang tinggal di desa dan kota. Rasa buah mangga yang manis atau agak asam dengan tekstur empuk saat digigit, menimbulkan niat pada diri sendiri mengolah menjadi menu dan resep unik saat disantap.

tempat menanam pohon mangga yang baik
Ilustrasi foto: Pixabay/sarangib



Buah mangga mudah dibeli dekat pasar tradisional dan pasar modern, namun Anda yang ingin menanam pohon mangga di halaman atau tanah kosong, ketika hobi ini menghasilkan buah melimpah menjadi kebanggaan tersendiri. Agar pohon mangga dapat berbuah banyak, cara menanamnya ternyata mudah dikerjakan selama sesuai saran dari ahli tanaman.

Cara menanam pohon mangga agar hasil melimpah


Rata-rata buah mangga mulai masuk masa panen sekitar di bulan Agustus hingga November ketika dipelihara pada wilayah Indonesia. 

Cara menanam pohon mangga agar hasil melimpah yang perlu disiapkan, misalnya lahan yang memiliki tekstur tanah subur, bibit, cara merawat hingga masuk periode berbuah.

Tempat menanam pohon mangga


Tempat menanam pohon mangga yang cukup penting adalah menemukan dataran tanah gembur dengan pertumbuhan humus mudah berkembang-biak. Untuk hasil buah mangga lebih maksimal, jenis tanah jenis lempung lebih bagus sebagai lokasi memulai hobi merawat pohon mangga.

Setelah tempat menanam pohon mangga sudah ditentukan, gali bagian tanah yang akan menjadi tempat dengan kedalaman sekitar 1 meter persegi. 

Pohon mangga yang ditanam di tempat yang sama jika banyak bibit mangga, sediakan jarak sekitar 6-8 meter.

Hasil tempat lokasi yang menjadi tanaman mangga tersebut, didiamkan sekitar 1 bulan untuk melarutkan zat-zat dari tanah yang bisa mempengaruhi pertumbuhan pohon. 

Memasuki 1 bulan setelah tanah sudah dianggap baik sebagai tempat menanam pohon mangga, tambahkan pupuk untuk pohon mangga dan kembali kita biarkan sekitar 2 mingguan.

Jika waktu sudah siap, penanaman pohon mangga berupa bibit unggulan bisa dimulai.

Cara melakukan bibit pohon mangga berkembang dan bertumbuh maksimal, sebelum ditanam sebaiknya bagian pembungkus plastik dilepaskan. Masukan bibit pohon mangga pada kedalaman sekitar 20 cm atau sudah menutup seluruh akar tanaman.

Untuk mencegah bibit pohon mangga miring didorong makhluk lain, padatkan bagian tanah galian agar lebih tegak dan tidak mudah miring

Setelah selesai melakukannya, tambahkan pelindung disebelah bagian barat, supaya sinar matahari tidak terlalu banyak menyinari batang.

Cara merawat pohon mangga agar buah menghasilkan banyak


Faktor yang mempengaruhi pohon mangga bisa bertumbuh dan berbuah lebih maksimal, cara merawat selama dipelihara menentukan hasilnya. Selain pengaruh tempat menanam pohon mangga yang sesuai, pemupukan ulang saat umur pohon sekitar 2-5 tahun perlu pupuk kandang tambahan.

Cara merawat pohon mangga masa budidaya tahun ke 2-5 ini dengan mengali lubang dan menaburi pupuk kandang sekitar 30 kg. Cara lain bisa juga dengan cara ditaburi langsung pada bagian area batang pohon.

Masuk tahun 6-15, takaran pupuk kandang lebih banyak menjadi 60 kg dan mulai diberikan pada awal perubahan musim panas ke musim hujan.

Jenis pohon mangga bisa berbeda-beda dalam cara merawatnya sehingga butuh saran tambahan dari ahli tanaman.

Rata-rata pohon mangga yang ditanam di tempat yang sesuai dan mendapat cara perawatan yang baik, hasil panen mulai terasa pada hari ke 90-120 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar