Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 13 September 2020

Cara Daftar Verifikasi Validasi Nomor Ponsel Siswa Ikut Kuota Internet Subsidi Kemendikbud

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk para siswa belajar di rumah, mengumumkan program kemudahan akses kuota subsidi agar mudah dalam proses belajar mengajar.



Program yang disosialisasikan bagi dunia pendidikan dari Kemendikbud, ditujukan seluruh siswa, dari SD, SMP, SMA atau SMK maupun peserta didik lain sesuai syarat dan ketentuan ditetapkan instansi pendidikan.

Agar bisa mengikuti program kuota subsidi, siswa perlu melakukan beberapa tahapan agar nomor ponsel yang digunakan bisa aktif menerima program pembelajaran tersebut.

Cara daftar Verifikasi Validasi Ponsel Siswa


Untuk menerima program subsidi kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kita perlu memastikan nomor ponsel yang dipakai tetap aktif. Jika menerima nomor ponsel baru yang dibagikan pihak sekolah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah registrasi ke operator yang digunakan dan mengisi paket data internet sebelum registrasi Verifikasi dan Validasi.

Pembagian nomor ponsel kepada para siswa mungkin berbeda-beda dan tidak seluruh sekolah menerapkan pemberian nomor operator secara gratis. Ada beberapa sekolah jika mendapat nomor secara gratis dari operator, biasanya dibagikan untuk siswa di sekolah tersebut.

Untuk nomor ponsel yang baru didapat dari sekolah, kita perlu mendaftarkan terlebih dahulu ke operatornya.

Cara mendaftar dan Registrasi Nomor Ponsel Baru bisa Aktif


Saat kita mendapat nomor ponsel yang diberikan sekolah atau membeli di toko pulsa yang menjual nomor perdana, aktivitasi dibutuhkan supaya nomor yang diperoleh bisa aktif untuk digunakan.

Payung hukum registrasi dan pendaftaran nomor HP baru diatur dalam Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Nomor 12/2006 yang disosialisasikan bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Syarat yang dibutuhkan untuk registrasi pendaftaran nomor baru yang belum aktivasi, menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di indentitas seperti Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP. Syarat kedua melengkapi pendaftaran nomor baru, menyiapkan Kartu Keluarga (KK).

Metode aktivasi kartu baru untuk operator Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Tri hingga Smartfren bisa memilih 2 cara yang mungkin salah satunya lebih mudah dilakukan. Alternatif dua pilihan yang bisa digunakan, yakni mendaftarkan langsung menggunakan SMS atau cara kedua, datang ke gerai resmi operator yang digunakan.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk ke gerai operator sama seperti dengan mendaftar langsung via SMS, yakni menyiapkan identitas diri dan Kartu Keluarga.

Aktivasi baru kartu perdana lewat SMS

Buka menu SMS, pada lokasi teks yang dikirim, ketik REG(spasi)NIK#Nomor KK#, lalu kirim ke 4444.
Contoh registrasi kartu baru menggunakan format diatas, misalnya REG 123456789#987654321#, kirim ke 4444

Pendaftaran kartu perdana menggunakan operator XL, kata REG diganti dengan DAFTAR. Contoh penulisan SMS sesuai format, yakni DAFTAR#NIK#NomorKK, kirim ke 4444

Pendaftaran kartu baru menggunakan operator Indosat dengan SMS
Ketik NIK#NomorKK, kirim ke 4444

Pendaftaran kartu baru menggunakan operator Smartfren dengan SMS
Ketik NIK#NomorKK#
Kirim ke 4444

Pendaftaran kartu perdana menggunakan operator 3 dengan SMS
Ketik NomorNIK#NomorKK
Kirim ke 4444

Pendaftaran kartu perdana menggunakan operator Axis
Ketik DAFTAR#NIK#NomorKK
Kirim ke 4444 

Jika aktivasi kartu baru mengalami kesulitan, ada kemungkinan jaringan kurang bagus atau kesalahan pengiriman yang kurang tepat.

Solusinya bisa minta bantuan orang lain atau staf yang menjual kartu perdana untuk mendaftarkan kartu tersebut. Cara lain, bisa juga berkunjung langsung ke gerai operator yang dipakai.

Setelah nomor ponsel terdaftar dan sudah bisa digunakan. Kita masuk step sesuai judul, Cara daftar Verifikasi Validasi nomor ponsel siswa ikut kuota internet subsidi Kemendikbud.

Persiapan agar pendaftaran Verfikasi dan Validasi nomor ponsel berlangsung mudah dan cepat adalah menyiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk registrasi.

Kita perlu nomor ponsel peserta didik yang aktif, data-data pokok pendidik (dapodik). Jika bingung dengan data-data pokok pendidik, bisa minta bantuan pihak sekolah.

Cara Daftar Verifikasi Validasi Nomor Ponsel Siswa Ikut Kuota Internet Subsidi Kemendikbud


  • Buka situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau link ini 
  • Login menggunakan Username dan Password yang diberikan dapodik
  • Cari menu Validasi, klik maka muncul tulisan Verval Nomor Ponsel Peserta Didik, setelah input data sudah benar, klik simpan supaya sistem bisa menyimpan data yang kita masukan tadi.
  • Pada akhir menu jika muncul Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), kurang lebih data sudah masuk ke sistem dan bisa dicetak. Caranya klik menu SPTJM.

Bacaan terkait:

Demikian tulisan tentang Cara Daftar Verifikasi Validasi Nomor Ponsel Siswa Ikut Kuota Internet Subsidi Kemendikbud, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar