Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 11 September 2020

Apa Kegunaan Ekor Kucing?

Struktur tubuh makhluk hidup memiliki fungsi dan peranan khusus yang  membantu mereka berkembang biak dan bertahan hidup. Ketika kita melihat suatu hal yang mungkin saja dianggap tidak berguna, muncul pertanyaan tentang kegunaan untuk mereka.

Ilustrasi foto: kegunaan ekor saat kucing menangkap mangsa (pixabay/Kapa65)



Apa kegunaan ekor pada kucing?


Ekor atau sering disebut buntut, selain bisa menunjukan ekspresi makhluk hidup, ternyata ada fungsi lain yang berguna. Apa kegunaan ekor pada kucing, manfaat ekor yang dimiliki kucing, minimal berguna pada 4 hal.

4 Kegunaan Ekor pada Kucing


1. Kegunaan ekor kucing yang mendasar sebagai alat bantu mengimbangi diri. Jika kucing sedang mengejar mangsa, mereka akan berlari dan meloncat agar mencapai sasaran tepat seperti yang diharapkan. 

Kelebihan lain yang dimiliki kucing dengan ekor, mereka bisa masuk dan berjalan di ruangan sempit tanpa terjepit sama sekali. Ekor kucing di ruangan sempit memberi kemampuan sensor untuk mengukur dan memperkirakan lebar dan tinggi.

2. Kegunaan lain ekor kucing untuk melindungi struktur tubuh mereka yang rentan terbentur di bagian belakang. Oleh karena itu, kucing yang cedera pada ekor akan meningkatkan resiko kerusakan permanen lainnya. 

Bagian ekor kucing terhubung dengan banyak saraf yang berpengaruh pada kemampuan mengontrol urin dan pup. Sebagian kontrol ini tidak berfungsi jika ekor kucing cedera dan sakit.

Salah satu alasan mengapa pemilik hewan peliharaan perlu memberitahu kepada anak kecil, ekor kucing tidak boleh ditarik karena bisa membuat mereka sakit.

3. Apa kegunaan ekor pada kucing cedera? Sebagian besar spesies keluarga kucing mempunyai ekor untuk berkembang biak dan mempertahankan hidup. Sementara kucing yang kehilangan ekor akibat cedera atau tindakan medis oleh dokter hewan untuk alasan spesifik, mereka bisa menyesuaikan diri jika mendapat kesempatan. 

4. Jika manusia berkomunikasi dan melakukan interaksi dengan bicara dan ekspresi tubuh, kucing melakukan hal yang mirip seperti manusia. Kegunaan ekor pada kucing untuk berkomunikasi dengan manusia atau hewan lain. 

Demikian penjelasan tentang apa kegunaan ekor pada kucing, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar