Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 08 September 2020

Anjing Papillon

Profil Papillon


Karakter, kepribadian, cara merawat anjing pintar
Ilustrasi foto:Pixabay/gayleenfroese2


Ras Papillon merupakan anjing berasal dari Belgia - Perancis yang diartikan kupu-kupu  dalam bahasa Perancis. Hewan yang terkenal dengan kesetiaan pada majikan, Papillon jenis anjing spaniel tertua dalam kelompok toy. Sesuai dengan ciri-ciri kupu-kupu, anjing Papilon memiliki bulu panjang dengan telinga menjuntai.

Karakter dan ciri anjing Papillon


Penampilan unik Papillon sebagai anjing yang istimewa karena sifat mereka cerdas dan mudah belajar trik yang diajarkan. Tak heran jika karakter anjing ini lebih anggun karena sifat mereka sangat percaya diri dan senang berinteraksi dengan anggota keluarga hingga anak kecil.

Keramahan ras Papillon jika terlatih dan memperoleh sosialisasi sejak dini, membuat mereka lebih lembut dan perlu di jaga dari hewan peliharaan lain yang lebih agresif.

Kepribadian anjing Papillon termasuk jenis ras yang tenang namun penuh semangat bersama keluarga. Energi yang cukup tinggi  anjing asal Perancis dalam aktivitas harian, butuh saluran olahraga secara teratur agar tidak menjadi agresif.

Kelebihan dari anjing asal Perancis dalam keluarga adalah kemampuan mereka mudah beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan. Wujud mereka yang lucu dan senang tidur di pangkuan majikan, anjing kupu-kupu ini terkenal dengan naluri sebagai hewan pengawas sangat baik.

Ras Papillon peka dengan perubahan yang terjadi disekitar lingkungan mereka sehingga sering mengingatkan majikan perubahan yang mungkin belum disadari pemilik.

Faktor pengaruh suhu yang dominan bisa mereka toleransi, anjing ini lebih mudah tinggal di daerah agak panas dan kurang baik berada di lingkungan dingin.

Salah satu kekurangan anjing pintar asal Perancis ini adalah suhu dingin karena faktor bulu mereka hanya berlapis tunggal. Jika mereka bermain di luar saat suhu dingin, disarankan mengawasi mereka untuk mencegah hal yang tidak diinginkan Anda.

Klasifikasi umum anjing Papillon

  • Nama populer lain: Phalène, Continental Toy Spaniel, Continental Dwarf Spaniel, anjing kupu-kupu, anjing tupai
  • Asal Perancis
  • Berat badan dan tinggi rata-rata 3,6-4,6kg dan 20-28cm (jantan)
  • Berat badan dan tinggi rata-rata 3,2-4,1kg dan 20-28cm (betina)
  • Warna bulu putih kombinasi warna lain (hitam, coklat, tricolor, sable)

Kepribadian umum anjing Papillon

  • ramah, riang dan penuh semangat
  • sukai kegiatan bertema pertualang
  • jarang agresif dan tidak pemalu
  • peringkat anjing cerdas ke 8 dari 148 ras anjing
  • kesehatan rata-rata baik
  • gangguan kesehatan umum keseleo, masalah gigi dan sebagian alergi

Cara majikan berinteraksi dengan Papillon 


Cara majikan berinteraksi dengan Papillon
Ilustrasi foto:Pixabay/Olga1205


Anjing Papillon terkenal sifat mereka penuh semangat dan senang kegiatan bertualang. Jika Anda ingin memelihara ras anjing asal Perancis ini, salah satu cara majikan berinteraksi dengan anjing pintar ini memberi porsi olahraga yang sesuai dan terjadwal menurut saran dokter hewan atau pakar hewan.

Kegiatan yang disukai hewan berkaki 4 yang setia dengan majikan ini seperti jalan dan lari di lapangan terbuka tanpa tali yang aman untuk bermain.

Proses belajar yang diberikan untuk ras anjing dari Perancis, bisa mendapat permainan olahraga ketangkasan, kepatuhan dan latihan mengasah kepintaran.

Kehidupan harian anjing Papillon 


Papillon ras anjing yang suka bersosialisasi dengan makhluk lain sehingga ideal berteman dengan anjing lain. Mereka jenis anjing yang ramah dan bisa berbagi tempat tinggal dengan hewan lain.

Hewan peliharaan Papillon yang memiliki majikan selalu sibuk dengan pekerjaan sehingga sering ditinggal sendirian, kurang baik untuk perkembangan pribadi mereka karena termasuk anjing sulit sendirian di waktu lama.

Kondisi lingkungan yang sepi dalam lingkungan anjing Papillon bisa menjadikan mereka mudah menggonggong hingga perilaku agresif lain seperti menggigit benda disekitar mereka.

Sifat anjing pintar dari Belgia-Perancis ini bisa menjadi keras kepala saat masa kecil dibiarkan melakukan perilaku buruk dan setelah besar baru ditegur majikan.

Namun Anda tak perlu khawatir dengan ras anjing Toy karena sebagian besar karakter mereka hewan menyenangkan dan setia dengan majikan.

Cara memberi makan anjing kecil


Cara memberi makan anjing kecil
Ilustrasi foto:Pixabay/clarkdonald413


Untuk merawat anjing Papillon selalu sehat dan pintar, sebagian pakan untuk mereka butuh jenis makanan anjing berkualitas. Anda bisa mendapatkan makanan anjing berkualitas dengan membeli merk terkenal atau membuat sendiri menggunakan bahan pilihan.

Faktor dasar cara memberi makan anjing Papillon dengan pertimbangan usia mereka yang sesuai umur. 

Jika Anda belum paham jumlah kalori ideal untuk masing-masing umur, minta saran dan pendapat dokter hewan terdekat agar berat badan mereka tidak kegemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar