Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 26 September 2020

9 Jenis Buahan Terbaik Mencegah Kolesterol Tinggi


Buah dan sayuran memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita jika dikonsumsi seimbang menurut kebutuhan tubuh. Sama seperti kadar kolesterol menjadi tinggi, beberapa jenis buah bisa kita pakai untuk mencegah kolesterol dalam darah tinggi sehingga menjadi stabil.

Dilansir Heart UK, salah satu cara yang sehat dan alamiah menurunkan kadar kolesterol tubuh yang tinggi adalah beralih ke pola makanan dan gaya hidup sehat. 

9 Jenis Buahan Terbaik Mencegah Kolesterol Tinggi


Ringkasan 9 jenis buah terbaik mencegah kolesterol tinggi ini, beberapa diantaranya buah yang kaya dengan asam lemak tak jenuh dan antioksidan berlimpah, seperti alpukat, cranberry, jeruk limau, tomat, apel, pir, stroberi, pepaya hingga plum.

Apel


Apel menjadi salah satu buah yang baik menurunkan kolesterol tubuh jika terlalu tinggi. Kandungan buah apel dengan pektin, mampu bekerja efektif menyerap kolesterol jahat yang menumpuk di usus halus dan disalurkan berupa feses dan urine.

Kandungan pektin yang sangat tinggi ada di bagian kulit apel dan beberapa vitamin hingga antioksidan polifenol.

Cranberry


Manfaat buah cranberry lebih populer untuk meredakan penyakit infeksi saluran kemih di tengah masyarakat. Dalam studi 19 penderita kolesterol tinggi saat rutin konsumsi jus cranberry 3 kali setiap hari sepanjang 3 bulan, memberi hasil yang baik penurunan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung hampir 40 persen.

Tak ada salahnya jika ingin mencoba menurunkan kolesterol tinggi dengan cranberry yang di juice, jangan mengunakan gula sebagai pemanis.

Jeruk limau


Jeruk limau yang dikenal sebagai grapefuit merupakan tanaman yang sangat baik menurunkan kolesterol tinggi. Studi yang dilakukan terhadap 57 pria dan wanita usai operasi jantung dengan kadar kolesterol tinggi mengungkapkan, kolesterol tubuh tidak menurun akibat pengaruh obat statin, namun mulai berkurang setelah mengonsumsi jeruk limau setiap hari.

Dilaporkan penurunan kadar kolesterol 57 sampel yang minum jeruk limau, sekitar 15 hingga 17 persen.

Jika ingin mencoba jeruk limau sebagai minuman penurun kolesterol, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan tenaga medis, mengingat pengunaan obat tertentu bisa berpengaruh dengan grapefruit.

Tomat


Manfaat kesehatan dari tomat sebagai buah telah dikenal di masyarakat luas. Kandungan nutrisi tomat yang kaya dengan likopen, sering dikenal antioksidan yang baik menurunkan kolesterol jahat.

Pir


Hampir seluruh manusia mengenal buah pir sebagai makanan yang manis dan gurih saat disantap. Di luar sensasi renyah dari buah pir, manfaat kesehatan buah ini sangat efektif mencegah kolesterol jahat dan mencegah perkembangan menjadi banyak.

Stroberi


Manfaat kesehatan stroberi sebagai buah mencegah kolesterol tinggi adalah kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif menjaga kadar kolesterol. Konsumsi teratur setiap hari setiap 150 gram selama 2 bulan, bisa menurunkan kolesterol jahat semakin berkurang.

Pepaya 


Manfaat kesehatan buah pepaya menurunkan kolesterol jahat adalah kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

Plum


Manfaat kesehatan dari plum menurunkan kolesterol tinggi terdapat pada kandungan antioksidan. Cara menerapkan buah plum menjadi buah kesehatan dengan mengonsumsi 3-6 buah plum saat pagi selama 2 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar