Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 16 September 2020

6 Fakta Hewan Paling Setia di Dunia

Bicara kesetiaan pada pasangan hidup, tidak hanya dialami manusia bersama orang yang dicintai hingga perpisahan saat kematian datang. Hewan di dunia ternyata punya kemampuan yang mirip seperti manusia lakukan dengan pasangan hidupnya, yakni tetap setia selama hidup mereka.

Ilustrasi foto: Pixabay/JulieMimages



Kehidupan dari 6 hewan paling setia di dunia, hanya gambaran kecil bisa terjadi pada makhluk hidup lain selain manusia.

6 Fakta Hewan Paling Setia Dengan Pasangan

  1. Burung Merpati
  2. Kupu-kupu
  3. Kuda Laut
  4. Angsa
  5. Serigala
  6. Buaya

Burung Merpati


Makhluk hidup dunia hewan yang masuk peringkat pertama dalam hewan paling setia dengan pasangan adalah burung merpati. Masyarakat mengenal nama burung merpati dengan sebutan burung dara, juga terkenal sebagai lambang perdamaian untuk manusia.

Merpati atau burung dara sudah terkenal sifat yang setia pada pasangan dibanding spesies hewan lain, karena karakter kehidupan mereka saling menjaga dan melindungi. Saking setia burung merpati dengan pasangannya, mereka bekerja sama membangun sangkar yang terbuat dari ranting dan diletakkan di pepohonan dan bersama-sama mengerami telur hingga menetas keturunan baru. Masing-masing peranan tiap induk burung merpati berbagi tugas menjaga anak yang masih kecil, akan bertahan mencapai 28 hari lamanya.

Demikian saat mereka mencari pasangan, hanya 1 kali untuk seumur hidup.

Kupu-kupu


Spesies hewan paling setia kedua adalah kupu-kupu. Meski umur kupu-kupu termasuk pendek, cara berkembang biak mereka adalah mencari pasangan dan bertelur sekali dalam hidupnya. Keunikan kupu-kupu sebagai hewan paling setia adalah saat pasangan betina didekati kupu-kupu jantan bukan pasangan, mereka akan menutup sayap penanda penolakan kecuali dengan pasangannya yang jantan.

Kuda Laut


Jika 2 contoh hewan paling setia tadi memiliki sayap dan bisa terbang, dunia hewan laut ada juga makhluk hidup yang setia, yakni kuda laut.

Kesetiaan pasangan kuda laut setelah betina bertelur, jantan akan meletakan di kantung telur hingga menetas dan saling kerjasama.

Angsa


Makhluk di dunia dalam dunia hewan terkenal paling setia adalah angsa. Terkenal sifatnya sebagai hewan monogami, perpisahan pasangan angsa akan terjadi jika proses bersarang mengalami kegagalan. Angsa bisa berkembang biak dan mencari makan di darat atau di air. 

Kehidupan angsa dengan pasangan hidup bisa bertahan bertahun-tahun hingga seumur hidup dalam ikatan monogami.

Serigala


Siapa yang mengira spesies pemakan daging seperti serigala masuk hewan paling setia di dunia dengan pasangan mereka. Cara hidup berkembang biak serigala terkenal berkelompok, saat bersama pasangan mereka akan berlangsung seumur hidup sampai salah satu mengalami kematian.

Buaya


Jika manusia sering mengucapkan buaya darat kepada sosok yang tidak setia, hal berbeda dengan kehidupan buaya dengan pasangan mereka. Hewan buaya memiliki kesetiaan pada pasangan, bahkan kemungkinan memilih pasangan kembali masuk musim kawin, rata-rata menemukan pasangan sebelumnya.

Membahas kehidupan dunia hewan, ternyata sangat beragam dan memiliki tambahan pengetahuan untuk kita. Bahkan belajar pengalaman dengan mereka, banyak hewan yang setia dengan pasangan hingga seumur hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar