Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 04 September 2020

4 Penyebab Jerawat Sering Muncul dari Kebiasaan Tak Disadari

Kebiasaan yang dilakukan kita setiap hari, ternyata bisa menjadi penyebab jerawat sering muncul meski sudah diobati dengan dokter kulit atau pengobatan secara tradisional. Perilaku yang semula dianggap biasa ini, memicu jerawat semakin subur karena kebiasaan ini terus dilakukan tanpa disadari.

Ilustrasi foto wajah bersih bebas jerawat, Dok Pixabay/ 7945425


Mengutip situs web kesehatan yang mengulas tentang penyebab timbulnya jerawat berulangkali, Jil Kibildis, pakar estetika untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah dari Heyday yang bekerja di klinik facial New York, Amerika Serikat mengungkapkan, 4 penyebab jerawat sering muncul dari kebiasaan tak disadari Anda selama ini.

Apa saja sih, kebiasaan yang menjadi 4 penyebab jerawat tersebut?


  1. Pasta gigi
  2. Sarung bantal
  3. Ponsel
  4. Kacamata

Mengapa alat pendukung kesehatan dan kecantikan ini bisa menyebabkan jerawat sulit dihilangkan?


Pasta gigi


Ilustrasi penyebab jerawat dari kebiasaan kurang tepat gunakan pasta gigi, Pixabay/StockSnap


Membersihkan indera mulut dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi, sebagian besar cara efektif menjaga kebersihan gigi dari infeksi bakteri, kuman yang bisa berkembang dari sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Kebiasaan menggosok gigi teratur setiap hari, mampu mencegah timbulnya karang gigi sekaligus menyegarkan aroma pernapasan lebih segar bicara dengan orang lain.

Jil Kibildis, pakar estetika untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah menjelaskan, kebiasaan gosok gigi yang dilakukan sebagian orang saat malam hari, terkadang tidak dibilas dengan bersih sehingga sisa pasta gigi yang tertinggal di muka membekas sampai keesokan harinya.

Jika kebiasaan menggosok gigi dengan pasta gigi yang tidak tepat seperti ini, zat yang terkandung di pasta gigi pada wajah seseorang bisa menyebabkan iritasi dan memicu kulit wajah menjadi kering.

Faktor eksternal dari penggunaan sikat gigi bisa memacu jerawat di wajah, jika cara membersihkan sikat gigi setelah digunakan tidak bersih secara keseluruhan. Akibatnya, bakteri dan sisa zat yang menempel di sikat gigi, bisa menempel di kulit wajah dan menyebabkan jerawat muncul berulang kali.

Sarung bantal

Ilustrasi foto: Pixabay/Free-Photos


Kebiasaan penyebab ke-2 jerawat sering muncul di wajah seseorang, menurut pakar kesehatan dan kecantikan kulit wajah ini adalah sarung bantal.

Sarung bantal bisa memicu jerawat sering datang di wajah seseorang tanpa disadari mereka. Penggunaan sarung bantal kotor saat tidur, mengakumulasi penumpukan minyak kulit dan wajah di alas bantal.

Selain kotoran berasal dari wajah menempel di sarung bantal, kotoran lain seperti rambut yang kurang bersih memicu jerawat cepat berkembang di wajah.

Solusi mencegah jerawat yang timbul dari sarung bantal dan peralatan tidur lainnya, selain menjaga kebersihan dengan rutin, disarankan mencuci sarung bantal minimal 1 kali dalam 1 minggu.

Ponsel dan kacamata


Ilustrasi foto: Pixabay/Free-Photos


Penyebab ke-3 dan keempat sumber jerawat sulit dihilangkan adalah ponsel dan kacamata. Kedua alat pendukung komunikasi dan indera penglihatan ini, bisa menjadi masalah kesehatan pada wajah seseorang.

Pemakaian ponsel dan kacamata setiap hari,membuat debu hingga kotoran dari luar mudah menempel di permukaan layar dan bingkai kacamata.

Jika ponsel dan kacamata kurang bersih, bukan hal yang tak mungkin bakteri berkembang biak dan resiko infeksi permukaan kulit wajah bisa berlangsung tanpa kita sadari.

Solusi mencegah ponsel dan kacamata menjadi penyebab jerawat di wajah, disarankan menjaga kebersihan dengan cairan yang direkomendasikan ramah digunakan kedua alat tersebut.

Demikian tulisan 4 penyebab jerawat sering muncul dari kebiasaan tak disadari kita, selain perilaku diatas mungkin jerawat bisa berkembang biak berasal cara hidup yang kurang sehat sehingga perlu dirubah kepada pola kebersihan yang disarankan ahli kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar