Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 04 September 2020

10 Cara Hidup Sehat Mengobati Jerawat secara Alamiah

Pola hidup sehat yang dilakukan makhluk hidup banyak memberi keuntungan kesehatan dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Selain meningkatkan nilai positif kesehatan tubuh, cara hidup sehat efektif mengobati jerawat secara alamiah sehingga wajah semakin bersih.

Ilustrasi foto: Pixabay/JerzyGorecki


Jerawat dan Cara Hidup 


Kehadiran jerawat yang menjadi masalah kesehatan kulit wajah seseorang, dianggap fenomena yang umum berlangsung pada manusia, oleh sebagian mereka yang paham tentang hal ini. Ketika wajah atau tubuh muncul jerawat, ciri-ciri yang menjadi tanda jerawat tersebut diantaranya peradangan di kulit karena kelenjar minyak yang diproduksi tubuh, mengalami infeksi dari bakteri sehingga menjadi membengkak dan memicu peradangan kulit.

Beberapa pengalaman seseorang berjerawat karena faktor lebih serius, bisa muncul nanah yang disertai aroma tertentu. 

Tubuh yang rentan mengalami jerawat, ternyata tidak hanya di wajah seperti yang kita ketahui selama ini. Timbulnya masalah kesehatan kulit ini, jerawat bisa muncul di bagian lain misalnya leher, punggung dan tubuh lain jika terjadi penyumbatan pori-pori.

Kondisi jerawat yang muncul pada beberapa orang dan sebagian sulit disembuhkan, memicu rasa kurang percaya diri dan bisa menyebabkan depresi jika mempermasalahkan penampilan yang tidak maksimal berhadapan dengan orang lain. 

Oleh karena itu jerawat walau bukan masalah kesehatan dengan status kritis, saat jerawat terlihat tumbuh di wajah membuat mereka berusaha menghilangkan dengan obat yang direkomendasi dokter kulit maupun menggunakan krim perawatan wajah yang ramah sesuai jenis kulit, agar jerawat menyingkir.

Selain faktor pengaruh yang menyebabkan jerawat perlu diatasi supaya tidak muncul kembali. Ternyata ada 10 cara hidup mengobati jerawat secara alamiah.

Apa saja 10 cara hidup mengobati jerawat secara alamiah?


Mengutip situs web kesehatan membahas cara hidup sehat mengobati jerawat secara alamiah, sedikitnya ada 10 cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:
  1. Istirahat tidur 
  2. Pola makan sehat
  3. Kebersihan sebelum dan sesudah olahraga
  4. Air putih
  5. Tabir surya
  6. Vitamin
  7. Kebersihan wajah sebelum tidur
  8. Perawatan wajah 
  9. Menjaga kebersihan peralatan terkait wajah
  10. Memakai produk rambut ramah terhadap pori-pori

Istirahat tidur 


Cara hidup sehat cukup mendasar dan sering diabaikan sebagian orang adalah waktu istirahat tidur yang cukup. Faktor penyebab jerawat mudah timbul di wajah akibat waktu tidur yang kurang, selain meningkatkan stres dan menurunkan kemampuan fisik.

Timbulnya stres dalam diri seseorang yang mendapat waktu tidur kurang seperti disarankan ahli kesehatan, disebabkan meningkatnya hormon glukokortikoid yang salah satunya faktor penyebab jerawat muncul.

Oleh karenanya, seseorang yang sering begadang untuk tujuan tertentu, tidak hanya memicu produksi hormon glukokortikoid saja, zat asing yang mempengaruhi produksi inflamasi sitokin juga naik secara drastis sehingga menyebabkan peradangan seperti jerawat.

Dipaksa tubuh selalu waspada dengan cara begadang terus menerus setiap malam, otomatis fisik kekurangan waktu istirahat untuk tidur. Selama fisik dipaksa berjaga malam hari, hormon sitokin dan produksi sebum berupa minyak juga meningkat menjadi semakin banyak dan menjadi penyebab jerawat bisa muncul dengan mudah.

Solusi cara hidup sehat mengobati jerawat secara alamiah akibat kurang tidur, rubah pola kegiatan malam hari dengan istirahat supaya fisik dapat bekerja maksimal, misalnya membuang racun sekaligus memulihkan stamina dan energi terpakai pada kegiatan sebelumnya.

Cara mendapatkan jam tidur yang nyaman selama Anda istirahat, beberapa tips dasar perlu diterapkan, diantaranya: tidak menyalakan lampu sinar terang, menjauhkan diri dekat dengan ponsel dan alat elektronik lain, menggunakan suhu ruangan berkisar 18-22 derajat celsius, dan beberapa tips dasar lainnya yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur nyaman.

Pola makan sehat


Cara hidup sehat mencegah jerawat secara alamiah adalah mengatur pola makan sehat seperti yang disarankan akhli kesehatan. Beberapa kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan kulit berasal dari makanan, misalnya memilih dengan tepat jenis makanan sebelum Anda mengonsumsinya.

Jenis makanan dan camilan yang menjadi faktor mempengaruhi jerawat muncul lebih mudah, misalnya makanan dan camilan yang mengandung rasa manis hingga kadar lemak tidak sehat untuk tubuh.

Jenis makanan mengandung kadar gula berlebihan, tidak sekedar memicu produksi insulin berlebihan. Selain itu, dorongan produksi insulin memperlambat tubuh melakukan metabolisme yang ideal sehingga jerawat rentan timbul.

Kebersihan sebelum dan sesudah olahraga


Cara hidup sehat mengatasi jerawat secara alamiah adalah kebiasaan Anda sebelum dan sesudah olahraga. Seorang yang terbiasa olahraga secara teratur di waktu yang tepat, sebagian paham bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih nyaman usai melakukan olahraga.

Sementara kaitan menjaga kebersihan sebelum dan sesudah olahraga. Jika Anda ingin olahraga dengan kondisi wajah bersih, saat berlangsung aktivitas olahraga, pori-pori terbuka lebih lebar. Sehingga kotoran, kuman, bakteri, dan minyak yang sudah dibersihkan sebelum olahraga tidak masuk ke pori-pori dan menghindari resiko penyumbatan pori-pori setelah mengecil.

Air putih


Cara hidup sehat yang perlu kita ketahui mengatasi jerawat membandel adalah kebiasaan minum air putih teratur sesuai saran ahli kesehatan.

Manfaat air putih untuk kesehatan manusia, tumbuhan dan hewan sudah tak perlu diragukan lagi selama dipakai sesuai saran para ahli. Pola hidup sehat berasal dari air putih yang kita mengonsumsi, berguna melarutkan zat beracun dari sisa metabolisme tubuh. Manfaat dari air putih dikonsumsi sesuai saran ahli kesehatan yang lain, yakni bisa menjaga kelembaban kulit secara internal.

Tabir surya


Perubahan kehidupan manusia yang menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tuntutan pekerjaan, tidak sedikit mengharuskan mereka lebih sering di lapangan terbuka daripada di dalam ruangan tertutup. 

Salah satu penyebab jerawat yang jarang kita ketahui, paparan sinar ultraviolet matahari yang berlebihan, ternyata bisa menjadi masalah untuk kesehatan kulit manusia. 

Beberapa penyakit yang disebabkan dari pengaruh sinar utraviolet matahari secara berlebihan ini, misalnya permukaan kulit seolah terbakar, peradangan hingga warna kemerahan yang timbul. Tak bedanya dengan wajah yang tak terlindungi tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih tinggi, selain menyebabkan masalah jerawat juga masalah kesehatan lain bisa datang seperti kanker kulit.

Vitamin


Mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki nutrisi yang seimbang, bukan sekedar memberi manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Jika ingin menghilangkan jerawat sekaligus mencegah timbulnya jerawat di wajah, salah satu mineral yang cukup penting dikonsumsi adalah asam lemak omega-3.

Manfaat asam lemak omega-3 untuk kesehatan adalah senyawa yang efektif mengontrol produksi leukotriene B4. Jika produksi leukotriene B4 meningkat berlebihan dalam tubuh, maka sebum otomatis menjadi banyak sehingga rentan menjadi jerawat.

Kebersihan wajah sebelum tidur


Cara hidup sehat yang perlu kita tahu agar jerawat mudah disembuhkan secara alamiah, menjaga kebersihan wajah sebelum tidur. Cara sederhana ini sebagian besar dilakukan oleh individu perduli dengan kesehatan wajah mereka. 

Dengan membangun kebiasaan mencuci wajah sebelum tidur, kotoran dan sisa kosmetik yang terpakai dapat dibersihkan sehingga pori-pori mampu bekerja lebih maksimal saat Anda sedang tidur.

Perawatan wajah 


Perawatan wajah secara teratur di waktu yang tepat, tidak selalu harus datang ke tempat perawatan kesehatan kulit dan kecantikan, seperti kita bayangkan selama ini. Jika kita ingin mencegah dan menyembuhkan jerawat dari wajah, membangun kebiasaan baik dengan cara hidup sehat bisa juga secara tradisional melakukan perawatan wajah. 

Bahan yang digunakan untuk perawatan wajah ini, sebagian besar bersumber dari buah-buahan hingga tumbuh-tumbuhan sesuai rekomendasi ahli kesehatan kulit dan kecantikan wajah.

Menjaga kebersihan peralatan terkait wajah


Cara mengobati dan menghilangkan jerawat secara alamiah adalah menjaga kebersihan peralatan yang kita gunakan, biasanya alat sejenis ini ada kaitannya dengan wajah seperti ponsel, kacamata, dan alat lain.

Memakai produk rambut ramah terhadap pori-pori


Untuk mengobati jerawat membandel maka kesehatan kulit perlu dijaga dan diperhatikan dengan baik melalui cara hidup sehat, seperti minum air putih secara teratur, melakukan perawatan wajah, menjaga kebersihan kulit wajah hingga melindungi kulit wajah dari sinar utraviolet matahari dengan pelembab yang disarankan ahli kesehatan.

Selain itu kita juga perlu merubah cara makan yang kurang baik menjadi pola makan sehat. Misalnya membangun kebiasaan rutin minum teh hijau menjadi pola makan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar