Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 26 Agustus 2020

Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan serta Artinya

Sebelum kita mengurutkan takson yang paling tepat untuk hewan dan tumbuhan serta artinya, ada baiknya mengerti kata takson itu sendiri. Takson merupakan kepanjangan dari kata taksonomi dari bahasa Yunani, Tassein. 

Ilustrasi gambar: generasibiologi.com



Tassein memiliki arti untuk mengelompokkan, dan nomos artinya aturan. Jadi, taksonomi bisa disebut upaya pengelompokan pada hewan dan tumbuhan menurut urutan yang sesuai dengan tingkatan. Taksonomi dengan tingkat lebih tinggi memiliki ciri yang luas dan takson kelompok rendah cenderung mengerucut semakin spesifik.

Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan serta dan Artinya


Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau pelajaran yang lebih khusus di bidang biologi memakai kata taksonomi. Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan yang ada di dunia memiliki tingkatan pengelompokan yang didasarkan hierarki (takson) yang tertinggi sampai yang paling bawah dengan arti spesifik.

Istilah taksonomi pertama kali diperkenalkan oleh Carl von Linne, Swedia. Menurutnya, ada 7 hierarki (takson) yang tertinggi sampai terendah untuk mengelompokkan makhluk hidup. Berikut Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan.

  1. Kingdom/Kerajaan
  2. Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhan
  3. Classis/Kelas,
  4. Ordo/Bangsa,
  5. Familia/Keluarga/Suku,
  6. Genus/Marga, dan
  7. Species/Jenis.

Apa fungsi Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan?


Ilustrasi gambar: pinterest.com


Salah satu fungsi pengelompokan taksonomi makhluk hidup adalah mempermudah mengelompokkan hierarki setiap obyek yang dipelajari. Dengan demikian, makin mempermudah untuk memahami dan mengetahui spesies hewan dan tumbuhan di dunia yang sangat banyak dan bervariasi.

Dengan mengidentifikasi makhluk hidup berdasarkan Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan sebagai ilmu pengetahuan, setiap makhluk hidup mudah dikenali dan klasifikasi.

Arti dan Penjelasan Urutan Takson yang Paling Tepat untuk Hewan dan Tumbuhan


Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tingkatan dari yang tertinggi hingga terendah takson hewan dan tumbuhan adalah Kingdom / Kerajaan, Phylum/Filum untuk hewan, Divisio/Divisi untuk tumbuhan, Classis/Kelas, Ordo/Bangsa, Familia/Keluarga/Suku, Genus/Marga, dan Species/Jenis.

Kingdom (Kerajaan) atau Dunia (Regnum)

Kingdom (Kerajaan) atau istilah populer lainnya adalah Dunia (Regnum) adalah hierarki yang paling tinggi sebagai tingkatan hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan spesies yang termasuk kelompok takson ini merupakan kelompok yang terbagi dalam beberapa pengolongan.

Misalnya pada hewan dikenal dengan Animalia, tumbuh-tumbuhan dikenal dengan Kingdom Plantae.

Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhan

Hierarki taksonomi yang kedua adalah Phylum/Filum untuk hewan dan Divisio/Divisi untuk tumbuhan. 

Pembagian hewan dan tumbuhan yang berada dalam Kingdom atau Regnum menggunakan ciri dan tanda khusus dengan tambahan -phyta di akhir nama mereka.

Misalnya  Spermatophyta yang menandakan sebagai tumbuhan berbiji, Ptheridophyta menandakan sebagai tumbuhan paku, dan Bryophyta menandakan tumbuhan lumut.

Classis/Kelas

Urutan takson ke-3 untuk hewan dan tumbuhan adalah Classis/Kelas. Misalnya Divisi Bryophyta dibagi dalam beberapa kelompok berbeda, seperti lumut daun, lumut hati dan lain sebagainya.

Ordo/Bangsa

Urutan taksonomi ke-4 yang lebih rendah dari Classis adalah Ordo. Pengelompokan hewan dan tumbuhan biasanya menggunakan ciri dan tanda khusus pada tambahan -ales. Misalnya kelas Dicotylesonease dengan Ordo Solanales, kelas Dicotylesonease dengan Ordo Solanales.

Familia/Keluarga/Suku

Urutan takson ke-5 yang lebih rendah adalah Familia, keluarga, atau suku. Untuk mengenali hewan atau tumbuhan yang masuk kelompok familia tertentu, menggunakan kata tambahan -aceae. Misalnya Asterceae dan Graminae.

Genus/Marga dan Species/Jenis.

Spesies atau jenis adalah tingkatan paling rendah dalam hierarki urutan takson yang paling tepat untuk hewan dan tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar