Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 06 Agustus 2020

Tips Jalan Jalan Hemat ke Singapore

Wisata jalan-jalan di negara lain agar menyenangkan dan berkesan, perlu tips khusus yang perlu diketahui para turis sebelum berangkat ke kawasan destinasi populer. Dalam dunia traveler, setidaknya ada 7 jenis wisatawan populer yang memiliki ciri khas masing-masing. Selain itu, preferensi tujuan wisata yang beragam di seluruh dunia menjadi daya tarik tersendiri untuk turis.

Jenis Turis saat Wisata

Sebelum mulai wisata, tips jalan-jalan hemat ke Singapura tergantung jenis dan tipe Anda menjadi turis. Bisa jadi tips hemat saat wisata ke Singapore kurang bermanfaat jika Anda tidak memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan sepanjang jalan-jalan.

Jenis turis dalam dunia wisata dikelompokkan dalam kriteria berikut:
  1. Wisata jenis petualangan
  2. Wisata jenis kebersamaan dengan keluarga
  3. Wisata jenis turis menginginkan kenyamanan
  4. Wisata jenis turis dadakan tanpa perencanaan jangka panjang
  5. Wisata jenis turis menikmati makanan unik di negara lain

Simak pengalaman pribadi dari penulis lain, saat ia menerapkan tips jalan-jalan hemat ke Singapore

Hi... bagi temans traveller yang ingin jalan jalan hemat ke Singapore, jangan lupa ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin liburan Anda nyaman dan menyenangkan saat .berkunjung ke negara lain.

Kata kunci nya adalah jalan jalan HEMAT dan FUN, dan berikut pengalaman kami saat merencanakan berlibur ke negara Singapore:

1. Tiket Pesawat Promo

Banyak Airlines mengeluarkan tiket pesawat promo. Bagi yang sudah punya rencana mau pergi, pantengin terus promo tiket nya dan jangan sampe kelewatan ya karena tiket promo itu cepat habis atau  yang tersisa sudah tidak ada banyak pilihan lagi.

Tips nya adalah: register lah di web Airlines yang sering mengeluarkan promo atau kita juga bisa mencari tiket pesawat di website yang menyediakan perbandingan berbagai tiket pesawat, salah satunya adalah skyscanner, klik disini. Pada saat kita searching tiket, skyscanner akan memunculkan semua jenis tiket. Dari paling murah sampai paling mahal, atau pilih aja langsung bulan apa tiket paling murah.

2. Wisata di Singapore

Beli lah paket tour dari Indonesia karena harga nya akan lebih murah dibandingkan kita beli di Singapore.

Ada beberapa kartu kredit yang mengeluarkan promo di tempat wisata tertentu tetapi dipastikan lagi pada saat voucher ditukar. Apakah kartu dan pemegang kartu nya harus ikut atau tidak karena kalau pemegang kartu harus ada maka voucher nya tidak bisa di klaim  walau sudah dibayar. Fungsi pemilihan kartu kredit dengan pihak sponsor yang memberi promo, untuk mendapat harga voucher yang digunakan di lokasi wisata. 

Dari pengalaman pribadi penulis menyiasati membeli voucher yang bisa digunakan sekaligus menghemat pengeluaran yang bisa ditekan adalah perlu dipertimbangkan juga kurs yang akan dikenakan oleh kartu kredit. Pastikan biaya yang dibayar akan ditagih dalam mata uang USD atau mata uang negara setempat dan tagihan yang masuk ke dalam kartu kredit kita akan di convert ke Rupiah.
Kurs kartu kredit lebih tinggi dibanding bank atau Money Charger, jadi temans traveler harus cermat dalam berhitung dan membandingkan. Mana yang lebih murah dan hemat antara membeli voucher dengan kartu kredit atau pembayaran menggunakan tunai.

Kalau Aku beli paket tour seminggu sebelum hari H, kenapa seminggu? karena promo yang dibeli ada jangka waktu nya atau kalau jauh jauh hari sudah dibeli ternyata ga jadi pergi gimana, kan ga bisa di retur voucher nya. Think smart ya gaaaeess, kalo beli paket tour jangan takut keabisan, pasti ada selalu.

Yang ingin pergi ke Universal Studio Singapore, tiket USS bisa beli online di website USS nya langsung, klik disini atau kita bisa beli di provider yang ada di Jakarta.

Ada juga beberapa tempat wisata gratis di Singapore, seperti Gardens by The Bay, Merlion Park (ikonik Singapore) dan kita bisa windows shopping di Little India, China Town, Orchard road (jangan lupa cobain es potong Uncle, rasanya beda dengan di Jakarta, mungkin karena suasana, tempat dan hati mempengaruhi kali ya....  ^.^) atau kita juga bisa pelesiran di Sentosa Islands (cukup bayar transport nya saja untuk menuju kesana).

3. Transportasi selama di Singapore

Menurut ku, Singapore tuh salah satu negara yang transportasi umum nya sudah bagus, mobile di Singapore sangat terintegrasi.

Transportasi di Singapura terintegrasi sangat baik dengan kawasan destinasi
Dokumen pribadi


Bagi yang kurang bisa bahasa Inggris atau Mandarin sebaiknya hindari bus, pilihlah kereta. Karena naik kereta menurutku lebih murah dan nyaman serta informasi nya lebih lengkap dibanding dengan bus (salah satu contohnya adalah didalam kereta ada peta elektronik yang menginformasikan nama stasiun dan lampu yang mengindikasikan lokasi kita saat itu sehingga kita bisa tau dan bersiap kapan kita akan turun).

Tips jalan jalan hemat ke Singapore saat memilih transportasi ketika di Singapore. Naik kereta lebih murah dan tidak pernah macet tetapi kelebihan naik bus adalah kita bisa turun lebih dekat dengan lokasi yang kita tuju (terus terang... jalan di singapore tuh bikin kaki gempor walau tidak segempor jalan jalan di Jepang, tapi udara panas nya bikin badan keringetan dan lengket, hhh)

Transportasi umum di Singapore bisa menggunakan pembayaran:

- Per trip ==> beli tiket setiap kali naik kendaraan umum tetapi harga nya lebih mahal dibanding pembayaran dengan kartu.
- EZ Link ==> stay lebih dari 3 hari sebaiknya menggunakan kartu EZ Link dan kartu EZ Link ada yang jual di Indonesia atau di bandara/stasiun/mart di Singapore
- Singapore Tourist Pass ==> kartu ini terbagi bagi durasi nya 1, 2 dan 3 hari dengan biaya yang bervariasi.
- STP Charm,==> cara pemakaian nya sama dengan kartu Singapore Tourist Pass, tetap hanya untuk 1 hari dan harga nya mahal bo! mungkin karena kaya gantungan kunci n lucu banget sih emang.

O iya..., traveller juga bisa naik Grab Car di Singapore, kalau pergi nya rame an (sesuai seat yang tertera di aplikasi) sometime lebih murah naik Grab Car ini loh.... cara ini bisa diterapkan dalam tips jalan jalan hemat ke Singapore. Hanya saja harus punya sim card Singapore untuk bisa akses aplikasi Grab Car di Singapore atau bagi traveller yang menyewa wifi di Passpod bisa juga pakai Worlwide Sim Card dari Passpod.

Tetapi kami saat itu menggunakan EZ Link karena ada teman yang punya 4 kartu EZ Link dan kami tidak punya sim card Singapore atau pun menyewa wifi dari Jakarta.

3 Tips jalan jalan hemat ke Singapore

  1. Cara meminimalkan biaya transport, kalo ada teman yang punya EZ Link dan belum expired coba aja kalau boleh pinjam sebentar, nanti kalo uda selesai jangan lupa dibalikin loh, jadi kan bisa berhemat biaya kartu EZ Link (biaya kartu EZ Link SGD 5 x 4 = SGD 20 x Rp 10,000 an = Rp 200,000 - biaya yang kami hemat, lumayan banget kan!!!)
  2. bandingkan dulu mana yang lebih murah dari total pemakaian transport selama di Singapore, antara tiket per trip, EZ Link,Singapore Tourist Pass atau Ojek Online, yang pasti jangan TAXI ya gaes.... taxi di Singapore itu tarif nya muahal pake buagneeett nanti naek nya mata menyipit... turun nya mata melotot
  3. untuk menambah informasi dan tidak salah naik kereta/bus, ambil beberapa peta Singapore yang disediakan gratis di bandara.
4. Wifi
Hal sepele yang penting banget kalo di negara orang, kalau tidak punya ini maka kita akan kesulitan dalam berkomunikasi atau mencari informasi dan ini harga nya tidak murah ya gaes... kadang suka ga rela ngeluarin duit sebanyak itu cuman buat upload poto liburan doang di medsos. Dukungan jaringan wifi sangat perlu untuk Anda yang ingin jalan jalan hemat ke Singapore.

Tapi kalau tidak ada paket data maka hp kita ga bisa komunikasi karena sim card Indonesia tidak berlaku begitu kita keluar dari wilayah Indonesia. Tetapi kita bisa telpon ke customer service sim card kita untuk mengaktifkan layanan luar negeri sehingga sim card kita tetap bisa dipakai, jadi traveller kalau tidak mau sewa wifi tetap bisa menggunakan sim card nya tapi biaya nya tentu saja lebih mahal dibanding sewa wifi dari provider tertentu.

Karena kami (baca AKU) keluarga hemat, kami tidak menyewa wifi atau pun mengaktifkan sim card untuk layanan luar negeri. Nekat? pastinya.... tapi ada trik tertentu untuk mendapatkan wifi gratis

Tips jalan jalan hemat ke Singapore yang lain:
  • cari lah hotel yang menyediakan fasilitas wifi gratis (beberapa penginapan di airbnb menyediakan fasilitas meminjamkan wifi portable)
  • di bandara changi pasti tersedia wifi gratis, kita bisa menghubungi pihak tertentu kalau kita sudah sampai disana seperti minta dijemput dimana
  • buatlah itenary dan print lah setiap informasi yang diperlukan dalam perjalanan
  • Ambil lah peta Singapore di bandara Changi yang disediakan gratis di bandara Changi
  • beli sim card Singapore sehinga bisa membeli paket data yang lebih murah, tapi cara ini menurut saya aga ribet ya jadi tidak disarankan.
5. Botol Air kosong
Singapore termasuk negara yang menyediakan fasilitas air minum gratis di tempat tempat tertentu, tetapi hanya berua kran yang bisa diarahkan ke mulut kita dan terus terang, aku tuh aga kurang nyaman ya make nya, dipake semilyar umat yang lewat jadi kayanya gimana gitu...
Sedangkan untuk beli air putih itu harga nya mahal BANGET kalo dibanding dengan harga di Jakarta jadi pas lagi bayar pasti aga nyesek getoh!!

Tips:
- basuh dulu kran air minum lalu baru masukkan air minum tersebut ke botol kosong yang kita bawa
- ini aga repot siy... tapi demi kehematan sook-LAH!!! Beli air minum botol besar di mart dekat botel karena harga nya lebih murah dibanding beli air di botol kecil. Tapi kan ga mungkin kita muter muter di Singapore sambil geret geret botol air segede 5 liter jadi sebelum dolanan ya isi dulu botol air minum yang kita bawa untuk di perjalanan nanti

6. Wisata Kuliner
Kami sekeluarga suka sekali makan, jadi icip icip hidangan setempat selalu tidak ketinggalan, so jangan lupa browsing makanan apa yang lagi kekinian di negara tersebut,yang enak melegenda atau khas hanya ada di negara tersebut.

Catat apa saja yang mau di coba dan cobalah mumpung disana. Walau mahal beli aja kalo memang mau coba, karena rasa nya pasti ada lah bedanya kalau tidak makan di tempat nya langsung atau malah mungkin lebih mahal beli di Jakarta loh daripada makan di negara nya.

Catatan kecil dalam tips jalan jalan hemat ke Singapore:

  • cari tau informasi mengenai restoran tersebut, bisa cek di website resmi nya atau baca pengalaman orang makan di sana.
  • Ada beberapa restoran yang memberikan promo di jam tertentu atau paket hemat bayar pakai metode tertentu bahkan bisa juga potongan harga
  • bandingkan menu yang sama dari beberapa restoran, mungkin ada resto yang rasa nya lebih enak dengan harga yang lebih murah. MAHAL itu tidak selalu ENAK.
7. Hotel atawa Hostel
Akomodasi salah satu hal yang sangat penting di negara orang dari saat kita di dalam pesawat pun kita sudah harus mengisi form yang harus menulis tempat dimana kita menginap selama di Singapore.

Harga pun bervariasi, mulai dari hotel atau hostel yang bisa dipesan online atau bahkan via airbnb.
Perbedaan menginap di hotel, hostel dan via airbnb akan dibahas terpisah.

Hanya saja hati hati bagi yang membawa anak dibawah umur karena di Singapore pun ada Red District, jadi jangan sampai salah pesan hotel karena harga nya murah ya, cari tau dulu informasi hotel yang akan kita tuju sebelum kita booking.

Tips:
  • pesanlah hotel H-1, ada hotel yang akan memberikan harga promo di last minute daripada kamar mereka tidak tersewa.
  • Buat yang pergi di peak season sebaiknya jangan pake cara ini karena ini gambling banget dan kalo peak season itu biasanya hotel sudah full booked atau harga nya muahal banget jadi harus jauh jauh hari uda booking untuk dapet harga yang lebih murah (sedikit)
  • untuk menghemat biaya transport dan kaki ga gempor, pesanlah hotel di lokasi strategis
  • Jangan harga murah banget tapi ada nya di luar kota, kemana mana mesti naek kereta, olala, boncos biaya kereta tuh!! di hitung sampe ke ujung malah jatoh nya lebih mahal LOH! tapi bisa dipertimbangkan kalau pakai Singapore Tourist Pass, makanya harus benar benar dipertimbangkan sebelum booking
  • bagi yang di bandara Changi kemaleman atau kepagian (intinya mau irit biaya hotel), bandara Changi terkenal bagus dan nyaman untuk berbagai tipe traveller.
Jadi untuk budget traveller atau yang lagi transit, bisa istirahat bahkan tidur dimana saja dalam bandara tersebut, so cari aja sofa panjang nan empuk biar bisa tidur selonjoran, tidur jadi lebih nyaman kan. Hanya saja pada jam dini hari biasanya suka ada satpam bandara muter dan bangun nin kita untuk cek passport dan tiket, tapi jangan kawatir, kalo kita cuman numpang tidur semalem dua malem doang mah ga di usir koq atau malah bisa lebih dari beberapa malam karena transit/delay.
Pokoknya selama dokumen kita lengkap dan jelas tuh jangan kawatir.

Sekian sharing persiapan kami untuk jalan jalan hemat ke Singapore.

Happy hunting...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar