Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 18 Agustus 2020

Sering Hinggap di Kabel Listrik, Mengapa Burung Tidak Tersetrum?

Saat penulis berjalan dekat kawasan populasi burung, tiba-tiba melihat banyak burung hinggap di kabel listrik. Timbul rasa penasaran mengapa burung tidak tersetrum ketika hingga di sana?

Ilustrasi foto: cobiaza.blogspot.com


Mari kita cari jawaban yang menjadi penyebab hewan burung tidak tersetrum saat hinggap di dekat kabel listrik!

Menurut ahli Biologi alam, Mark LaBarr, spesies burung memiliki alasan yang menyebabkan suka berada di tempat tinggi. Misalnya berada di kabel dan area lain seperti atap rumah, atap gedung dan bangunan lain.

Cara berkembang biak hewan burung sebagai makhluk pemakan daging menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satunya memanfaatkan kabel listrik untuk mengawasi mangsa yang berada di bawah mereka.

Kabel listrik dan jenis kabel lain sering dipilih burung dibandingkan pohon karena mudah mengawasi mangsa. 

Jika burung hinggap di pohon, kemungkinan daun disekitar dahan menutup indera penglihatan sehingga kesulitan mengamati mangsanya.

Mengutip situs web Live Science menjelaskan, tempat yang dipilih kawanan burung di berbagai tempat tinggi untuk hinggap, kabel listrik dan kawat termasuk disukai mereka.

Selain hewan yang hidup di udara tidak kesetrum, hewan yang pintar memanjat seperti tupai, juga sering berjalan dan berlari menggunakan kabel.

Tubuh mereka tidak tersetrum, meski menutupi hampir seluruh kawat dan kabel listrik. Salah satu penyebabnya adalah kaki mereka saat hinggap hanya menyentuk satu kabel mengandung satu tegangan.

Sementara itu, elektron dapat terus bergerak jika ada perbedaan aliran listrik, yakni dari tempat tegangan tinggi menuju lokasi tegangan rendah.

Listrik yang disalurkan menggunakan saluran tunggal berkecepatan 35.000 volt dapat melaju karena tidak ada perbedaan potensi listrik.

Oleh karena itu, makhluk hidup dan hewan akan tersetrum aliran listrik jika terdapat perbedaan tegangan dalam tubuh.


Spesies burung dan hewan kecil lain yang biasa hidup berjalan dan berlari di atas kawat dan kabel listrik, bisa juga tersetrum jika satu kaki berada di tanah dan satu lagi di atas kabel listrik. 

Selain itu, bisa juga mengalami sengatan listrik saat menginjak dua jenis kabel listrik.

Jika burung hinggap di kabel listrik untuk mempermudah pengawasan mangsa, perilaku tersebut bisa karena alasan lain. 


Misalnya kelompok burung yang hidup di bumi bagian utara, akan berkumpul beramai-ramai di kabel listrik dan jenis kabel lain yang menggantung menjelang akhir musim panas atau akan memasuki musim gugur.

Kemudian apa yang menjadi penyebab burung hinggap di kabel listrik tidak kesetrum?

Pada kabel listrik terdapat aliran muatan negatif atau disebut elektron yang dikirim menggunakan menghantar listrik (konduktor).

Tubuh burung yang tidak terdapat elektron untuk menghantarkan listrik membuatnya tidak mengalami kesetrum ketika hinggap di kabel. 

Hal ini karena aliran listrik yang terdapat dalam kabel, berfungsi normal mengalir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar