Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 02 Agustus 2020

Resep CIRENG sederhana

Ceritanya waktu pukul 01.09 pagi….. saya dan anggota keluarga lainnya ga bisa tidur… sebagian besar bilang perut kriuk…kriuk….sebagai tanda perlu makanan mengisi perut yang lapar. Mau keluar cari makanan mager n takut juga sama corona…., akhirnya keluar deh menu cemilan darurat yang uda pasti semua suka…. CIREEEENG.... yeeey…. semua pada sorak ceria…. emang CIRENG buatan keponakan ku tuh enyak banget…. Garing dan empuk apalagi dimakan saat masih hangat…. maknyos deh dan patut dicoba….

Resep Cireng Sederhana

Bahan dasar resep cireng sederhana buatan penulis mungkin agak beda dari resep cireng yang pernah ada. Dari percobaan yang pernah dicoba mengolah membuat cireng sesuai keinginan keluarga, sekaligus riset bahan sagu, katanya bisa dipakai sebagai masker wajah... oemji.... layak dicoba tuh.... Manfaat dan kegunaan dari tepung sagu untuk tubuh kita boleh dibilang sangat banyak. Selain sebagai sumber energi, selebihnya bisa juga meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, mencegah darah tinggi, menjaga suhu tubuh agar tetap dingin dan memperlancar sistem pencernaan.

Jadi makan cireng itu ternyata banyak manfaat nya juga selain iseng ya.... dan berikut adalah resep nya:

Kredit foto dokumen pribadi


Bahan dibutuhkan dari resep Cireng Sederhana:

  • 2 siung bawang putih halus
  • 250 gram tepung sagu / kanji
  • 3 sdt garam (sesuai selera)
  • 2 kaldu blok rasa ayam (hancurkan)
  • 1 gelas air

Cara membuat resep Cireng Sederhana:

  •  Tumis bawang putih sampai harum masukkan air lalu tambahkan garam dan kaldu blok, tunggu sampai mendidih lalu masukkan tepung sagu aduk sampai tercampur rata, angkat
  •  Ambil 1 sdm adonan, bentuk sesuai selera dan goreng sampai matang

Tips dan catatan kecil membuat resep Cireng Sederhana:

  • Supaya tidak lengket taburkan tepung sagu sedikit di tangan
  • Goreng dengan tingkat kematangan sesuai selera…. Kalau kami suka nya aga coklat agar di bagian pinggir aga keras dan kriuk seperti krupuk
  • Makan cireng dengan sambal rawit goreng jadi lebih enak, baca juga resep sambel goreng.

Asal usul Cireng

Makanan Cireng atau sering disebut aci goreng berasal dari bahasa Sunda yang berarti "tepung kanji goreng". Jenis makanan ini kelompok camilan ringan yang mudah dibuat dengan cepat.

Proses mengolah makanan ringan Cireng dari campuran bahan dasar yang menyatu lewat adonan tertentu. Umumnya bahan utama resep membuat Cireng memakai tepung kanji atau tapioka.

Makanan Cireng terkenal di beberapa wilayah Indonesia, seperti Priangan. Keunikan makanan ringan Cireng bisa dibentuk dalam berbagai variasi dan menggunakan tambahan rasa tertentu.

Bahan tambahan lain dari resep membuat Cireng lain adalah tepung terigu, air, merica, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang, hingga minyak goreng dan alat memasak lain. 

Demikian tulisan tentang resep cireng sederhana yang mudah dibuat siapapun, semoga bisa menambah pengetahuan masak memasak makanan cemilan saat bingung karena sudah pagi, seperti penulis alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar