Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 12 Agustus 2020

Perbedaan ciri-ciri dari hewan berkembang biak bertelur dengan hewan yang melahirkan

Apa perbedaan ciri-ciri antara hewan bertelur dengan hewan melahirkan?


Ciri-ciri hewan bertelur dengan melahirkan


Anda perlu ketahui faktor yang mempengaruhi dalam perbedaan ciri-ciri hewan berkembang biak hewan terdapat 3 kelompok, yakni Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar.

  • Ovipar adalah cara hewan berkembang biak dengan bertelur yang sebagian besar dierami oleh induk atau di pendam dibawah tanah agar tidak di mangsa predator.
  • Vivipar adalah cara hewan berkembang biak dengan beranak atau melahirkan keturunannya. Sebagian besar embrio berada dalam induk dan diberi makan lewat makanan yang dikonsumsi induk. Setelah embrio semakin besar dan masuk periode kelahiran, maka dikeluarkan oleh induk.
  • Ovovivipar adalah cara hewan berkembang biak dengan bertelur dan beranak. Yakni embrio yang ada dalam telur tidak dikeluarkan seperti ayam dan kelompok hewan Ovipar. 


Perbedaan ciri-ciri hewan berkembang biak Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar

Perbedaan dari ciri-ciri Ciri-ciri hewan bertelur dengan melahirkan, pengelompokan tersebut dikenal dengan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar dapat diamati secara kasat mata. Misalnya pada hewan Ovipar (bertelur) maka proses penetasan telur dilakukan dengan cara mengerami, tidak berdaun telinga, tidak mempunyai kelenjar susu sehingga tidak menyusui anaknya saat usia kecil.

Hewan Vivipar yang berkembang biak dengan melahirkan (beranak), maka memiliki ciri-ciri sebagai berikut: mempunyai kelenjar susu, berdaun telinga, tubuhnya terdapat rambut atau bulu, memberi air susu untuk anaknya hingga proses pendewasaan embrio terjadi di dalam tubuh induk.

Hewan Ovovivipar sebagai makhluk yang beranak dan bertelur berkembang biak dengan cara menghasilkan telur dalam tubuh induk hingga siap menetas. Induk mengeluarkan anaknya dengan cara melahirkan.

  • Contoh hewan Ovipar adalah ayam, angsa, burung, katak, ikan, bebek, cicak.
  • Contoh hewan Vivipar adalah anjing, kucing, gajah, sapi, monyet, kuda, Singa, harimau, kuda
  • Contoh hewan Ovovivipar misalnya kadal, hiu, ikan pari, kuda laut hingga bunglon.

Demikian tulisan tentang perbedaan ciri-ciri dari hewan berkembang biak bertelur dengan hewan yang melahirkan, semoga bisa berguna untuk menambah pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar