Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 17 Agustus 2020

Penyebab Kucing Persia tidak mau makan

Menjaga kesehatan kucing Persia dan peliharaan lainnya, butuh perhatian terhadap perilaku mereka. Jika hewan menunjukan sikap berubah menjadi tidak mau makan, solusi yang paling tepat memeriksakan ke dokter hewan untuk mendapat gambaran tepat tentang penyebab utamanya.

Perubahan kucing Persia yang tak mau makan, jelas perlu mencari masalah yang menganggu selera makan hewan kesayangan. Walau kondisi kesehatan menjadi normal setelah diberi perawatan dokter hewan, gejala kucing Persia menolak makan bisa terulang kembali.


Mengenali Sebab Kucing Persia Tidak Mau Makan


Jika Anda belum lama memelihara hewan peliharaan yang berusia masih kecil. Pada umumnya mereka setelah memasuki penyapihan maka pemberian makanan lainnya mulai dikenalkan sekitar umur 6-8 minggu.

Saat anak kucing Persia ini tidak mau makan, kemungkinan peliharaan masih asing dengan makanan untuk kucing sehingga perlu waktu mengenali rasa, tekstur dan jenis hidangan yang diberikan oleh Anda.

Alternatif untuk anak kucing tak mau makan dalam contoh ini, cobalah memberi kombinasi makanan kucing sehingga tidak monoton. Misalnya, jika mereka diberi makanan kering dan padat dan menolak mengonsumsi, ganti merk makanan kucing Persia untuk usia yang tepat jenis basah.

Keunggulan dari makanan basah untuk kucing Persia dan hewan peliharaan lain adalah rasa yang dibuat lebih menarik dimakan oleh mereka dibanding jenis kering.

Kekurangan dari makanan basah adalah waktu kedaluwarsa yang lebih cepat dan cara penyimpanan harus lebih baik di banding makanan kucing jenis kering.

Jika Anda menginginkan anak kucing mengonsumsi makanan kering dan padat, bisa juga mencampur dengan kaldu yang ramah untuk mereka atau di kukus supaya lebih lunak.

Cara memancing kucing lebih tertarik mengonsumsi makanan yang diberikan jika memilih jenis kering, dengan melakukan kukusan agar aroma yang muncul lebih Refresh. 

Jika tidak diperbolehkan di rebus atau di kukus menurut petunjuk pemakaian dalam kemasan, alternatif lainnya dengan mencampur kaldu yang ramah pada hewan.

Kita perlu paham, hewan seperti kucing mengandalkan indera penciuman sebelum makan. Oleh karena itu, butuh trik sederhana supaya mereka ingin makan.

Hal yang terpenting mengolah makanan dengan rebusan dan kukusan adalah memastikan suhu makanan tidak terlalu panas dikonsumsi mereka.


Penyebab Kucing Persia Tidak Mau Makan lainnya


Selain masalah tentang penyesuaian makanan untuk kucing Persia jika belum lama penyapihan dengan induknya. Penyebab kucing Persia tidak mau makan lainnya bisa dari faktor genetik dan lingkungan.

Bacaan lainnya tentang kucing Persia

Penyakit


Penyebab kucing Persia tidak mau makan bisa karena penyakit pada bagian saluran pernapasan. Jika mereka mengalami infeksi saluran pernapasan, maka indera penciuman menjadi menurun sehingga bisa berakibat selera makan menurun.

Penyakit infeksi saluran pernapasan yang terjadi seperti pilek, batuk, hidung tersumbat dan lainnya.

Alasan menjadi sebab infeksi saluran pernapasan pada anak dan kucing Persia dewasa berpengaruh terhadap selera makannya, jika dihidangkan makanan sering sulit mengetahui santapan atau bukan.

Saat hewan mengalami masalah indera penciuman yang disertai gejala sakit lain seperti sering bersin, mata mengeluarkan cairan, dan hidung pilek, periksa ke dokter hewan terdekat.

Penyakit infeksi yang terjadi pada kucing Persia sebagian memerlukan obat untuk booter sistem imun tubuh mereka dan sakit yang lebih ringan bisa sembuh dengan antibiotik yang direkomendasikan dokter hewan.


Penyakit di bagian mulut


Selain penyakit infeksi menyebabkan kucing Persia tidak mau makan, pengaruh lain seperti sakit di bagian mulut dimungkinkan membuat selera makannya menurun.

Penyakit yang berhubungan dengan mulut ini seperti karang gigi, radang gusi, luka dalam dan masalah dengan bagian mulut.

Kondisi kesehatan hewan peliharaan yang sakit pada mulutnya perlu mendapat pemeriksaan dokter hewan secepatnya jika disertai tanda lainnya, seperti mulut mengeluarkan aroma bau, air liur keluar berlebihan, dan terdapat cairan darah berasal dari mulut.


Menelan benda dan hal yang tak bisa di cerna tubuh


Kepribadian anak kucing yang masih berusia muda, rata-rata memiliki rasa ingin tahu yang besar dibanding hewan yang telah dewasa. 

Saat mereka bermasalah dengan kerewelan menolak makan, cari tahu kemungkinan mereka menelan benda, tali, rambut dan benda asing lain yang termakan secara tidak sengaja.

Benda asing yang masuk ke dalam tubuh hewan dan menumpuk akibat tak bisa dikeluarkan, rata-rata membuat mereka mengalami masalah di saluran pencernaan.


Kucing Persia mulai tidak makan setelah hewan lain hadir


Jika kondisi kucing Persia tidak mau makan karena Anda menambah anggota baru dalam rumah. Situasi tersebut bisa mempengaruhi suasana hewan yang lain.

Kemungkinan ini terjadi berkaitan dampak psikologis terhadap hewan yang lama mengalami perasaan terintimidasi pada kehadiran kucing atau anjing lain.

Perubahan kebiasaan hewan peliharaan jika tidak mau makan lebih dari 2 hari, bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan medis menemukan penyebab utama.


Jika pemilik peliharaan kurang perhatian dengan masalah baru dari kehadiran hewan lainnya. Kemungkinan perilaku hewan yang mengalami intimidasi akan stres, cemas dan depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar