Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 11 Agustus 2020

Penyebab Kucing Mencret

Mengapa Kucing Rumahan menjadi Mencret?


cara mengobati kucing mencret
Sumber: Pexels/Colette Fontaine

Penyakit pada hewan peliharaan seperti kucing bisa terjadi tanpa terduga oleh pemilik. Anda menilai dari kehidupan kucing yang terjaga dan terawat dengan baik dalam rumah, rasanya sulit percaya ketika menemukan kucing tiba-tiba menjadi mencret dan merasakan gejala lain.

Kucing rumahan dan kucing liar yang hidup bebas tanpa campur tangan langsung dari manusia, bisa mengalami mencret atau diare.


Beberapa penyebab kucing mencret yang sering terjadi

Penyakit sistemik adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada makhluk hidup karena kelainan dari sistem tubuh yang tidak mampu beradaptasi pada zat, bakteri dan sesuatu yang asing sehingga menyebabkan komplikasi.

Mengonsumsi makanan yang tidak layak di makan kucing. Kita tahu kucing termasuk hewan yang senang makan suatu yang menarik untuk dimakan. Jenis makanan yang tidak layak dikonsumsi yang diperoleh dari tempat sampah sampai makanan busuk dimakan mereka, bisa memicu gangguan usus pencernaan akibat bakteri hingga kuman.

Perubahan pola makan. Siapa yang mengira perubahan pola makan seekor kucing bisa menyebabkan mereka mencret. Pemilik hewan peliharaan yang tak konsisten memberi makan untuk peliharaan mendorong mereka memilih makanan di luar rumah karena lapar.

Akibat penyakit tertentu bisa memicu penyebab kucing mencret. Jenis penyakit ini biasanya berkaitan dengan penyakit hati, ginjal, pankreas.

Mengalami penyumbatan usus karena mengonsumsi benda asing.

Mengalami infeksi yang disebabkan virus, bakteri, cacing usus, keracunan obat dan bahan kimia, tanaman beracun atau parasit. Misalnya dari kutu dan hewan kecil lain.


4 Cara Mengobati Kucing Mencret

Setelah Anda tahu sebagian kecil penyebab kucing mencret dan menemukan sumbernya, cara mengobati kucing mencret diperlukan untuk membuat mereka sehat seperti semula.

4 cara mengobati kucing mencret secara alami bisa dilakukan bertahap atau kombinasi selama diperlukan.

Langkah pertama adalah membeli oralit untuk kucing yang bisa didapat di pet shop, klinik hewan, apotek hewan, Pusat Kesehatan Hewan terdekat atau rumah sakit hewan.

Jika Anda belum pernah memberikan oralit untuk kucing, baca petunjuk pemakaian dengan teliti atau menanyakan kepada staf yang melayani Anda.

Pemberian obat-obatan untuk hewan setelah tahu penyebab kucing mencret bisa berbeda dosis pemakaian bagi tiap kucing. Takaran obat untuk hewan dibagi pada umur mereka masih kecil atau dewasa, kondisi sedang hamil atau tidak, atau memiliki riwayat kesehatan terhadap alergi zat tertentu.

Oleh karena itu, disarankan berkonsultasi ke dokter hewan terdekat untuk mendapat obat yang direkomendasi setelah di periksa dokter hewan.

Langkah kedua untuk mencegah kucing mencret kembali di waktu mendatang, cobalah mengganti menu makanan harian mereka. Anda mungkin masih ingat makanan yang dikonsumsi mereka sebelum mencret yang terlupakan. Kemungkinan penyebab kucing mencret bersumber dari makanan yang konsumsi mereka.

Langkah ketiga untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di usus pencernaan hingga perut, beri kucing makanan sementara berbahan dasar kedelai.

Jenis makanan dari kedelai yang umum untuk kucing sakit mencret adalah tempe yang direbus, bukan dimasak dengan cara menggoreng. Makanan untuk kucing mencret selain tempe dimungkinkan diberikan untuk mereka selama mendapat rekomendasi dokter hewan.

Langkah keempat untuk mempercepat masa pemulihan kucing mencret adalah vitamin atau suplemen yang ramah hewan. Vitamin yang diberikan sesuai kebutuhan kucing saat sakit, dapat memperkuat sistem imun tubuh melawan infeksi akibat kuman, bakteri dan virus.

Majikan dan pemilik kucing perlu memperhatikan kondisi peliharaan yang sakit. Jika cara mengobati kucing mencret tidak efektif lebih dari 48 jam dan keadaan tidak menunjukan menjadi sehat, segera membawa mereka ke dokter hewan terdekat. Kucing mencret lebih dari 48 jam bisa menyebabkan masalah serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar