Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 04 Agustus 2020

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Invertebrata dan Vertebrata dari Cirinya

Hewan memiliki ciri khusus yang dikelompokan berdasarkan kriteria tersebut, salah satunya dari cara hewan bergerak yang berbeda satu dengan lainnya.

Dalam program belajar dari rumah TVRI, Selasa 21 Juli 2020 tentang organ gerak hewan dan manusia sebagai tayangan belahan siswa SD kelas  4-6, berikut contoh pengelompokan hewan berdasarkan Invertebrata dan Vertebrata dari cara mereka bergerak.
Ilustrasi contoh gambar hewan vertebrata, Kredit Pxhere

Hewan Vertebrata


Ciri hewan Vertebrata adalah hewan dengan tanda yang mudah kita lihat. Mereka terdapat tulang belakang untuk mendukung aktivitas bergerak dan fungsi lain.

Misalnya tulang belakang pada manusia, sebagian besar menjadi penopang tubuh untuk menegak organ tubuh lain, seperti tengkorak dan memberi kekuatan agar stabil bagi tubuh.

Tulang belakang pada hewan Vertebrata terdiri ruas tulang yang tersusun memanjang di bagian punggung hingga ekor. Adapun fungsi tulang belakang hewan untuk menopang tubuh sekaligus menjaga sistem sarat hewan.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica menerangkan hewan vertebrata memiliki ciri lain di bagian sistem otot yang terpasang bilateral dari sekumpulan massa.

Lokasi yang menjadi tempat hidup spesies kelompok hewan vertebrata, sebagian besar berada di kutub utara, antartika hingga wilayah tropis. Spesies vertebrata di dunia tercatar sekitar 45.000 spesies dari ukuran kecil hingga besar.

Klasifikasi vertebrata

Klasifikasi hewan vertebrata memiliki beberapa ciri dan tanda dalam pengelompokan seperti cara bergerak, kekhususan tubuh hingga cara mereka melakukan kembangbiak.

Contoh dari hewan vertebrata, misalnya ikan dengan klasifikasi ciri berikut ini:
  • cara bergerak menggunakan ekor dan sirip
  • bagian tubuh dilapisi sisik
  • alat pendengaran tidak berbentuk daun telinga
  • menggunakan insang untuk bernapas dan beberapa hewan lain bisa bernapas dari paru-paru dan kulit
  • organ jantung terbagi 2-4 ruas
  • proses cara berkembang biak dilakukan bertelur
  • masuk kelompok makhluk berdarah dingin

Hewan Invertebrata

Ilustrasi contoh gambar hewan invertebrata, Kredit Pixabay

Populasi hewan dan makhluk invertebrata memiliki variasi cukup banyak dan ada sekitar 95 persen populasi di dunia.

Mengutip situs web Uni Internasional tentang Konsersi Alam, 2009, jumlah invertebrata yang berhasil diidentifikasi lebih dari 1,3 juta spesies. Dari jumlah tersebut, diperkirakan masih banyak jenis invertebrata yang belum diketahui.

Contoh hewan invertebrata

Beberapa contoh kecil dari hewan invertebrata di dunia adalah kerang, siput, cacing, gurita, nyamuk, bintang laut, ubur-ubur, laba-laba, lintah dan lainnya.

Cara berkembang biak Hewan Inverbrata

Cara berkembang biak hewan invertebrata adalah melakukan reproduksi dengan berbagai metode. Misalnya generatif, vegetatif dan metagenesis. Dalam proses cara berkembangbiak dibedakan 2 cara, yakni cara seksual (Ovipar dan Fertilisasi ekternal) dan cara aseksual (Fragmentasi, bertunas, dan Partenogenesis).

Klasifikasi invertebrata

Klasifikasi invertebrata pada hewan dalam beberapa contoh, misalnya hewan berpori (Porifera-Sponsa), hewan berongga, hewan lunak yang dilindungi cangkang atau lapisan keras, hewan berduri hingga hewan beruas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar