Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 10 Agustus 2020

Pengaruh,Manfaat dan Pekerjaan tentang Keanekaragaman Gen

(Sumber foto: piqsels/public-domain-photo-zschf)

Keanekaragaman gen adalah banyaknya karakteristik genetik yang terdapat dalam susunan gen spesies. Akibat dan pengaruh dari jumlah ini, maka sifat-sifat genetik dalam makhluk hidup bervariasi dengan tanda yang unik juga.


Fungsi yang membawa manfaat dari akibat pengaruh keanekaragaman gen tadi, cara makhluk hidup berkembang biak dapat beradaptasi sesuai kondisi lingkungan yang bisa berubah.


Pemanfaatan keanekaragaman gen pada tanaman dan hewan oleh manusia, mengalami perkembangan yang semakin selektif di bidang budidaya dan peternakan. Misalnya dalam tanaman pada mula manusia memakai cara pembiakan selektif menanam padi, yaitu menghasilkan gen unggulan yang mempunyai sifat, karakter dan ciri yang diharapkan. Sementara disisi lain, beberapa pengaruh negatif yang dinilai merugikan akan dihilangkan secara genetik.


Contoh pada tanaman yang dihasilkan secara rekayasa genetik tersebut adalah tomat unggu yang punya daya tahan lebih lama sehingga tidak mudah busuk, grapple hasil rekayasa keanekaragaman gen apel dengan anggur yang menghasilkan tanaman baru berbentuk mirip apel dengan tekstur mirip anggur. Rasanya berupa campuran dari kedua buah-buahan.


Dalam peternakan hewan, akibat, pengaruh dan manfaat keanekaragaman gen disesuaikan dengan keadaan lingkungan masing-masing wilayah. Cara berkembang biak melalui rekayasa bertujuan menambah sumber daya hewani sekaligus mempersingkat waktu berkembang biak hewan. Salah satu manfaat yang diperoleh dari keanekaragaman gen unggulan, populasi ternak lebih mudah beradaptasi dari perubahan lingkungan hingga penyakit hewan.


Jenis Pekerjaan tentang Gen


Apa pengaruh, manfaat dari keanekaragaman gen
(Sumber foto: piqsels/public-domain-photo-jrlew)

Peranan selektif peneliti yang menekuni pekerjaan tentang gen semakin penting dalam dunia modern seperti sekarang. Selain pekerjaan terkait robot yang makin populer seiring kemajuan jaman, kelebihan belajar tentang genetika akan memahami keanekaragaman gen tiap keturunan makhluk hidup secara ilmiah.


Contoh dari pekerjaan dan pelajaran tentang gen adalah ahli biologi disebut ahli genetika yang memiliki hubungan erat dengan pelajaran biologi, kimia, fisika, matematika dan bahasa internasional.


Jika ingin belajar gen di tingkat akademi, bidang kajian ini seperti gemomik, genetika molekul, genetika populasi, genetika ekologi hingga genetika kuantitatif.


Sosok peneliti atau dosen yang ahli dalam pekerjaan ini, rata-rata memiliki pengetahuan dasar dengan kedokteran, peternakan, pertanian atau sesuai fokus yang dipelajari.


Akibat dari keanekaragaman gen di dunia pada flora dan fauna, misalnya variasi jenis hewan dan tumbuhan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan penyakit, sehingga tidak mengalami kepunahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar