Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 29 Agustus 2020

Mengenal Jenis Serat dari Tumbuhan dan Hewan

Ilustrasi foto: Pxhere/CC0 Area publik


Pakaian hingga kebutuhan manusia yang diproduksi menggunakan berbagai jenis bahan dasar. Salah satunya adalah serat yang dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Arti definisi serat adalah komponen yang berasal dari sumber tertentu yang memiliki jaringan.

Salah satu jenis serat yang mudah dilihat sebagai contoh adalah kain yang di buat menjadi pakaian. Penggunaan serat dalam dunia industri modern memunculkan banyak jenis variasi seperti tali, kertas, hingga pakaian.

Mengenal Jenis Serat Tumbuhan dan Hewan


Cara mendapatkan serat yang dikelola untuk produk tertentu oleh manusia, terbagi 2 jenis serat, diantaranya serat alami dan serat sintetis.

Serat yang disebut alami adalah hasil yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan, hewan dan proses yang terjadi karena pengaruh alam. Pada umumnya, serat alami memiliki daya tahan yang kurang kuat karena mudah rusak dan lapuk dipengaruhi lingkungan dan alam.

Contoh jenis serat alami 


Seperti yang sudah kita ketahui, serat alami berasal dari tumbuhan, hewan dan proses yang dipengaruhi oleh lingkungan dan alam.

Beberapa contoh jenis serat alami menurut sumber yang menjadi bahan utama, diantaranya:
serat tumbuhan, mengandung komponen sejenis selulosa, hemilulola dan bahan lain. Contoh serat tumbuhan yang sering kita lihat, terdapat pada kertas hingga pakaian. 

Serat tumbuhan selain diolah menjadi produk lain, fungsi dari serat tumbuhan juga berguna untuk nutrisi manusia.

Selain serat berasal dari tumbuhan, masih ada 3 jenis serat yang lain. Misalnya serat berasal dari kayu, serat berasal dari hewan, hingga serat mineral.

Dengan demikian, serat alami terbagi menjadi 4 sumber yang bisa ditemukan manusia.

Kelompok serat berbeda dari serat alami adalah berasal dari serat sintetis.


Serat sintetis berarti sumber bahan ini berasal dari buatan manusia menggunakan bahan tertentu yang dibuat untuk kebutuhan tertentu.

Beberapa kelompok serat sintetis bisa Anda lihat pada contoh benda di lingkungan sekitar. Misalnya tembaga, emas, perak yang berasal dari serat logam, botol plastik yang berasal dari serat polimer, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar