Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 12 Agustus 2020

Mengapa Kucing Senang Menjilat Badan, Ini Penyebabnya

 Pemilik hewan peliharaan mungkin pernah melihat kebiasaan kucing senang menjilat badan dan bulu. Perilaku mereka ternyata ada penyebabnya dan membawa manfaat untuk kucing.


Mengapa Kucing Senang Menjilat Badan?


Mungkin kebiasaan kucing senang menjilat badan memiliki magnet tersendiri untuk calon majikan yang bingung memilih hewan peliharaan kucing atau anjing?

Menurut pendapat penulis yang mungkin juga sama dengan Anda, kucing terkenal dengan kebiasaan menjaga kebersihan diri sendiri, sehingga jumlah kucing yang dipelihara di rumah, jumlahnya lebih banyak dibandingkan anjing.

Karakter kucing dan anjing memang berbeda satu dengan lainnya. Apakah Anda tahu kebiasaan kucing sehat yang suka menjilat badan! Mereka bisa menghabiskan 50 persen waktunya sejak di mulai bangun hingga tidur, hanya merawat dirinya sendiri. 

Dikutip dari situs web tentang dunia kucing, berikut penyebab yang menjadi alasan hewan kucing senang menjilati bulu dan badannya.


Penyebab Kucing Senang Menjilat Badan


Penyebab kucing menjilati bulu dan badan
Sumber:pxhere/650215

Sejak usia anak kucing masih kecil diasuh oleh induk telah dibersihkan dengan dijilat induk kucing. Di mulai masa kelahiran anak kucing pada minggu-minggu pertama, induknya akan menjilat anak kucing dengan lidahnya untuk meningkatkan kemampuan anak kucing bernapas. Sampai saat masa menyusui, induk kucing terus membersihkan badan anaknya agar mudah pup. Setelah besar, anak kucing yang mandiri setelah beberapa minggu mulai belajar menjilati badannya sendiri atau menjilati saudara yang lain.

saat kucing terluka, cairan dalam lidah kucing berfungsi membersihkan kotoran dan bahaya infeksi yang timbul pada luka. Selain itu tekstur lidah kucing yang kasar berfungsi mengangkat sel kulit mati.

Penyebab kucing suka menjilati badannya adalah menyembunyikan dan menghilangkan aroma khas dari predator. Kucing memiliki naluri alami dan indera penciuman sangat tajam dibanding manusia.

Salah satu kebiasaan induk kucing untuk anak yang selesai makan, jilatan diberikan untuk menghilangkan aroma makanan yang tertinggal. Dengan demikian, predator yang hidup di alam liar akan kesulitan menemukan jejak kucing yang sebagian besar mengandalkan indera hidung.

Fungsi lain yang jarang diketahui masyarakat awam, mengapa kucing senang menjilat tubuhnya, karena bermanfaat untuk kesehatan mereka.

Saat kucing normal yang dirawat sebagai hewan peliharaan atau hidup di alam liar, ketika menjilati bulu dan badan maka bentuk lidah seperti duri akan memperbanyak kelenjar sebaceous.

Area kelenjar sebaceous hewan kucing berada di pangkal rambut dan menyebabkan sebum menyebar ke seluruh tubuh.

Cara kucing sering menjilati badan yang lain adalah membersihkan kotoran hingga parasit yang menempel di bulu. Fungsi kesehatan bagi kucing menjilati adalah mempercepat proses pendinginan tubuhnya saat suhu panas. Hewan ini berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang punya pori-pori.

Makhluk berpori-pori akan menstabilkan suhu panas yang dirasakan dengan berkeringat yang dihasilkan kelenjar keringat. sedangkan kucing tidak memiliki kelenjar keringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar