Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 15 Agustus 2020

Mengapa Hewan dapat Melayang di Air?

Pernahkah Anda memikirkan cara berkembang biak makhluk hidup di dunia sangat beragam sesuai lingkungan habitat mereka. Salah satunya adalah ikan. Apakah sebab hewan seperti ikan mudah bergerak di air? atau mengapa hewan dapat melayang di air?

Sumber: Pixabay/Waldo93


Perbedaan cara hidup dan berkembang biak tiap hewan mengikuti lingkungan hingga sumber makanan yang dikonsumsi setiap hari.


Oleh karenanya, hanya hewan tertentu saja yang memiliki kemampuan melayang di air. Jenis hewan yang dapat melayang di air sebagian besar adalah jenis ikan dan hewan yang memang sebagian besar hidup di air.


Apa perbedaan hewan yang berkembang biak di udara dengan di air?


Sumber: Pixabay/cocoparisienne 

Komposisi air jika dibandingkan dengan udara adalah kepadatan dan kerapatan dalam air lebih besar daripada udara. Oleh karenanya, hewan yang tinggal di darat atau di udara akan lebih sulit bergerak cepat seperti ikan dan makhluk lain yang tinggal di air.

Penyebabnya karena air memiliki gaya angkat lebih besar daripada udara. Sementara itu, ikan yang hidup di air dengan berat badan kecil lebih mudah dan cepat bergerak di air. 

Faktor lain penyebab mengapa hewan dapat melayang di air adalah jumlah energi yang dibutuhkan ikan sangat sedikit ketika bergerak dalam air.

Penyesuaian diri hewan seperti ikan yang hidup dalam air dan makhluk lain adalah ciri-ciri mereka yang khas dibanding hewan hidup di darat atau di udara.


Ciri-ciri hewan yang hidup di air


  • sebagian besar cara bernapas menggunakan insang
  • memiliki sirip dan ekor
  • sebagian besar memiliki tubuh bentuk torpedo
  • tubuhnya memiliki sisik dan licin karena lendir
  • memiliki rangka bertulang sejati dan tulang rawan
Misalnya contoh dari ikan nila dapat melayang dan tenggelam dalam air. Kemampuan ikan nila ini karena dirinya memiliki ciri-ciri sebagai hewan yang hidup di air. Selain ikan nila, makhluk hidup yang mempunyai ciri khas yang sama bisa melayang dan tenggelam dengan mudah di dalam air.


Demikian penjelasan mengapa hewan dapat melayang di air,  yakni dipengaruhi struktur tubuhnya dengan ciri-ciri memiliki karakter makhluk yang hidup di air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar