Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 16 Agustus 2020

Makanan Kucing Kampung Mudah Dibuat Sendiri

Hewan peliharaan yang cukup banyak dirawat manusia, diantaranya kucing, anjing, dan burung. Dalam tulisan dunia hewan kali ini, kita akan membahas makanan kucing kampung yang mudah dibuat sendiri. Makanan adalah bahan penting untuk makhluk hidup memperoleh nutrisi yang selanjutnya di proses metabolisme tubuh menjadi energi berasal dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin hingga mineral. Jika Anda mempunyai peliharaan dalam rumah, makanan berpotensi besar bagi kesehatan mereka.

Ilustrasi foto Pxhere/CC0 Area publik


Penyebab kucing kampung juga butuh makanan layak dikonsumsi


Kucing kampung adalah hewan paling banyak populasi di dunia dibanding kucing ras murni karena cara berkembang biak mereka jarang di kontrol manusia sebagai peternak.

Keberadaan hewan lokal yang hidup liar di lingkungan manusia, rata-rata cepat beradaptasi dengan lingkungan dan menyesuaikan sumber makanan yang akan dikonsumsi.

Spesies mereka yang hidup liar, sebagian besar memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan tingkat alergi yang lebih kecil dari kucing murni. Oleh karenanya, mereka jarang sakit.

Jika Anda merawat kucing lokal maupun kucing mixdome dalam rumah, makanan untuk mereka sebenarnya mirip dengan kucing liar di sekitar rumah. 

Bedanya kehidupan mereka setelah dirawat menjadi hewan peliharaan, maka makanan yang mereka konsumsi lebih terjamin dari majikan dan anggota keluarga yang memperhatikan dirinya.

Selama makanan yang mereka konsumsi layak dimakan dan mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan zat mineral lain, kesehatan dan kesejahteraan kucing lebih baik.


Jenis merk makanan kucing kampung


Beberapa jenis makanan kucing lokal dan mixdome bisa digunakan untuk sumber protein, vitamin, karbohidrat dan mineral lain, diantaranya:


Daging


Kucing kampung, domestik, mixdome hingga ras murni adalah hewan karnivora yang mendapat nutrisi dari makanan daging. Oleh karenanya daging paling layak menjadi makanan kucing sebagai sumber kebutuhan utama.

Jenis daging untuk mereka bisa berasal dari sumber hewani sapi, ayam, ikan dan jenis daging lain yang bisa dimakan mereka. 

Jika Anda ingin menjaga kesehatan mereka, cara memasak menu makanan kucing lokal dan mixdome sebaiknya di rebus atau di kukus daripada di goreng dengan minyak goreng. 


Nasi kombinasi daging


Makanan kucing kampung yang lain adalah nasi yang dicampur dengan daging ayam, sapi, ikan dan lain-lainnya. Cara pemberian makanan untuk mereka seperti ini bisa menekan biaya pengeluaran yang terlalu besar dibanding dengan daging hewani murni.

Cara membuat nasi dicampur daging untuk makanan hewan peliharaan ini adalah merebus dagingnya bersama nasi sesuai porsi. Tujuan merebus daging dengan nasi supaya aroma daging tercampur merata.

Beberapa kucing yang diberi nasi bercampur daging tanpa di olah terlebih dahulu, sering tidak menghabiskan nasi dan memilih makan daging saja.

Tips menggunakan daging sebagai bahan campuran dengan nasi adalah memisahkan bagian keras seperti tulang yang masih menempel. Misalnya jika menggunakan daging dari ikan, sebaiknya duri di pisahkan sebelum diberikan pada mereka.

Cara paling mudah menggunakan daging campuran sebagai makanan kucing jika tak mau repot, beli makanan kaleng seperti sarden ikan untuk dimakan beberapa hari berikutnya.

Untuk menambah kandungan vitamin, mineral dan zat penting lainnya. Makanan nasi bercampur daging bisa juga menambahkan sayuran dan tumbuhan saat di kukus atau di rebus.

Waktu pemberian makanan kucing mixdome dan lokal yang baik adalah menggunakan jadwal teratur menurut saran dokter hewan. Biasa faktor mempengaruhi banyak makanan untuk peliharaan dari usia mereka masih kecil atau sudah dewasa atau senior. 

Untuk anak kucing yang masih kecil dan masa pertumbuhan yang sedang terjadi, mereka perlu makanan lebih banyak dari kucing dewasa. Sebagai contoh: anak kucing perlu makan sekitar 3-5 kali dalam sehari sampai usia 6 bulan.

Setelah usia lebih besar antara 6 bulan keatas hingga dewasa, jadwal makanan berkurang sekitar 3 kali pemberian dalam sehari. Untuk mendapat porsi paling sesuai dari makanan kucing kampung yang Anda rawat, pertimbangan lain adalah seperti apa nutrisi, gizi, vitamin, mineral yang di miliki dari kandungan makanan tersebut.

Jenis makanan lain untuk hewan lokal yang bisa diberikan untuk mereka adalah telur dadar, tempe rebus, tahu rebus, snack khusus kucing yang dijual di pets shop, susu khusus kucing.


Makanan kucing kampung agar cepat gemuk


Hal spesial jika pemilik peliharaan ingin hewan di rumah lebih cepat gemuk karena tubuhnya termasuk kurus. Cara membuat kucing kampung gemuk sebenarnya cukup mudah dan mudah dikerjakan.

Sebelum menerapkan tips cara membuat mereka menjadi gemuk, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter hewan untuk memeriksa kemungkinan tubuh mereka kurus karena penyakit. Sehingga upaya menggemukkan mereka tidak maksimal.

Jika kesehatan peliharaan sehat, beberapa cara membuat tubuhnya agar cepat gemuk dari makanan, diantaranya:

Memberi makanan berkualitas tinggi dengan kandungan protein. Contoh sumber merk makanan kucing mixdome dan lokal agar cepat gemuk adalah bahan dari ikan, daging, dan kuning telur.

Cara memberi makanan supaya cepat gemuk dengan kombinasi dengan makan basah yang diberikan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu. Selebihnya bisa memakai makanan cara biasa.


Gunakan booster suplemen vitamin khusus kucing


Anda bisa membeli suplemen pendorong nafsu makan untuk mereka agar lahap makan. Biasanya vitamin ini berbentuk cairan yang dicampur dengan makanan mereka, berbentuk pil, tablet atau minyak ikan.

Sebelum menggunakan vitamin pendorong selera makan untuk kucing, konsultasikan dengan dokter hewan.


Teknik dasar agar makanan cepat habis


Pemilik dan majikan yang memberi makan untuk peliharaan sering sembarangan menyediakan waktu makan untuk mereka. 

Jika ingin kucing cepat gemuk, cobalah teknik dasar ini agar mereka lebih lahap dengan makanan yang diberikan.

Caranya dengan memberi makan kepada kucing setelah selesai bermain. Selain itu, kurangi waktu permainan supaya tidak terlalu lama.

Minuman seperti susu khusus kucing memberi pengaruh besar untuk tubuh mereka.

Jika sumber makanan yang mereka konsumsi selama ini kekurangan zat tertentu, maka perkembangan kesehatan mereka tidak maksimal, misalnya badan kurus, bulu kusam dan lainnya.

Oleh karenanya, jika Anda yakin kucing tersebut kekurangan nutrisi karena makanan yang dimakan kurang layak, bisa memberi makanan tambahan seperti susu khusus kucing.

Hal mendasar memberi susu untuk kucing kampung adalah jangan menggunakan susu untuk manusia karena perbedaan formulasi kebutuhan manusia dengan kucing.

Cara membuat kucing gemuk dari makanan adala teknik memasak yang benar. Misalnya daging dan sumber makanan untuk mereka tidak di goreng dan menimbulkan aroma yang aneh untuk indera penciuman hidung. 


Merk makanan kucing kampung


Majikan atau pemilik peliharaan yang agak sibuk dan kesulitan membuat makanan untuk kucing kampung, jangan khawatir tidak bisa memelihara mereka.

Solusi mengatasi kesulitan memberi makanan untuk mereka ini adalah mencari merk makanan untuk kucing yang sudah terkenal di dunia.

Beberapa pilihan yang bisa menjadi alternatif Anda menemukan makanan kucing, diantaranya merk Whiskas, Proplan, Royal Canin, Felibite, Friskies, Me-O, Maxi, Equilibrio yang di jual di pet shop hingga toko online kebutuhan hewan peliharaan.

Untuk harga merk makanan kitten diatas bervariasi dan termasuk terjangkau dibeli pemilik peliharaan.

Tips untuk Anda jika belum pernah membeli merk makanan kitten, beli merk makanan dengan kemasan paling kecil untuk di cobakan kepada peliharaan dalam rumah.


Kelebihan membeli merk makanan kucing kampung kemasan paling kecil adalah resiko jika tidak disukai mereka, Anda tidak membuang banyak makanan tersisa. Jika kelihatannya hewan Anda suka dengan makanan tersebut, bisa di beli dalam kemasan yang lebih besar karena memberikan keuntungan pengeluaran lebih sedikit.

Kelebihan membeli merk kemasan besar adalah menghemat ongkos pengiriman dan biaya transportasi yang dikeluarkan untuk dikirim atau berkunjung. Membeli sumber makanan untuk kucing dalam jumlah besar adalah mempertimbangkan waktu konsumsi yang digunakan dengan melihat masa kadaluwarsa.


Makanan kucing kampung kiloan


Selain jenis merk makanan hewan merk yang terkenal, bisa juga membeli makanan untuk mereka dalam kemasan kiloan.

Kelebihannya merk makanan jenis kiloan ini adalah pengeluaran yang dikeluarkan lebih murah dan mendapatkan makanan yang diformulasikan secara seimbang kebutuhan nutrisi.

Rata-rata makanan seperti ini mengandung bahan yang dicampur berasal dari berbagai sumber. Misalnya dari daging dan jeroan, ikan, campuran telur, tempe dan bahan lain menurut pembuatan produser makanan tersebut.

Kekurangan makanan jenis kiloan adalah sumber bahan makanan yang dimasukkan belum tentu sesuai dan layak di konsumsi, jika menggunakan sembarangan campuran.


Untuk mendapatkan pilihan yang paling baik sebagai makanan kucing kampung, cobalah konsultasi dengan dokter hewan atau bertanya langsung di pet shop dan peternak profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar