Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 05 Agustus 2020

Kucing Persia

Contoh foto kucing persia golden, kredit Pixabay

Kucing Persia adalah jenis hewan peliharaan yang cukup banyak diminati masyarakat menjadi teman. Wataknya pendiam, tenang dan lucu, ditambah penyebab lain mengapa mereka disukai banyak orang, karena perilaku kucing persia terkenal tidak terlalu rewel dan kebiasaan uniknya memberi hiburan untuk keluarga di rumah.

Ras kucing persia ternyata punya sejarah panjang dengan manusia dan dianggap satu hewan yang lama dan tertua dari banyak kucing lain. Perawakan muka mereka yang terlihat lucu, membuat orang jatuh cinta untuk menjadikan kucing persia peliharaan karena bentuk yang imut.

Kepribadian kucing Persia yang paling berbeda dibandingkan ras hewan sejenisnya, salah satunya sifatnya terkesan pemalas karena sedikit bergerak. Dari sebagian cara mereka hidup yang selalu tenang dan pendiam, ras kucing persia bisa juga memiliki masalah kegemukan jika kalori yang dimiliki tak tersalurkan dengan baik. 

Kelompok kucing persia di dunia yang dikenal pecinta kucing terbagi beberapa nama menurut ciri bawaan masing-masing. Klasifikasi setiap ras persia yang memiliki kelebihan dan kekurangan setiap jenisnya ini, sebagian besar memiliki nama sebagai berikut:

Jenis kucing persia terkenal

Kucing Persia Medium

kredit foto: cat-breeds-encyclopedia.com

Kucing Persia medium terdiri dua kelompok yaitu medium bulu pendek dan bulu panjang. Ciri umum yang terlihat pada kucing persia medium, yakni di bagian tubuh mereka cenderung lebih panjang dan membawa ciri khas persia dibagian hidung yang lebih mancung dibanding persia lain yang rata-rata berhidung pesek.

Harga kucing persia medium termasuk golongan yang lebih terjangkau sehingga bisa disebutkan tidak terlalu mahal dibandingkan jenis persia yang lain, namun tidak termasuk murah jika dibandingkan dengan kucing mixdome atau campuran.

Mengutip situs web cat-world, biaya yang perlu dipersiapkan untuk mendapat anakan kucing persia medium murni sekitar $1000-$1400 untuk jenis biasa, bukan untuk kucing persia show.

Kucing Persia Himalaya

Kredit foto: cats.lovetoknow.com

Kucing Persia Himalaya populer dengan sebutan colorpoint. sebutan ini mengacu pada sejarah ras mereka yang berasal dari genetik campuran Persia dan Siam. Pola colorpoint lain yang bisa terdapat di mantel bulunya yaitu warna hitam di telinga dan di beberapa bagian tubuh kucing persia himalaya.

Hasil persilangan kucing yang berbeda ras dari masing-masing kelompok kucing unggulan, membuat genetik kucing persia himalaya memiliki tanda warna yang khas. Biasanya tanda unik tersebut terdapat di  ekor, hidung atau ujung kaki.

Sementara untuk warna bulu kucing Persia himalaya secara keseluruhan cenderung berwarna putih.

Jika Anda ingin memelihara kucing persia himalaya murni, harga yang perlu dipersiapkan minimal $1900, seperti dikutip dari recycler, 02-08-2020.

Kucing Persia flatnose

Kredit foto: Pinterest.com

Kucing Persia Flatnose punya ciri khusus di bagian hidung mereka yang cenderung pesek dan mempunyai tanda yang hampir mirip dengan kucing persia jenis lain. Misalnya ciri keseluruhan kucing flatnose masih sama pada bentuk tubuh gemuk, pendek dan bentuk muka yang lucu.

Masyarakat umum sering sulit membedakan kucing persia himalaya dengan kucing persia flatnose, karena bentuknya hampir mirip.

Dikutip situs web catbreedslist, harga kucing persia flatnose murni sekitar $1300-$3000.

Kucing Persia peaknose

Kredit foto : tutorialsaya.com

Kucing Persia peaknose dianggap hewan peliharaan paling banyak disukai penyayang kucing. Bukti penyebab hewan peliharaan ras kucing persia peaknose banyak dicari dibanding kelompok Persia lain, diantaranya jumlah peserta lomba bertema kucing persia sebagian besar didominasi jenis peaknose. 

Indonesia juga sering mengadakan perlombaan dan kontes kucing ras murni yang diadakan secara khusus untuk jenis peaknose karena kepemilikan masyarakat lebih banyak dan dianggap lebih populer.

Ciri-ciri kucing persia peaknose memiliki tanda hidung yang lebih pesek dengan persia flatnose. Harga untuk kucing persia peaknose murni dilengkapi surat dan dokumen berkisar $1500-$5000.

Penyebab harga kucing persia bisa berbeda

Calon pemilik kucing yang ingin membeli ras murni, mungkin pernah melihat kucing persia ditawarkan sangat murah dengan range harga Rp.500.000-5.000.000 di web situs online.

Kucing persia bisa dipastikan murni dari keturunan gen mereka, jika memiliki surat berbentuk sertifikat. Sertifikat ini misalnya dokumen pedigree menjelaskan asal usul induk yang sudah terdaftar resmi di asosiasi hewan terkait.

Untuk memperoleh kepastian tersebut, bisa minta bantuan para cattery untuk memeriksa maupun membuat sertifikasi ras kucing murni milik Anda.

Penulis membagi pengalaman untuk pembaca yang ingin membedakan kucing yang diinginkan, apakah  ras murni atau campuran (mixdome). Ada 2 cara untuk melihat kucing tersebut murni atau campuran, yakni sertifikat dan pengalaman pribadi.

Cara pertama membedakan kucing murni dengan sertifikat

Ilustrasi bentuk sertifikat Pedigree kucing

Cara membedakan kucing murni dengan kucing campuran untuk masyarakat awam dengan berpegang sertifikat pedigree atas kucing tersebut. Dalam sertifikat pedigree tersebut, Anda akan melihat dengan jelas silsilah dan latar belakang kelahiran kucing murni.

Keterangan sertifikat pedigree akan menjelaskan silsilah mereka minimal 3 hingga 10 silsilah asal usulnya, tergantung dari asosiasi hewan yang mencatat. Untuk mendapat informasi lebih lengkap tentang sertifikat pedigree, konsultasikan dengan cattery yang punya lisensi dari asosiasi kucing. Di Indonesia ada TICA atau organisasi lain yang berafiliasi dengan negara lain.

Sementara kucing campuran biasanya lebih murah dan harganya dibawah 5 jutaan karena tak adanya sertifikat dan dokumen pendukung dari asosiasi hewan.

Cara kedua membedakan kucing murni dengan kucing campuran adalah pengalaman yang didapat selama memelihara kucing murni.

Artinya calon pembeli sudah pengalaman dan expert melihat kucing murni berdasarkan pandangan langsung pada fisik, seperti kepala, muka, bulu dan tanda lain yang biasanya telah ada standar tetap untuk penilaian.

Kelompok kucing persia lain

Sebutan untuk kucing persia bisa berbeda-beda dalam komunitas kucing di dunia. Misalnya ada sebutan kucing persia Chinchilla Longhair, persia teacup dan sebutan populer lainnya.

Mengutip Cat Fanciers Association (CFA) di situs web resminya, ada beberapa jenis kucing persia yang diakui dan bisa ikut perlombaan yang diadakan untuk kucing persia. Kriteria kucing persia tersebut, diantaranya solid devision, silver dan golden division, smoke dan shaded division, tabby division, particolor division, bicolor division, hingga himalayan division.


Jenis kucing Persia mempunyai beberapa perbedaan pola dan variasi. Masyarakat umum mengenal hewan peliharaan ini, sebagian besar hanya mencirikan pada mantel bulunya yang panjang dan halus. Selain bentuk wajah mereka lucu, terdapat beberapa hal lain membedakan mereka dari kelompok yang sama.

Jenis mereka rata-rata tampil dengan ciri mata membulat besar dengan pupil lebih terbuka melebar. Tanda lain pada bagian mata mereka, selain warnanya cerah, sorot pandangan yang ditunjukkan bersikap waspada dan tajam.

Cara mengetahui warna mata hewan peliharaan ini dapat melihat pada warna mantel bulunya, hewan ini sebagian besar meneruskan warna yang sama sesuai dengan warna mantel bulu.

Kucing Persia dari ciri warna mata

Kredit foto Pxhere

Kucing Persia chinchila dominan terdapat warna mata hijau. Selain itu bisa juga ada pada warna spesifik seperti perak dan keemasan.

Ras dengan warna mata biru, dominan terdapat dari persilangan colorpoint.
Ras dengan warna mata yang berbeda-beda, cenderung ditemukan dari persilangan hewan berbulu putih.

Jenis mata hewan tersebut rata-rata memiliki warna keemasan dan perak jika tidak terdapat seperti spesifikasi diatas.

Ciri-ciri ras asli mempunyai beberapa tanda yang mudah terlihat di bagian tubuhnya. Seperti:
  • bentuk hidung pendek dan pesek dengan tampilan mendongak ke bagian atas
  • jika Anda memperhatikan lebih dekat di area hidung mereka, ada garis yang memperjelas bentuk hidung hingga ke kumis
  • struktur telinga mereka tidak menjuntai namun tidak tegak lurus
  • tampilan rahang dan dagu tampak kokoh dan membesar dengan ukuran leher cenderung pendek
  • ciri ekor mereka lebih pendek dari kucing rata-rata dengan mantel bulu lebih tebal
  • Ekor kucing Persia yang bagus terlihat saat berlipat mengarah kedepan, ujung ekor akan sampai ke tengah perut atau separuh dari ukuran badannya.

Kepribadian Kucing Persia

Kucing Persia dikenal dengan kepribadian pendiam sebagai sosok hewan penangkap tikus. Aktivitas harian mereka yang cenderung pasif akibat tubuhnya yang lebih gemuk, ia memiliki beberapa kendala melakukan keterampilan yang sering kerjakan kucing lain, seperti memanjat dan melompat dari tempat yang cukup tinggi.

Oleh karenanya, hewan peliharaan ini sering mendapat pola makanan yang lebih teratur, agar kondisi berat badan mereka dapat ideal dan terhindar dari jenis penyakit akibat kegemukan.

Pola hidup Kucing Persia

Indonesia mempunyai dua musim sepanjang tahun. Perbedaan musim tersebut bagi kucing Persia memiliki pengaruh pada penampilan dan masa bulu rontok. Bulu kucing yang hidup di kawasan 4 musim, terlihat indah sempurna saat musim semi dan musim dingin. Ke-2 musim tersebut, keadaan mantel bulu satwa dalam kondisi puncak yang prima untuk beradaptasi dengan suhu dingin sekitar lingkungan.

Perubahan pola hidup hewan peliharaan tersebut menjadi sebaliknya dan sebagian mantel bulu mulai rontok di musim panas dan musim gugur.

Kondisi tersebut disikapi peternak dan pemilik saat tinggal di suhu tropis dengan beberapa cara, misalnya menciptakan sirkulasi udara yang baik untuk menurunkan suhu yang panas, sehingga peliharaan mereka selalu nyaman. 

Merawat kucing Persia asli dengan perbedaan musim, sebagian besar bukan masalah yang terlalu serius untuk peliharaan, tidak sedikit pemilik yang menyiapkan pendingin udara seperti AC yang sengaja-gaja dihembuskan untuk tempat favorit mereka sehari-hari.

Pola kehidupan kucing persia memiliki kemiripan seperti kucing lain dalam kebersihan. Ras kucing yang dikenal mandiri dan terbiasa membersihkan tubuh dari kotoran pasca bermain, khusus di luar lingkungan. 

Cara pemilik kucing memperlakukan hewan peliharaan memiliki pengaruh besar pada kenyamanan mereka tinggal di dalam rumah. Kandang kucing yang selalu dibersihkan setiap hari, perlengkapan lain seperti kotak pakan, kotak minuman perlu dipisahkan dari kotak untuk buang kotoran.

Pengaturan lokasi yang berbeda antara tempat bersih dan kotor untuk hewan peliharaan, selain memudahkan proses pembersihan, juga mencegah kemungkinan tercampur.

Pakan yang sudah disiapkan dan tidak habis dimakan pada hari yang sama, disarankan agar dibuang sekaligus mengganti kotak minuman dengan air yang baru, sekitar 2 kali dalam sehari.

Demikian tulisan tentang kucing persia yang bisa penulis bagikan untuk pembaca, semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar