Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 30 Agustus 2020

Kucing Menangis, Kenapa Hewan Mengeluarkan Air Mata?

Faktor yang mempengaruhi hewan mengeluarkan air mata
Ilustrasi foto: Pixabay.com



Ketika hewan peliharaan yang Anda rawat di rumah menunjukan perilaku tidak biasa, sering menjadi pertanyaan untuk pemilik. Misalnya saat melihat muka mereka, Anda yakin kucing menangis sehingga menjadi bingung, kenapa hewan mengeluarkan air mata?

Karakter hewan yang dinilai unik seperti kucing mengeluarkan air mata memang kepribadian yang dianggap langka oleh manusia. Sifat kucing yang dianggap senang mendapat perhatian manusia, sering mengundang rasa haru melihat kucing menangis.

Tahukah Anda, saat kucing mengeluarkan air mata seperti menangis, ternyata tidak selalu diartikan ungkapan emosi sedih atau sakit. Perbedaan manusia mengekspresikan emosinya saat sakit, sedih, senang hingga bahagia, salah satunya bisa menyebabkan muncul air mata seolah menangis.

Hewan Menangis, Kenapa Kucing Mengeluarkan Air Mata?


Beda dengan hewan yang menangis, kucing mengeluarkan air mata bisa karena banyak faktor penyebab utama.

Sementara itu cara kucing dan hewan lainnya menunjukan emosi yang dirasakan saat senang, bahagia, sedih hingga sakit, tidak dengan menangis seperti yang kita kira selama ini.

Rata-rata hewan memberikan ekspresi yang mereka rasakan lewat perilaku yang tidak biasa saat keadaan normal. Misalnya, kucing dan hewan lain menjadi mogok makan, menyendiri hingga bersembunyi di tempat yang sulit ditemukan orang lain.

Selain itu, kita juga tahu bahwa hewan seperti kucing dikenal makhluk yang bisa menahan rasa sakit. Jika mereka merasakan sakit atau tanda lain seperti akan melahirkan, perilaku mereka cenderung mengeong dengan nada yang khas berirama pendek.

Melihat kucing menangis ternyata bukan hanya dilakukan mereka saja. Perilaku hewan mengeluarkan air mata seolah menangis ini bisa juga terjadi pada hewan bertulang belakang.

Beberapa contoh 7 nama hewan bisa muncul air mata yang bisa kita ketahui, diantaranya:
Koala, Kuda, Anjing,  Kucing, Gajah, Kambing, Sapi, hingga Harimau.


Penyebab Hewan Bertulang Belakang seperti Kucing  Mengeluarkan Air Mata



Penyebab kucing menangis
Ilustrasi foto: Pixabay/damita118

Fakta unik yang menjadi penyebab hewan bertulang belakang bisa muncul air mata berasal dari jaringan yang bisa menstimulasi air mata mereka keluar. Keadaan unik ini sering dikenal lakrimasi.

Ketika anjing, kucing, sapi, kambing dan hewan bertulang belakang menangis atau mengeluarkan air mata, menandakan keadaan daerah mata mereka perlu stimulasi berupa cairan karena keadaannya kering. Dengan keluarnya air mata dari kelopak mata berupa air mata itu, maka keadaan mata kering ini dapat dicegah.

Penyebab lain kucing bisa menangis


Selain faktor yang mempengaruhi kucing mengeluarkan air mata karena matanya kering, kondisi khusus bisa juga membuat mereka menjadi menangis. Misalnya saat bagian mata sakit akibat infeksi bakteri, terpapar cairan tertentu atau terluka akibat benturan atau berkelahi dengan hewan lain.

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang keadaannya sehat dimungkinkan muncul air mata jika pengaruh genetik induk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar