Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 23 Agustus 2020

Kepala Ikan, Daging dan Tulang untuk Anjing, Seberapa Aman untuk Peliharaan?

Ada banyak makanan basah yang dipaketkan dalam merk pakan komersial memakai daging hingga sumber laut sejenis ikan dalam satu produk untuk hewan peliharaan. Jika Anda sempat membeli pakan berkualitas tinggi, perhatikan kandungan yang tertera dalam kemasan merk makanan anjing populer tersebut.

Ilustrasi foto: Pixabay



Perbedaan antara produk makanan komersial menggunakan merk tertentu ini dengan makanan buatan sendiri adalah cara pengelolaan yang dilakukan. 

Penulis dunia hewan bukan bermaksud meninggikan merk makanan anjing yang di jual di pet shop dengan makanan basah yang kita buat di rumah. Masing-masing dari pakan berkualitas ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, yang membutuhkan kejelian memilih.

Sebagian dog food untuk hewan peliharaan jenis kering atau basah, tambahan kandungan hewani merupakan hal yang lumrah disertakan dalam kemasan. 

Tujuan pemberian nutrisi berupa sumber bahan hewani, vitamin, gizi, karbohidrat dan zat penting lainnya dalam makanan anjing skala komersial, untuk melengkapi kebutuhan harian mereka.

Ada pertanyaan yang disampaikan pembaca dunia hewan tentang kepala ikan. Menurut pendapat penulis, pertanyaan ini muncul karena pemiliknya bingung dengan kepala ikan bolehkan diberikan kepada anjing mereka?

Untuk menjawab pertanyaan sumber makanan berasal dari laut, khususnya dari ikan. Penulis dunia hewan mencoba menjelaskan dengan rinci beberapa informasi yang mungkin dibutuhkan Anda.


Manfaat Ikan untuk Anjing


Aroma yang timbul dari ikan rata-rata disukai oleh anjing. Konsumsi makanan berasal dari ikan untuk makhluk hidup yang hidup normal, ikan menjadi sumber protein yang memiliki kandungan tinggi karena ada asam lemak omega-3 dan zat penting lain.

Pakar hewan dan dokter hewan menilai manfaat ikan untuk anjing sangat baik bagi kesehatan hewan peliharaan hingga efektif mencegah dan mengurangi peradangan.

Sumber makanan berasal dari ikan bukan hanya memberi manfaat kesehatan untuk anjing, jenis makanan dengan bahan dasar atau campuran ikan, salah satu alternatif lain bagi hewan peliharaan yang bermasalah dengan zat makanan.

Biasanya, ikan menjadi solusi makanan pengganti untuk anjing yang alergi dengan bahan makanan dari daging ayam atau daging sapi.

Setelah kita mengetahui manfaat yang diberikan dari makanan berasal dari ikan, yang menjadi dilema pemilik hewan peliharaan adalah saat membuat sendiri.

Untuk memastikan kesehatan dan keamanan ikan yang di olah menjadi makanan basah untuk anjing, disarankan melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter hewan untuk mencegah kemungkinan ras anjing mempunyai alergi.

Untuk memastikan kondisi hewan peliharaan tidak bermasalah dengan ikan, beri sedikit secara berkala dan memperhatikan kemungkinan hewan bisa menerima ikan tertentu tanpa ada reaksi alergi.


Ikan yang baik sebagai konsumsi anjing


Jenis ikan laut bervariasi dan memiliki banyak pilihan untuk pemilik. Jika kita membandingkan bahan makanan dari merk komersial yang digunakan, rata-rata spesies ikan yang dipakai berumur pendek. 

Jenis ikan yang cenderung cocok dikonsumsi anjing, misalnya salmon, sarden, tuna, makarel, ikan laut putih, ikan danau putih, walleye dan jenis ikan lain.

Sedangkan ikan yang berusia panjang, rata-rata kurang tepat diberikan kepada hewan peliharaan karena kemungkinan mengandung logam berat seperti merkuri.

Usia ikan yang panjang akan mengonsumsi makanan yang didapat mereka di laut dan penumpukan logam berat terus bertambah dalam usus pencernaan.


Resiko yang bisa terjadi pada anjing makan ikan


Anjing yang termasuk normal dan tidak mempunyai alergi pada zat makanan, sebagian besar aman mengonsumsi makanan dari ikan. 

Biasanya, kesalahan yang dilakukan majikan atau anggota keluarga yang lain saat mengelolah ikan, menjadi penyebab gangguan kesehatan pada hewan tersebut.

Misalnya, makanan ikan yang dimasak dengan minyak berlebihan, beresiko membuat gangguan pencernaan dan kesehatan. Selain itu pemakaian bumbu tertentu bisa menjadi racun untuk anjing jika tercampur dengan bawang putih dan bumbu lainnya yang tak ramah untuk hewan.


Tulang ikan untuk anjing


Ilustrasi foto: Pixabay.com


Pernah berpikir memberikan tulang ikan untuk anjing? Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena tulang ikan ukurannya kecil dan bisa berbahaya.

Tulang ikan yang dimakan anjing saat masuk ke mulut, tenggorokan, perut dan usus pencernaan mereka, bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Beberapa masalah yang terjadi pada hewan peliharaan yang makan tulang ikan, selain menyebabkan tersedak di salah satu organ pencernaan, bisa juga membuat lubang di bagian organ dalam atau menimbulkan pendarahan internal.

Jika Anda masih ragu tentang tulang ikan, apakah aman diberikan untuk anjing, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.


Anjing makan kulit ikan

Ilustrasi foto: Pixabay.com


Di pasar tradisional atau modern, biasanya ada bagian dari ikan yang di jual untuk kebutuhan khusus, misalnya kulit ikan sisa dari daging yang di jual tanpa kulit.

Jika Anda berniat memberi anjing dengan makanan campuran dari kulit ikan, sebaiknya tidak dilakukan. 

Kulit ikan dan tulang ikan sama beresiko untuk kesehatan mereka dalam jangka panjang. Kulit ikan ada kemungkinan mengandung bakteri.


Anjing makan kepala ikan

Ilustrasi foto: Pixabay.com


Bagian kepala ikan sering terbuang percuma saat dibeli dalam bentuk utuh. Hal ini menjadi ide untuk pemilik hewan peliharaan menghidangkan makanan untuk hewan mereka dengan kepala ikan.

Anjing rata-rata boleh makan kepala ikan yang sudah dimasak dengan benar. Sedangkan hewan yang sudah terbiasa makan daging ikan, biasanya kesulitan mengonsumsi kepala ikan.

Jika Anda ingin memberi kepala ikan untuk anjing yang terbiasa makan daging ikan, belah dan potong kepala ikan menjadi beberapa bagian kecil.

Untuk memastikan tulang kepala ikan bisa dimakan anjing, Anda perlu tahu jenis ikan yang akan dikonsumsi.

Rata-rata spesies ikan yang umurnya panjang, bagian kepala ikan cenderung bertulang keras sehingga bisa menyebabkan masalah lain.

Sedangkan spesies ikan umur pendek, rata-rata bagian kepala ikan lunak dan mudah dimakan peliharaan.


Anjing makan ikan mentah


Pernah berpikir ingin memberi ikan mentah untuk anjing? Sebaiknya dipikirkan kembali kerugian yang bisa timbul pada hewan peliharaan. 

Ikan yang masih mentah mungkin terlihat segar dan baik, namun faktor resiko dari ikan mentah yang dikonsumsi hewan, dapat menularkan bakteri berbahaya untuk mereka.

Beberapa infeksi dari bakteri berbahaya dari makanan ikan mentah adalah salmonella dan listeria.

Ada baiknya makanan berasal dari ikan dimasak dengan cara di kukus, di bakar, panggang atau direbus. Setelah sudah matang, pisahkan tulang dengan daging ikan agar mudah di makan hewan peliharaan.


Takaran ikan untuk anjing dalam sehari


Memberi makanan dari ikan untuk anjing secara berlebihan akan meningkatkan resiko kegemukan dan obesitas. Selain itu cara mengelola ikan menjadi makanan dengan cara di kukus, di rebus, panggang, bakar dan metode pematangan yang lebih sehat.

Ikan dapat diberikan kepada anjing dalam takaran yang tepat dalam seharinya, yakni tidak melebihi 10 persen dari porsi makanan harian mereka.


Kesimpulan tentang anjing makan ikan


Anjing bisa memakan makanan yang berasal dari ikan, sepanjang telah dimasak sesuai saran dokter hewan atau ahli hewan. Ikan tidak aman dikonsumsi anjing jika masih mentah karena memiliki resiko bakteri.

Selain itu, pemberian ikan perlu dijadwalkan dalam takaran yang tepat agar tidak berlebihan karena kandungan makanan ini mudah membuat anjing kegemukan hingga obesitas.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anjing yang diberikan ikan, disarankan berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat agar memperoleh penjelasan yang lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar