Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 03 Agustus 2020

Kemampuan Tidur dalam Waktu Lama pada Hewan

Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan stamina dan fungsi tubuh lainnya setelah bekerja 1 hari penuh. Cara lain memberi waktu tubuh kembali lebih segar, yakni melakukan istirahat sampai dianggap cukup untuk melanjutkan tugas yang belum dikerjakan. Ada hal unik dari makhluk hidup dalam kemampuan tidur dalam waktu lama dibanding yang lain, sebab utama mereka punya cara tidur lebih lama, rata-rata berkaitan dengan suhu, lingkungan dan akses sumber makanan.

Kemampuan Tidur dalam Waktu Lama pada Hewan

Kemampuan tidur dalam waktu lama pada hewan bisa dilakukan pada situasi khusus. Misalnya kelompok makhluk hidup yang tinggal wilayah musim dingin untuk berlindung dari suhu terlalu dingin, selain akses mendapat mangsa semakin sedikit, faktor suhu dingin menambah spesies mudah mengantuk dan tidur selama musim dingin terjadi.

Contoh dari hewan bisa tidur lebih lama dari keadaan normal, kemampuan tidur yang lama disebut hibernasi. Hewan tersebut seperti serangga, kelompok amfibi, burung, primata, hingga beruang.

Contoh Hewan Melakukan Hibernasi

  1. Chipmunk
  2. Beruang
  3. Kelelawar
  4. Kura-kura
  5. Lebah Bumblebee
  6. Hedgehog
  7. Siput tanah
  8. Fat-Tailed Dwarf Lemurs
  9. Katak kayu Alaska
  10. Burung Common Poorwills
  11. Anjing padang rumput
  12. Bajing tanah
katak kayu Alaska
Ilustrasi gambar katak kayu Alaska(Kredit foto Pixabay)

Hibernasi adalah
suatu proses yang dilakukan makhluk hidup karena pengaruh cuaca dingin atau panas yang panjang untuk menghemat energi dengan proses yang khusus. Misalnya beberapa hewan dengan kemampuan tidur dalam waktu lama, terjadi perlambatan fungsi tubuh yang terjadi pada pernapasan, detak jantung dan organ lain.

Beberapa cara persiapan hewan sebelum hibernasi, rata-rata akan menyimpan cadangan energi berbentuk lemak dalam jumlah besar di tubuh mereka sebelum musim tidur panjang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar