Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 25 Agustus 2020

Jenis dan Ciri Khas Mamalia

Makhluk mamalia atau spesies yang memberikan susu dengan cara menyusui anaknya memiliki ciri khas pada kelenjar susu yang dimiliki induk. Jenis hewan mamalia betina setelah melahirkan anaknya akan menghasilkan sumber makanan berbentuk susu.

Ilustrasi foto: Pixabay.com


Pada umumnya, spesies mamalia yang baru lahir, belum mampu mandiri dan membutuhkan perlindungan induk. Selain memberikan air susu, induk mamalia akan menjaga anak mereka dan mengajari kebiasaan yang diperlukan hingga dapat hidup mandiri setelah umur dewasa.


Ciri khas makhluk mamalia


Makhluk mamalia atau hewan mamalia memiliki ciri khas yang menunjukkan kemampuan berbeda dengan hewan lainnya yang bertelur dan bertelur sekaligus melahirkan.


  • Ciri khas hewan mamalia diantaranya:
  • Dapat bergerak dengan anggota gerak seperti berenang, berjalan dan beberapa dari makhluk mamalia bisa membawa suatu obyek
  • Terdapat kelenjar susu sebagai sumber makanan untuk anak mereka
  • Memiliki bulu atau rambut pada bagian tubuh
  • Terdapat tulang belakang
  • Bernapas dengan paru-paru
  • Memiliki jenis gigi bervariasi, seperti gigi taring, gigi seri hingga gigi gerahang
  • Faktor berkembang biak dilakukan dengan beranak atau melahirkan
  • Janin atau embrio keturunan berada dalam perut induk sampai siap dilahirkan


Selain dari ciri khas mamalia diatas, beberapa dari hewan mamalia ada yang tidak memiliki sebagian ciri tersebut.

Misalnya, spesies mamalia yang tidak menyusui anak mereka karena tubuh induk tidak memiliki puting susu sehingga tidak bisa menghasilkan susu.

Namun mereka disebut hewan mamalia karena adanya ciri khas kelenjar susu yang tidak menghasilkan sumber makanan untuk anaknya.


12 Kelompok dan Jenis Mamalia berdasarkan Ordo


Spesies makhluk mamalia di dunia sangat banyak dan diperkirakan lebih dari 5000 spesies menetap di berbagai benua.

Masing-masing dari ciri khas mamalia tersebut, terbagi menjadi 12 jenis berdasarkan pengelompokan Ordo.


Apa ciri khas mamalia berdasarkan Ordo tersebut?


  1. Ordo Marsupialia
  2. Ordo Insektivora
  3. Ordo Dermoptera
  4. Ordo Chiroptera
  5. Ordo Primata
  6. Ordo Rodentia
  7. Ordo Carnivora
  8. Ordo Laghomorpha
  9. Ordo Cetacea
  10. Ordo Proboscidea
  11. Ordo Perissodactyla
  12. Ordo Artiodactyla


Ordo Marsupialia adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang memiliki ciri khas pada induk mempunyai kantung (marsupium) di bagian perutnya. Fungsi dari kantung yang terdapat pada induk mamalia ini untuk menjaga anak mereka yang baru lahir dan butuh perlindungan. Anak yang belum mandiri ini, diletakkan didalam  kantung dan dibawa berpergian oleh induk.

Contoh pada Ordo Marsupialia adalah kangguru, kuskus hingga koala.

Ordo Insektivora adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia berkembang biak dan bertahan hidup mencari sumber makanan dari serangga. Selain mengonsumsi serangga, Ordo Insektivora bisa juga berkembang biak dan bertahan hidup menggunakan sumber makanan yang berasal dari cacing hingga biji-bijian yang dihasilkan tumbuhan

Ciri khas Ordo Insektivora adalah bagian cakar yang kuat dan bisa mengatup kelopak mata. Beberapa contoh dari spesies mereka misalnya Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp.

Ordo Dermoptera adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia dengan ciri khas parasut berbulu yang terdapat pada kaki mereka. Selain itu ciri-ciri lain membedakan mereka dengan Ordo lain, sebagian besar cara berkembang biak dan bertahan hidup mereka adalah hewan pemakan buah dan tumbuh-tumbuhan. Ordo Dermoptera disebut juga hewan herbivora, beberapa contoh dari mereka terdapat pada Gakopithecus sp.

Ordo Chiroptera adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia dengan ciri khas dengan kemampuan untuk terbang. Selain itu, ciri-ciri lain yang terdapat pada Ordo Chiroptera adalah aktivitas mencari makan dilakukan saat gelap atau disebut hewan hewan nokturnal. Arti dari hewan nokturnal adalah aktivitas yang dilakukan mereka dikerjakan saat gelap atau malam hari dan tidur saat hari sudah terang. Contoh spesies Ordo Chiroptera misalnya kalong, kelelawar dan hewan lainnya.

Ordo Primata adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia dengan ciri khas pada tangan besar yang dilengkapi dengan jari untuk mendukung aktivitas hariannya. Fungsi dari tangan dan jari makhluk ini bisa digunakan memanjat dan mengambil sesuatu yang diinginkan. Contoh jenis Ordo Primata adalah kera, orang utan, monyet, dan sejenisnya.

Ordo Rodentia adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia dengan ciri khas pada mulut mereka tidak terdapat gigi taring. Ciri-ciri lainnya, sebagian besar cara berkembang biak dan bertahan hidup mereka hewan pemakan segalanya, baik berasal dari sumber nabati hingga hewani. Ordo Rodentia termasuk kelompok hewan pengerat yang terdapat pada contoh hewan tikus, tupai dan hewan lainnya.

Ordo Carnivora adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang mencari sumber makanan dari hewani untuk dikonsumsi. Ciri-ciri lainnya terdapat pada spesies Carnivora adalah gigi taring tajam dan memiliki cakar runcing dan tajam. Contoh jenis hewan Carnivora terdapat pada macan, singa dan hewan pemakan daging lainnya.

Ordo Laghomorpha adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang mencari makan dari sumber nabati atau tumbuhan. Contoh yang terdapat pada Ordo Laghomorpha adalah hewan kelinci dan lainnya.

Ordo Cetacea adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang habitat kehidupan berada di perairan luas seperti laut. Contoh spesies hewan Ordo Cetacea diantaranya dolpin laut, paus biru dan hewan mamalia lainnya.

Ordo Proboscidea adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang memiliki ciri khas belalai dan gading. Contoh jenis hewan ini misalnya gajah.

Ordo Perissodactyla adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia dengan ciri khas yang unik di bagian kaki ganjil. Contoh dari hewan Ordo Perissodactyla adalah keledai, kuda dan sejenisnya.

Ordo Artiodactyla adalah spesies yang berasal dari hewan mamalia yang berbeda dengan Ordo Perissodactyla. Ordo Artiodactyla memiliki ciri khas pada bagian kaki genap dan terdapat contoh hewan seperti ini, misalnya kijang, banteng), kambing, jerapah dan hewan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar