Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 08 Agustus 2020

Hari Kucing Sedunia, Cara Manusia Wujudkan Sayang dan Melindungi Hewan Kecil

 Istimewa, itu kata pertama yang terungkap bagi penggemar kucing dan penyayang hewan kecil lain memasuki bulan Agustus setiap tahunnya. Tanggal 8 setiap Agustus dikenal Hari Kucing Sedunia yang dirayakan manusia seluruh dunia dengan kegiatan positif. Penanggalan 8 Agustus 2020 makin berkesan karena berlangsung hari Sabtu, saat pemilik kucing memperoleh banyak waktu.

Sumber Pixabay/No-longer-here


Coba saja Anda lihat rekan kerja, teman se-permainan hingga anggota keluarga yang punya media sosial, jika mereka penyayang kucing kemungkinan status media sosialnya tentang kucing tanggal 8 Agustus nanti.


Ekspresi pemilik dan penggemar kucing menyambut Hari Kucing Sedunia, mungkin berbagi foto dan video tentang hewan berkaki 4 yang dipelihara di rumah. Selain itu, komentar netizen melihat foto dan video kucing dan hewan kecil yang diunggah juga beragam, yang dominan memuji kelucuan tingkah lakunya.


Kapan Hari Kucing Sedunia pertama kali resmi?

Kita sudah tahu setiap 8 Agustus adalah hari spesial bagi pemilik dan penyayang kucing. Namun masih sedikit yang tahu, kapan Hari Kucing Sedunia pertama kali resmi untuk hewan berkaki empat tersebut.


Mengutip wikipedia, Hari istimewa untuk hewan berkaki 4 ini pertama kali dicetuskan oleh Internasional Fund for Animal Welfare (IFAW) yang didukung kelompok masyarakat yang peduli pada hak asasi hewan, 2002 lalu.


IFAW adalah badan amal yang memberi perhatian pada kesehatan hingga kesejahteraan kucing domestik seluruh dunia dan termasuk konverbasi hewan terbesar di dunia.


Tahun 2020, Perayaan dikelola Internasional Cat Day sebagai organisasi nirlaba yang berusaha meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing sejak tahun 1958.


Perayaan Hari Kucing Sedunia setiap tanggal 8 Agustus, beberapa negara punya perayaan serupa yang bersifat Nasional, seperti Rusia punya Hari Kucing Nasional pada 1 Maret, Amerika Serikat punya Hari Kucing Internasional dan Nasional setiap 29 Oktober.


Makna dan Tujuan Hari Kucing Sedunia

Setiap perayaan yang diperingati punya makna dan tujuan yang ingin disampaikan secara luas kepada masyarakat, khususnya yang merawat hewan peliharaan. 


Misalnya pesan khusus menjadi makna dan tujuan Hari Kucing Sedunia, 8 Agustus untuk mendorong masyarakat tentang kesadaran memberi perlindungan dan membantu hewan kecil seperti kucing.


Diperkirakan hewan kecil terlantar di dunia cukup besar mencapai 600 juta hewan.


Bagaimana cara saya merayakan Hari Kucing Sedunia?

Sumber: Kompasiana.com


Ada banyak kegiatan positif yang bisa Anda kerjakan untuk menyambut hari istimewa ini. Sedunia. Misalnya memberi bantuan untuk hewan terlantar dalam wujud nyata seperti adopsi, pekerja sukarelawan, menyumbang kebutuhan untuk kucing ke lembaga sosial yang bekerja melindungi hewan terlantar.


Tempat hewan terlantar di Indonesia mudah ditemukan di Google Search, misalnya Pejaten Shelter tempat penampungan hewan terlantar di Jakarta Selatan, dan lainnya.


Sementara perayaan Hari Kucing Sedunia di kalangan netizen, biasanya mengunggah foto atau video tentang kucing yang dipelihara di media sosial seperti Facebook hingga Twitter. Misalnya di Twitter, Anda melihat banyak tweet meme, video, gambar memakai hashtag #InternasionalCatDay.


Selamat merayakan Hari Kucing Sedunia ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar