Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 09 Agustus 2020

Fungsi Patung Monumen

Patung monumen yang dibuat manusia punya fungsi lebih dan tidak sekedar menambah kecantikan suatu wilayah. Patung sebagai karya seni berbentuk 3 dimensi menggunakan bahan yang bagus agar memiliki daya tahan maksimal dan tak mudah rusak karena alam.

Ilustrasi Monumen Nasional saat malam


Keterampilan manusia membuat patung monumen yang dilakukan secara manual disebut pematung. Jenis bahan patung yang dipakai, sebagian besar menggunakan bahan dari perunggu, batu, marmer, hingga granit. Patung dengan khas monumen bisa juga memakai bahan mahal seperti emas, perak dan bahan lain.


Fungsi Patung Monumen


Pembuatan patung monumen memiliki fungsi sebagai peringatan atau mengenang suatu peristiwa yang pernah berlangsung dimasa sebelumnya. Fungsi patung monumen biasanya berkaitan dengan sejarah atau jasa pahlawan.

Sumber foto: Kumparan.com


Di Indonesia, patung monumen terdapat di beberapa tempat, seperti : Monumen Patung Dirgantara, Patung Selamat Datang, Patung Pembebasan Irian Jaya, Monumen Bambu Runcing Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Monumen Pancasila Sakti, dan Monumen Tugu Pepera Jayapura.


Selain patung dan monumen bersejarah yang disebutkan tadi, masih banyak tempat lain memiliki monumen patung bersejarah.


Demikian tulisan tentang fungsi patung monumen, sehingga kita bisa mengenal sejarah dibuatnya dan lokasi patung dan monumen bersejarah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar