Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 07 Agustus 2020

Fungsi hormon Auksin pada Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan pada tanaman menjadi maksimal saat mendapat perawatan yang baik dari manusia maupun alam. Cara manusia untuk mempercepat tanaman cepat bertumbuh, diantaranya memberikan pupuk yang tepat dan pemeliharaan sesuai saran pakar tanaman. Faktor ini disebut faktor eksternal karena terjadi dari campur tangan manusia. Selain itu, pertumbuhan tanaman bisa menjadi baik saat membawa gen unggulan yang didapat dari induk tanaman.

Kredit foto: Pixabay/iuseupic


Beberapa faktor internal yang memberi pengaruh pada tanaman cepat bertumbuh, diantaranya Gen dan hormon yang terdapat dalam tanaman.


Fungsi hormon Auksin pada Pertumbuhan Tanaman

Hormon yang memiliki peranan pada pertumbuhan tanaman adalah hormon Auksin. Auksin merupakan hormon berbentuk zat yang terdapat pada tumbuhan di beberapa bagian tertentu. Zat ini diketahui ada di ujung batang, akar hingga bagian bunga untuk mengontrol pembesaran sel sekaligus mempercepat produksi sel.


Mengutip situs web academia.edu, ilmuwan yang pertama kali menjelaskan fungsi hormon auksin pada pertumbuhan tanaman adalah Fritz Went, ilmuwan Belanda (1909-19930).


Terungkapnya fungsi hormon auksin pada pertumbuhan tanaman sebagai zat mempercepat pengembangan fauna, terlihat dalam beberapa bagian. Misalnya akar, batang, perkecambahan, pembelahan sel, pematangan buah, dan menurunkan kandungan biji buah.


Fungsi hormon auksin pada pertumbuhan tidak maksimal jika ada bagian yang terkena sinar matahari. Jika tanaman disinari matahari maka menghambat fungsi hormon auksin.


Cara membedakan tanaman memiliki hormon banyak atau sedikit

Kredit foto: Pixabay/klimkin


Jika Anda penasaran pada tanaman tertentu memiliki hormon banyak atau sedikit, cara membedakan hormon dalam tanaman tersebut meletakkan di tempat berlainan. Misalnya 1 tanaman berada di tempat terang yang mudah kena sinar matahari dan 1 tanaman di tempat gelap.


Tanaman yang ditempatkan dalam ruang gelap memiliki kecenderungan menjadi cepat besar dengan beberapa tampilan berbeda dengan tanaman di tempat terang.


Pertumbuhan tanaman di tempat gelap atau kurang cahaya matahari memiliki bentuk batang lebih lemah dan warna pucat kekuningan. Fungsi hormon auksin pada pertumbuhan ini bekerja dengan baik dibanding tanaman yang berada di tempat terang dengan ciri tumbuhnya lebih lambat namun memiliki batang yang kuar dan warna hijau.


Pemanfaatan dari fungsi hormon auksin pada pertumbuhan tanaman pada umumnya dipakai di dunia pertanian, yang memerlukan tingkat percepatan tanaman lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar