Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 05 Agustus 2020

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ayam

Ayam masuk kelompok hewan yang sering dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan sumber hewani yang dihasilkan lewat budidaya peternakan.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam agar berkembang biak seperti yang diharapkan pemiliknya, menjadi sangat penting diketahui karena menjadi satu dari beberapa faktor yang krusial pada keberhasilan panen nantinya.

Berdasarkan fungsinya, budidaya ayam terbagi 3 kelompok, yaitu ayam pedaging, ayam petelur dan ayam hias.

1. Ayam Pedaging
Budidaya ayam pedaging berasal dari bibit unggulan yang diperoleh dengan persilangan induk ayam yang berpotensi meningkatkan produktivitas, khususnya daging.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam pedaging berkualitas unggulan, mulai dari faktor lingkungan yang meliputi sistem perawatan kebersihan, pengaturan suhu, pakan berkualitas baik sampai pencegahan kandang ayam dari bibit penyakit lewat vaksinasi teratur.

2. Ayam Petelur
Budidaya ayam petelur dalam peternakan masyarakat menawarkan fungsi ganda yang tak sekedar menghasilkan sumber hewani daging. Jenis ayam petelur mampu mendulang keuntungan setelah mereka memasuki masa penurunan produktivitas telur menjadi sumber hewani daging ayam.

3. Ayam Hias
Budidaya ayam hias tidak memberi manfaat bagi pemiliknya dalam bentuk telur atau daging. Jenis ayam hias yang dipelihara, sebagian besar untuk hobi, diperjualbelikan maupun ikut kontes ayam hias. Kelebihan yang dimiliki dari ayam hias tersebut, biasanya memberi nuansa yang unik dari bentuknya, suaranya hingga menambah keuangan setelah menang perlombaan kontes ayam.

Bacaan terkait:

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ayam


Cara ayam berkembang biak melalui proses bertelur dan menetas menjadi anak ayam hingga menjadi dewasa, didukung faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan ayam. 

Faktor penentu yang berpengaruh bagi pertumbuhan mereka, dibagi menjadi 2 hal penting

1. Faktor internal

Faktor internal yang menjadi pengaruh dasar dalam masa-masa ayam bisa bertumbuh pesat adalah genetik yang diterima dari induk ayam.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan ayam setelah menetas menjadi ayam adalah kandungan gizi hingga nutrisi yang didapat dari pakan makanan, cara perawatan, sampai pada vaksinasi.

Rangkuman dari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam adalah berasal dari 2 faktor, yakni internal dan eksternal yang saling berkaitan satu sama lain, sampai bisa bermanfaat untuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar