Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 06 Agustus 2020

EZ Link, Singapore Tourist Pas dan STP Charm

Bagi traveller yang ingin jalan jalan di Singapore, untuk memudahkan mobilitas selama di Singapore selain membeli tiket kendaraan umum per trip bisa juga menggunakan EZ Link, Singapore Tourist Pass atau STP Charm, cukup di tap di tempat yang disediakan, mudah n simple kan.

1 kartu berlaku untuk 1 orang dan tinggi badan dibawah 90 cm tidak perlu kartu alias naik bus atawa kereta nya GRATIS TIS TIS TIIISS

Pembelian EZ Link atau STP selain dibeli di Singapore ternyata bisa juga beli di situs online di Indonesia dengan harga tertentu. 

EZ Link, Singapore Tourist Pas  dan STP Charm

EZ Link

Kartu ini berlaku 5 tahun sejak pertama kali dibeli dengan harga SGD 12 (biaya pemakaian SGD 7 + deposit SGD 5 - refundable) jadi traveller yang sering pp ke Singapore bisa mempertimbangkan untuk memiliki kartu ini tetapi perlu di ketahui bahwa ada biaya administrasi SGD 1 / tahun sehingga deposit SGD 5 nya akan hangus.
Dokumen pribadi

Jangan lupa untuk meng TOP UP saldo kartu di mesin yang disediakan sebelum dipakai, nominal top up bisa dipilih SGD 10, SGD 20 atau SGD 50, traveller bisa meng top up saldo lebih banyak dan tidak perlu kawatir karena dana yang tersisa di kartu bisa di refund di tempat pengembalian kartu atau bisa juga dipakai berbelanja di toko tertentu.

Apabila kartu EZ Link eror (seperti yang saya alami), kita cukup meminta bantuan petugas maka kartu EZ Link kita bisa digunakan kembali.

Singapore Tourist Pass

Singapore Tourist Pass ada yang 1, 2 dan 3 hari pass unlimited.

Kegunaan nya semua nya sama saja, bisa dipakai untuk naik Bus, MRT dan LRT unlimited sesuai dengan hari yang dipilih.

Tapi tidak termasuk layanan premium seperti Fast Forward, Express Services, Chinatown Direct,Night Rider dan Night owl .

Tetapi perlu di ingat, kartu ini akan aktif di jam pertama kali kartu tersebut digunakan sampai dengan jam 11.59 malam hari tersebut, Jadi kalo traveller pakai nya jam 10.00 malam bearti masa aktifnya hanya tinggal 2 jam an saja ya...  Jadi kalau sampai Singapore malam hari, sebaiknya pakai mode pembayaran yang lain saja dulu.

Untuk tipe kartu Singapore Tourist Pass yang ada deposit nya, refund deposit harus di guest services yang ada hanya di stasiun tertentu saja dan di bandara Changi pasti ada.
Untuk informasi yang selalu up to date, bisa cek langsung disini
Biaya:

Singapore Tourist Pass termasuk deposit SGD 10 (refundable) 1 day pass SGD 20, 2 day pass SGD 26 dan 3 day pass SGD 30

Traveller bisa memilih durasi kartu ini sesuai dengan kebutuhan dan jenis kartu ini juga bisa mendapatkan diskon di tempat wisata tertentu.

Dokumen pribadi

SG Tourist Pass

Kartu jenis ini tidak ada depositnya dengan harga SGD 25 untuk 3 hari.
Karena tidak ada deposit nya jadi kita bisa menyimpan kartu yang lucu dan imut ini sebagai kenang-kenangan.
Dokumen pribadi

Singapore Tourist Pass Plus

Kartu ini juga tidak ada depositnya dan harganya adalah SGD 38 untuk 3 hari termasuk paket, untuk informasi up to date paket, bisa klik disini 
Jadi walaupun harga nya lebih mahal dibanding dengan STP yang lain tapi bisa jadi lebih murah kalau traveller membutuhkan paket tersebut.

Dokumen pribadi


Inti nya adalah selalu cek dan bandingkan dengan kebutuhan kita ya.

STP Charm

Menurutku ini jenis STP yang paling mahal dibandingkan dengan yang lain. Tidak ada deposit nya tapi harga nya SGD 36.90 dan hanya berlaku 1 hari saja
Dokumen pribadi


Lucu banget kan.... kalau uda selesai dipakai jangan di buang ya, bisa dijadiin gantungan. Anggep aja beli gandulan kunci resmi dari pemerintah Singapore, hehehe

Jadi traveller mau pakai yang mana nih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar