Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 31 Agustus 2020

Contoh Makhluk Hidup yang Mampu Mengubah Energi Cahaya Menjadi Energi Kimia

Ilustrasi foto: Pixabay.com


Cara makhluk hidup berkembang biak dan bertumbuh dipengaruhi faktor lingkungan dan sumber makanan yang diperolehnya. Misalnya pada manusia hingga hewan yang ada di dunia, salah satu cara mereka dapat hidup adalah mengonsumsi makanan menjadi sumber energi untuk tubuhnya.

Sementara itu beberapa dari makhluk hidup lainnya memiliki kemampuan yang berbeda, yakni mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam makanan.

Spesies yang bisa melakukan hal ini tidak terdapat pada manusia, kucing dan tumbuhan tertentu jika tidak memiliki zat klorofil. Fungsi zat klorofil pada tumbuhan dikenal zat daun hijau yang terdiri dari pigmen dan terdapat pada beberapa organisme. 

Jika tumbuhan memiliki zat klorofil ini, mereka bisa melakukan proses fotosintesis dan terdapat pada jenis tumbuhan seperti sayuran hijau.

Pertanyaan terhadap contoh dari makhluk hidup yang mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam makanan, jawaban yang paling tepat adalah rumput.

Jika Anda menjawab A dan B, hal ini kurang tepat  karena manusia dan kucing tidak termasuk spesies tumbuhan. 

Sementara itu cara berkembang biak pada jamur berbeda dengan tumbuhan hijau karena bukan termasuk tumbuhan yang memiliki zat klorofil, sehingga jamur tidak bisa mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam makanan melalui fotosintesis.

Demikian tulisan tentang makhluk hidup yang mampu mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam makanan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar