Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 11 Agustus 2020

Ciri dan Fungsi Alat Pernapasan Hewan

Hewan sebagai makhluk hidup bertumbuh dan berkembang biak dengan cara yang khusus dengan ciri dan fungsi khas. Misalnya hewan serangga belalang dan kupu-kupu, burung, amfibi, ikan, cacing tanah, kalajengking, laba-laba, reptil, hingga mamalia punya ciri dan cara dalam menggunakan fungsi alat pernapasan beradaptasi dalam lingkungan.

Sumber: Pxhere/Moses

Apa saja ciri dan fungsi alat pernapasan tiap hewan?


1. Serangga

Dunia hewan serangga adalah makhluk averterbrata yang bagian tubuhnya dipisahkan dalam 3 bagian, kepala, thorax dan abdomen. Bagian tubuh serangga disebut Toraks terdapat sekitar kepala hingga synthesizer abdomen. Abdomen pada serangga seperti kupu-kupu berada di bagian ekor belakang.

Fungsi alat pernapasan kupu-kupu sebagai serangga dibantu trakea yang ditemukan pada jenis serangga nyamuk, belalang, lalat hingga kupu-kupu. 

Kegunaan alat pernapasan kupu kupu trakea dalam tubuh serangga berbentuk pembuluh bercabang mengarah ke stigma yang ada di kiri dan kanan adalah membantu udara mengalir. 

Metabolisme dari ciri serangga saat bernapas menggunakan oksigen tidak dengan aliran darah. Oksigen tersebut diedarkan secara mekanisme trakea.

Populasi spesies serangga di dunia sangat banyak dan terdapat lebih dari 800.00 spesies. Spesies serangga ini terbagi dalam kelompok puluhan ribu spesies belalang, ratusan ribu spesies kupu-kupu dan ngengat hingga ratusan ribu kumbang, semut dan lainnya.

Ciri-ciri umum hewan serangga, diantaranya:

kemampuan mulut untuk mengunyah, menghisap, makan dan penusuk cairan yang diambil menjadi sumber makanan, fungsi alat pernapasan memakai sistem trakea

2. Burung

Dunia hewan burung adalah makhluk vertebrata yang artinya memiliki tulang belakang dan bersayap. Jumlah kelompok burung di dunia diperkirakan lebih dari 8000 spesies, yang sebagian banyak hidup di Indonesia.

Cara burung bernapas oksigen menggunakan alat pernapasan paru-paru yang disimpan dalam kantong udara berselaput tipis. Oleh karenanya, burung bisa terbang di udara karena lebih ringan saat kantong tersebut menjadi besar.

Fungsi lain dari kantong udara pada burung adalah media penyimpanan udara yang dipakai saat terbang. Kegunaan kantong udara yang dimiliki burung saat terbang adalah mereka tidak bernapas mengambil oksigen lewat bagian hidung. Mereka akan menggunakan udara yang tersimpan.

Jika rute terbang burung belum sampai dan simpanan udara di kantong udara hampir habis, cara burung mengisi kembali oksigen dengan berhenti mengepak sayap sekaligus menghirup udara dari hidung. Biasanya Anda melihat burung terbang tinggi lalu berhenti di satu tempat, kemungkinan mereka sedang mengisi udara ke kantong oksigen sebelum melanjutkan perjalanan, alat pernapasan menggunakan paru-paru

Ciri-ciri umum burung, diantaranya:

punya bulu dan bersayap, memiliki paruh, bertelur, tidak berdaun telinga, kelompok hewan yang mengalirkan darah ke tubuh dalam satu putaran, 2 kali, memiliki indera penglihatan yang baik, cara berkembang biak dengan bertelur.


3. Amfibi

Dunia hewan amfibi adalah hewan vertebrata yang artinya memiliki tulang belakang dan bisa hidup di 2 alam berbeda, air dan darat.

Sebagai makhluk hidup di 2 dunia, hewan amfibi bernapas menggunakan paru-paru dan kulitnya sebagai alat pernapasan. Perbedaan alat pernapasan amfibi dewasa dengan paru-paru dan kulit dibanding sebelum dewasa menggunakan insang.

Ciri-ciri umum hewan amfibi, diantaranya:

bertelur dan mengerami, memiliki tekstur kulit tipis, berpori dan terkadang kulitnya menjadi lendir atau racun, jenis hewan berdarah panas, sebagian besar hewan amfibi berkembang biak dengan cara bertelur. dan kakinya berselaput


4. Ikan

Dunia hewan ikan adalah kelompok vertebrata yang berdarah dingin. Habitat kehidupan ikan banyak terdapat di air dan menggunakan alat pernapasan insang untuk mengambil oksigen.

Ciri-ciri umum ikan, diantaranya:

bernapas dengan insang, bagian kulit sebagian besar bersisik dan berlendir, memiliki kemampuan berkembang biak dengan cara ovovivipar, ovipar atau vivipar. Umumnya cara berkembang biak ikan dengan bertelur dan beberapa jenis ikan bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak.


5. Reptil

Dunia reptil adalah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan sebagian lagi vivipar (melahirkan). Beberapa nama hewan reptilia yang terkenal seperti ular, buaya atau hewan lainnya bergerak dengan cara merayap.

Ciri-ciri umum hewan reptil, diantaranya: 

tidak memiliki kelenjar keringat, bisa mengeluarkan aroma khas sebagai menarik lawan jenis, cara pencernaan makanan tidak dalam mulut, bentuk gigi padat, panjang dan runcing, sebagian besar alat pernapasan reptil menggunakan paru-paru dan sebagian bisa menggunakan kulit mengambil oksigen.


6. Mamalia

Dunia hewan mamalia adalah kelompok hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu untuk diberikan sebagai makanan pada anak mereka. Mamalia masuk berdarah panas seperti kucing, anjing, tikus, kera, gajah, paus, kerbau, sapi dan lainnya.

Ciri-ciri umum hewan mamalia, diantaranya: 

bagian tubuh terdapat rambut atau bulu,tekstur kulit tipis dan penebalan dibagian tertentu, seperti telapak tangan dan telapak kaki, memiliki kelenjar susu berfungsi sebagai makanan pada bayi usia kecil, sistem otot mamalia tersusun oleh otot segmental, memiliki bentuk gigi bervariasi (gigi seri, gigi taring, gigi geraham), alat pernapasan makhluk mamalia menggunakan paru-paru dan cara berkembang biak mamalia melahirkan dan sebagian dapat bertelur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar