Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 28 Agustus 2020

Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android dan Iphone

Aplikasi media sosial seperti Whatsapp termasuk satu dari sekian banyak pilihan yang sering digunakan pemilik smartphone untuk berkomunikasi. Dengan instalasi Whatsapp di ponsel, Anda dengan teman, rekan kerja hingga anggota keluarga mudah untuk berbagi informasi terbaru dengan cepat. Fitur yang keren dalam media sosial sejenis Whatsapp dan lainnya, juga mendukung pengiriman pesan, gambar, video tanpa halangan jarak dan wilayah. Namun kendala saat terhapus secara tidak sengaja, Anda butuh cara yang efektif mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android agar kembali normal seperti semula.

Ilustrasi foto:bangitsolutions.com



Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android dan Iphone


Pengembangan aplikasi seperti Whatsapp begitu menarik banyak minat developer lain untuk menyajikan sesuatu yang lebih praktis dari Whatsapp. Tidak jarang aplikasi-aplikasi bawaan seperti ini saat dipasang di smartphone, ada yang menyebabkan file hingga data Whatsapp yang original terhapus oleh sistem pengembang pihak ketiga.

Jika Anda mengalami hal yang seperti ini, kemudian ini mengembalikan Whatsapp yang pertama kali, maka perlu cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android dan Iphone agar seperti semula.

Penyebab aplikasi dan data Whatsapp ingin dikembalikan


Salah satu penyebab seseorang mencoba aplikasi pihak ketiga terhadap aplikasi utama adalah tawaran yang menarik karena lebih keren karena mudah di setting dan lain sebagainya. 

Sayangnya tidak semua aplikasi pihak ketiga ini bekerja seperti yang dijanjikan karena pengaruh faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya rusaknya file atau kurang benarnya aplikasi sehingga tidak berjalan sesuai kenyataan, selain itu biasanya faktor yang mempengaruhi beralihnya aplikasi Whatsapp ke semula, bisa juga karena virus ponsel, spam atau sudah lama tidak di update versi terbaru lagi.

Faktor eksternal saat pengguna aplikasi sering uninstall aplikasi tersebut, bisa karena banyaknya aplikasi sejenis yang terpasang. Hal ini akan memboroskan memory dan media penyimpanan. Selain itu seseorang bisa ingin mengembalikan file Whatsapp yang terhapus ke semula karena merasa lebih cocok dengan versi dasar.

Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android 


Cara mengembalikan aplikasi Whatsapp  yang terhapus di Android, biasanya bisa dilakukan dengan cara menarik data yang sempat terbak-up secara otomatis. Oleh karena itu, jika data Whatsapp dalam smartphone sangat penting, ada baiknya di seting dengan back-up secara berkala.

Nah, cara mengembalikan data dan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Android, pilih menu chat, cari option back-up dan restore.

  • Back-up untuk mencadangkan data yang ada saat ini
  • Restore untuk memgembalikan data yang ingin digunakan.

Selain menggunakan menu yang tersedia dalam fitur Whatsapp, cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus bisa juga dengan cara lain, yakni uninstall aplikasi Whatsapp dan sebelum melakukan cara ini, backup data ponsel untuk mencegah kemungkinan hilang.

Setelah back-up sudah dilakukan, barulah uninstall aplikasi Whatsapp

Setelah uninstall sudah selesai, install ulang Whatsapp dari situs web terpercaya seperti Google Play Store

Saat instalasi program aplikasi Whatsapp yang baru selesai, layar akan muncul verifikasi dengan nomor ponsel sebelumnya.

Masukkan nomor dan kode yang dikirim ke dalam kotak verifikasi, maka data aplikasi Whatsapp akan pulih sesuai backup yang terakhir.

Cara Mengembalikan data dan aplikasi Whatsapp yang terhapus di Iphone


Untuk memgembalikan data dan aplikasi Whatsapp yang diinginkan Anda, periksa data back-up terakhir yang pernah di simpan dalam HP. Untuk antisipasi kemungkinan data hilang, back-up data terbaru dan terakhir ke tempat lain, selanjutnya proses pemulihan fitur yang hilang dalam Whatsapp dilakukan persis seperti cara Android.

Cara ketiga mengembalikan aplikasi Whatsapp dengan Google Drive

Cara ke-3 untuk memulihkan data dan aplikasi Whatsapp adalah dengan Google Drive. Namun cara ini hanya bisa Anda gunakan jika pernah melakukan back-up data di Google Drive.

Untuk menggunakan cara mengembalikan aplikasi Whatsapp yang terhapus di ponsel, pilih akun yang sama untuk memulihkan data yang pernah di backup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar