Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 28 Agustus 2020

Cara Mengembalikan Aplikasi Android saat Terhapus

Kebutuhan smartphone dengan fitur aplikasi mumpuni telah menjadi hal penting disetiap ponsel dalam mendukung efisiensi dan kecepatan waktu. Ketika Anda mendownload aplikasi dan tanpa sengaja terhapus, ada beberapa cara mengembalikan aplikasi Android saat terhapus bisa ada kembali di hp.

Ilustrasi foto: piqsels/public-domain


Penyebab Aplikasi Android Terhapus di Smartphone


Aplikasi yang tersedia di situs web terpercaya seperti dalam Google PlayStore hampir memiliki fitur dan fungsi hampir mirip untuk kategori tertentu. Tak jarang, seseorang yang baru pertama kali mengunduh aplikasi sebagai percobaan, terkadang di uninstall karena alasan ingin mencoba aplikasi yang lain.

Penyebab aplikasi Android sering terhapus, biasanya kendala media penyimpanan yang sedikit atau banyaknya aplikasi yang sudah di download dalam smartphone. Padahal jika dilihat secara umum, rata-rata memiliki fungsi dan fitur yang mirip-mirip setiap kategorinya.

Cara mengembalikan aplikasi Android bawaan HP


Cara mengembalikan aplikasi Android dengan internet


Ponsel yang baru pertama kali akan digunakan, sebagian akan diisi aplikasi standar yang dibutuhkan menjalan sistem dan fitur kelengkapan lain sebelum digunakan. Dengan fungsi dasar aplikasi sistem inilah, kecanggihan sebuah ponsel akan terlihat mendukung hardware yang terpasang didalamnya.

Rata-rata aplikasi bawaan untuk ponsel yang sudah di install terlebih dulu, akan terdapat icon di layar smartphone atau tersembunyi di tampilan layar.

Aplikasi yang terintal di layar ponsel ini berfungsi mempermudah pengguna untuk memilih program yang akan dijalankan sehingga tak perlu mencari di folder HP.

Aplikasi yang sudah terpasang di layar ponsel, mempercepat eksekusi program hanya dengan tap dengan sentuhan tangan.

Jika aplikasi bawaan smartphone ini terhapus secara tidak sengaja, Anda bisa menggunakan cara mengembalikan aplikasi Android saat terhapus di Google PlayStore yang tersedia.

Pilih option "riwayat instalasi yang sudah terintall" setelah sudah login ke Google Pla Store. Option untuk melihat riwayat instalan aplikasi yang pernah digunakan, ada dibagian pojok kiri bagian atas yang menggunakan icon garis tiga. Pilih cara mengembalikan aplikasi Android yang terhapus secara tidak sengaja dibagian "My Apps & Games", tap "Library", maka layar akan memunculkan semua aplikasi yang pernah terpasang di ponsel.

Setelah menemukan aplikasi Android yang terhapus, tap tulisan "Intall" yang terdapat di pilihan.

Cara mengembalikan aplikasi Android tanpa internet


Saat Anda tidak terhubung dengan jaringan internet berbasis data, jangan khawatir karena cara mengembalikan aplikasi Android yang terhapus di smartphone masih bisa dilakukan.

Buka pilihan yang tersedia di ponsel Anda untuk menu backup & restore, dan pilih restore untuk memunculkan kembali aplikasi tersebut. 

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di ponsel Android seperti ini, lebih mudah dan praktis karena tidak memerlukan internet. Namun ada juga kekurangannya, yakni jika Anda tidak rajin melakukan backup terbaru, kemungkinan restore mengembalikan aplikasi berdasarkan yang pernah tersimpan dalam HP.

Smartphone terbaru 2020 rata-rata memiliki setting auto backup sebagai setelan yang bisa dipilih pemilik smartphone.

Jika menggunakan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dari ponsel seperti ini, setelah Anda menekan restore, system akan berjalan otomatis memulai instalasi awal yang terekam dalam versi terakhir atau sesuai pilihan yang Anda pilih, jika ada.

Catatan yang perlu Anda ketahui dengan mengembalikan aplikasi yang terhapus dalam ponsel Android, ada kemungkinan data bisa hilang. Seperti kontak, game, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan fungsi restore menggunakan internet maupun tanpa internet, sebaiknya memback-up data penting untuk antisipasi kemungkinan hilang.

Cara menggunakan backup&restore di HP untuk aplikasi Android yang hilang

  • Masuk ke dalam pilihan menu App Backup& Restore
  • Tap Backup untuk mencadangkan aplikasi atau data penting, atau tap restore untuk memulihkan aplikasi atau data penting yang terhapus.

Jika sudah yakin dengan pilihan yang Anda pilih, tekan start.

Biasanya sebelum sistem melakukan instalasi ulang, layar akan memunculkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah back-up aplikasi dan data penting yang ada dan diperiksa memiliki isi, bisa melanjutkan dengan tap "setuju".

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Jika masih ragu melakukan secara mandiri mengembalikan aplikasi yang terhapus di ponsel, Anda bisa minta bantuan orang lain yang lebih paham agar tidak menjadi masalah baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar