Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 24 Agustus 2020

Cara Ikan Nila Berkembang Biak

Nama ikan Nila pertama kali dikenal pada sebuah penelitian Balai Penelitian Perikanan Air Tawar di Bogor yang masuk dari Taiwan, 1969. Tahun 1972, ikan yang diperoleh dari Taiwan ini diberi nama Nila sesuai spesies dalam kelompok ikan melalui Ketetapan Direktur Jenderal Perikanan. Nama asal ikan Nila dari Nilotica yang menyebutkan tentang asal mereka dari sungai.

Ilustrasi foto: Pixabay/sarangib


Diperkirakan asal mula ikan Nila dari sungai Nil yang bermigrasi dan menyebar ke benua lain, seperti Afrika, Eropa, Australia hingga Asia.


Cara Ikan Nila Berkembang Biak


Ciri-ciri ikan nila agak unik dibandingkan dengan ikan yang masyarakat awam kenali. Tubuh nila yang agak memanjang pipih di bagian samping, juga tanda lain dengan warnanya putih bercampur hitam.

Cara ikan nila berkembang biak dimulai dari masa kelahiran anak ikan nila kurang dari 4 bulan. Sekitar 4 bulan lebih, ikan nila disebut ikan dewasa dan bisa berumur hingga 2 tahunan. 

Cara berkembang biak ikan nila usia dewasa dengan berat sekitar 800 gram mampu mengeluarkan telur sebanyak 1.500 larva. Hal ini terus dilakukan 6-7 kali setiap tahun.

Karakter ikan nila termasuk hewan yang makan segala hal, baik tumbuhan hingga daging sehingga disebut Omnivora. Rata-rata nila bisa bertahan hidup dari sumber makanan yang berasal dari hewani atau nabati, berupa plankton dan lumut di sekitaran kolam atau sungai.


Manfaat ikan nila untuk protein


Cara ikan nila berkembang biak sangat pesat karena kemampuan adaptasi mereka bertahan hidup dari sumber makanan yang didapat mudah didapatkan. Kebiasaan mereka bisa hidup dari memakan plankton hingga lumut menjadikan mereka berguna untuk mengendalikan gulma di permukaan air.

Masyarakat yang membudidayakan spesies ini cukup banyak karena cara ikan Nila berkembang biak dan memelihara mereka sangat mudah. Setelah mencapai umur dewasa, nila siap dipanen untuk konsumsi dalam bentuk menu makan.

Mengonsumsi ikan nila menjadi sumber protein hewani dilakukan masyarakat karena harga di pasar tradisional dan modern terbilang cukup murah. 

Selain itu, manfaat dari ikan nila untuk kesehatan menyediakan protein yang tinggi asam lemak omega-6.

Pantangan makan ikan nila karena kandungan asam lemak omega-3 yang sedikit, biasanya untuk penderita penyakit yang berhubungan pada peredaran darah.


Demikian tulisan tentang cara ikan Nila berkembang biak, semoga bisa memberi manfaat untuk pengetahuan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar