Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 16 Agustus 2020

Cara Hidup Sehat dari Kebiasaan Kentut yang Normal

Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)


Perubahan pola makan dan lingkungan seperti sekarang mulai menggeser cara hidup sehat manusia. Selain itu, kebiasaan yang sebenarnya normal dan baik justru dikurangi karena alasan khusus. Misalnya buang angin atau kentut adalah hal yang terjadi pada makhluk hidup. 

Mengutip hellosehat.com menjelaskan, kentut atau buang angin yang keluar dari tubuh manusia pengaruh dari otot dalam usus mendorong gas yang ada dalam sistem pencernaan.

Tekanan gas yang sedemikian kuat yang terdapat dalam saluran pencernaan dari akumulasi penumpukan gas, saat semakin banyak akibat pengolahan makanan oleh bakteri terbuang secara alami.


Cara Hidup Sehat dari Kebiasaan Kentut


Kebiasaan kentut atau buang angin pada manusia diperkirakan bisa 15 kali dalam 1 hari jika makanan yang dikonsumsi dan pola hidup berlebihan.

Cara hidup sehat kebiasaan kentut ini, bisa terjadi dan dipengaruhi faktor berikut:


Pola makan


Pola makan manusia yang memiliki tujuan hidup sehat bisa memicu terjadinya kentut. Misalnya jadwal makan yang berubah dengan jenis makanan seimbang menurunkan berat badan, pilihan menu diet cenderung digunakan.

Awal dari pola makan yang seperti inilah, biasanya metabolisme tubuh akan terganggu dengan tanda yang terjadi, seperti sakit perut, diare, dan kentut akibat penyesuaian tubuh dengan cara hidup sehat yang sedang terjadi.


Bacaan lain:


Sumber dari makanan dan minum


Selain faktor cara hidup sehat lewat makanan diet di awal melaksanakan bisa menyebabkan kentut, pengaruh lain adalah sumber makanan dan minuman yang dimakan. Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menimbulkan gas lebih banyak dalam tubuh, seperti: kacang-kacangan mengandung serat tinggi, minuman mengandung karbonasi, brokoli, kangkung, kol, susu dan produk olahan sejenisnya.


Penyakit Sembelit


Penyakit Sembelit dikenal konstipasi yang terjadi pada makhluk hidup di bagian sistem pencernaan. Rata-rata kotoran yang terdapat dalam tubuh mengalami pengerasan secara berlebihan sehingga sulit dikeluarkan di pembuangan akhir.

Untuk menjaga cara hidup sehat dan menghindari penyakit sembelit tidak terjadi, manusia perlu olahraga, menghindari obat yang mengandung antasida kalsium tinggi dan obat pereda nyeri.

Selain itu, sembelit bisa terjadi akibat pola hidup manusia tidak sehat karena sering stres. Stres pada manusia dalam jangka panjang mempengaruhi cara kerja kontraksi otot besar.


Penyakit terkait sistem pencernaan


Selain penyakit pemicu utama menyebabkan seseorang menjadi sering kentut, jenis penyakit lain dapat memicu kentut semakin sering terjadi. Misalnya diabetes, gangguan organ lambung, radang usus, dan lainnya.

Kebiasaan kentut yang dilakukan manusia dan makhluk hidup lain adalah cara hidup sehat membuang gas yang terdapat dalam tubuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar