Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 09 Agustus 2020

Cara Bawang Merah Berkembang Biak sebagai Tumbuhan Umbi

Bawang merah memiliki cara alami berkembang biak menjadi banyak dalam kelompok tanaman umbi-umbian. Faktor yang mempengaruhi jenis umbi-umbian tumbuh dan berkembang, melalui cara alami yang didukung alam dan secara buatan manusia yang dikenal budidaya tanaman dan tumbuhan.

Contoh warna bibit bawang merah yang bagus untuk berkembang biak (Pixabay/klimkin)


Metode cara bawang berkembang biak dikenal dengan sebutan vegetatif dan generatif.


Dunia tumbuhan membagi dua jenis vegetatif dalam perkembangbiakan, yakni alami dan buatan. Vegetatif alami adalah reproduksi terjadi tanpa campur tangan pihak lain, biasanya dilakukan oleh manusia.


Beberapa nama tumbuhan yang berkembang biak secara alami dan buatan, misalnya umbi batang, umbi lapis, umbi akar, rimpang, dan lainnya.


Sedangkan cara bawang merah berkembang biak vegetatif buatan yang dilakukan manusia pada tumbuhan, memiliki banyak variasi dan metode disesuaikan dengan tumbuhan yang diproduksi.


Jenis vegetatif yang terkenal misalnya: penyetekan, perundukan, pencangkokan, dan penyambungan.


Sedangkan cara bawang merah berkembang biak generatif adalah cara berkembang biak tumbuhan lewat persilangan dan pembuahan. Ciri-ciri metode generatif dalam tanaman dan tumbuhan adalah adanya pembuahan yang menghasilkan organisme baru.


Cara manusia melakukan budidaya bawang merah agar berkembang biak


Memilih bibit unggulan yang memiliki kualitas baik, seperti warna bawang merah mengkilap dan tidak cacat. Bobot berat bibit bawang merah yang baik rata-rata 3-4 gram.


Setelah menjalani proses perendaman menggunakan cairan yang diijinkan instansi terkait, bibit bawang merah ditanam dalam tanah dengan kedalaman sekitar 30 cm. Selama perawatan dan pencegahan hama pada bawang merah yang ditanam, tanaman bawang siap dipanen sekitar hari ke-70 hingga 80 dihitung masa tanam.


Jawaban cara bawang merah berkembang biak adalah dengan 2 metode, yakni vegetatif dan generatif dengan penjelasan seperti yang disebutkan diatas.


Demikian tulisan tentang cara bawang merah berkembang biak sebagai Tumbuhan Umbi, semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar