Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 14 Agustus 2020

Bahan Kerajinan Anyaman dari Eceng Gondok

Apa Eceng gondok?

Ilustrasi: eceng gondok menutupi permukaan sungai (sidoarjonews.id)

Eceng gondok termasuk tumbuhan air yang cepat bertumbuh menjadi banyak dalam waktu singkat dibanding tumbuhan air lainnya. Eceng gondok akhirnya menjadi gulma karena cara berkembang biak mereka yang hidup mengapung di air menutupi seluruh area permukaan air.

Dampak negatif akibat pertumbuhan eceng gondok yang sedemikian cepat berkembang biak di area air, maka cahaya yang masuk ke dalam sungai tempat eceng gondok tumbuh menjadi berkurang hingga tertutup sama sekali.

Akibatnya, jenis hewan lainnya seperti ikan dan tumbuhan lain akan kekurangan oksigen.

Selain pengaruh negatif yang timbul dari eceng gondok terhadap hewan air dan tumbuhan lainnya, sungai dan perairan yang ada eceng gondok, rata-rata menganggu lalu lintas transportasi air.


Bahan Kerajinan Anyaman dari Eceng Gondok

Upaya manusia menjaga habitat lingkungan hidup di perairan yang terdapat pertumbuhan eceng gondok, di lakukan dengan berbagai cara. Misalnya, pemanfaatan bagian eceng gondok yang digunakan untuk bahan kerajinan anyaman.

Jenis dan contoh kerajinan anyam berasal dari eceng gondok, diantaranya: kursi anyaman, alas kaki, tempat bunga, tas, tempat tisu, meja, kipas, sepatu dan beragam bentuk kerajinan tangan lain berbentuk anyaman eceng gondok.

Tahukah Anda, bagian eceng gondok yang digunakan untuk bahan kerajinan anyaman adalah batang eceng gondok. Bagian lainnya seperti daun tidak dipakai sehingga dibuang.

(Sumber:pengawetkayu.com)

(Sumber:kerajinanambarawa.com)

(Sumber:literasidesa.com)


(Sumber:kerajinanambarawa.com)


Teknik memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan kerajinan anyaman

  • potong bagian daun dengan batang eceng gondok ukuran sekitar tinggi 30 sentimeter atau yang memiliki ukuran besar dan umur tua
  • untuk menghilangkan cairan yang terdapat dalam batang, eceng gondok dijemur supaya kering agar saat dipakai mudah dibentuk
  • proses pengeringan batang eceng gondok sekitar 3-7 hari dan dibalik agar kering semua sisi


Dengan demikian, pemanfaatan bagian eceng gondok yang digunakan untuk bahan kerajinan anyaman adalah batangnya yang menjadi karya seni berbentuk kerajinan anyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar