Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 21 Agustus 2020

Arti, Ciri, Faktor dan Sikap Wirausahawan

Pernah mendengar kata wirausahawan? Penyebutan wirausahawan punya definisi dan arti yang bisa berbeda-beda menurut ahli ekonomi. Secara umum, wirausahawan adalah individu yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dari orang lain untuk memahami, memprediksi, menyusun hingga menjalankan cara yang baru.

Ilustrasi foto: Pixabay/geralt


Makna yang lebih luas lagi dari wirausahawan ini, mereka dapat mengatur dan mengelola informasi yang ada menjadi suatu kreativitas dan membuka peluang usaha baru di bidang dunia bisnis dan ekonomi.

Oleh karena itulah, penyebutan wirausahawan pada seseorang akan mencakup banyak arti, mulai sebagai inovator yang kreatif berpikir sampai kepada karakternya yang berjiwa berani mengambil keputusan.

Keputusan yang ada dalam dunia bisnis maupun ekonomi untuk wirausahawan cenderung beresiko salah sehingga tidak berjalan dengan perkiraan. Sehingga naluri dan cara berpikirnya tidak boleh lambat dan malas. 

Setelah kita mengetahui arti wirausahawan secara garis besar dan dikenal masyarakat awam. Ciri-ciri dan sifat kewirausahawan dalam seseorang akan terlihat dari berapa banyak karakter yang dimiliki. Sedikitnya ada 7 ciri-ciri yang perlu Anda ketahui.


7 ciri-ciri dasar Wirausahawan

  1. Percaya diri
  2. Berorientasi tugas dan hasil
  3. Berani mengambil resiko
  4. Punya sifat kepemimpinan
  5. Memiliki kreatif keorisinilan
  6. Mampu melihat sesuatu ke masa depan
  7. Rajin dan jujur


3 Faktor pendukung untuk wirausahawan berhasil 


Setelah kita mengenal 7 ciri-ciri yang diperlukan dalam karakter sosok wirausahawan untuk tingkat keberhasilan yang tinggi. Faktor pendukung lainnya juga penting mempengaruhi keberhasilan dalam dunia bisnis dan ekonomi tersebut.

Sekurang-kurangnya ada 3 faktor pendukung keberhasilan pelaku wirausahawan, yakni memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi, semangat dan kerja keras, dan bisa melihat peluang baru sebagai kesempatan untuk menciptakan kreasi original dengan kombinasi yang ada.


Sikap yang dibutuhkan dalam wirausahawan


  • Memiliki keyakinan dalam menilai kemampuan diri sendiri
  • Siap menghadapi resiko dan tantangan yang bisa terjadi 
  • Selalu memiliki penilaian dan cara berpikir percaya diri
  • Bertanggung jawab dan berusaha objektif
  • Memiliki karakter yang mengutamakan pekerjaan dibanding kepentingan pribadi
  • Melihat tantangan yang akan datang sebagai batu loncatan bisnis
  • Memiliki sikap kepemimpinan yang cerdas, dewasa, konsisten untuk memotivasi diri sendiri dan lingkungan kerja.


Oleh karena itulah, sikap wirausahawan harus mempunyai rasa ingin tahu terhadap sesuatu hal baru untuk senang bertanya agar bisa memahami perkembangan terbaru.

Meski demikian, ciri-ciri orang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-rubah akibat pengaruh dan faktor lain, karena mereka harus memiliki sikap konsisten dalam efisien waktu, modal dan tenaga.

Contoh dari sikap wirausahawan yang terdapat dalam siswa sedang belajar di sekolah, dapat dinilai dari karakternya yang berorientasi untuk maju dan lebih baik.

Ketika siswa masuk dalam dunia kerja dan bisnis, maka manfaat yang diperoleh sebagai wirausahawan baru nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru.

                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar