Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 24 Agustus 2020

Apa itu Volunteer?

Kata Volunteer mungkin masih asing di telinga kita dan sebagian mencari tahu apa itu Volunteer? Definisi untuk Volunteer ataupun Volunteering bisa berbeda-beda di tiap negara. Namun ada kemiripan yang mengerucut untuk definisi Volunteer itu sendiri.

Volunteer adalah sukarelawan untuk membantu meringankan masalah masyarakat
Ilustrasi foto: habitatsoco.org


Volunteer sering dikaitkan dengan sukarelawan secara individu, kelompok hingga organisasi untuk melakukan suatu kegiatan kepada masyarakat.

Biasanya Volunteer ini mengacu pada kerelaan mengorbankan sesuatu hal untuk memberi solusi kepada masyarakat, meski jangka pendek.

Kegiatan para sukarelawan menjadi Volunteer, selain untuk motivasi secara luas kepada orang lain, hal lainnya adalah mendapat kepuasan batin karena menjadi bagian untuk membantu masyarakat.


Apa saja kegiatan Volunteer?


Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan para  sukarelawan memberi manfaat kepada masyarakat luas. Misalnya dalam situasi pandemi, ada banyak siswa yang belajar di rumah secara mandiri.

Kegiatan belajar mengajar yang terjadi dalam rumah ini, selain dimaksudkan mencegah penyebaran virus corona dalam masyarakat usia muda, juga sesuai anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

Biasanya beberapa dari siswa tertentu, ada yang kesulitan belajar dari rumah karena faktor penyebab lain. Misalnya tidak memiliki akses data internet, tidak memiliki smartphone atau alat pendukung untuk belajar mandiri, hingga tidak bisa mengerti materi pembelajaran yang didapat dari media sosial, dan lain sebagainya.

Pemerintah terus berusaha memberi yang terbaik pada masyarakat selama pandemi covid-19. Mulai dari bantuan tunai untuk individu yang memenuhi syarat hingga kemudahan dan percepatan layanan kesehatan.

Di luar dari masyarakat yang tidak terjangkau inilah, Volunteer memiliki peranan membantu masyarakat yang kesulitan pada suatu hal.

Para sukarelawan dapat berfungsi meringankan dengan bentuk sumbangan tenaga, uang, barang, keahlian tertentu, waktu dan hal lainnya sebagai kepedulian secara kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar