Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 08 Agustus 2020

Anjing Pomeranian

Profil Poms 

  • Berat badan jantan dan betina rata-rata: 1,3kg-3,2kg
  • Tinggi badan jantan rata-rata: 28cm
  • Tinggi badan betina rata-rata: 25,5cm
  • Ciri-ciri: mantel bulu ganda tebal lurus, telinga tegak, sifat lincah pemberani, protektif, loyal, suka menggongong, mudah beradaptasi, cara perawatan sedang
  • Gangguan kesehatan umum: lutut, mata, hipoglikemia, trakea
  • Umur harapan hidup 12-16 tahun
  • Klasifikasi AKC: toy
  • Klasifikasi UKC: anjing pendamping

Kredit foto: Facebook/Smile


Karakter Anjing Pomeranian

Hewan yang terkenal setia dengan majikannya ini punya karakter yang menjadi ciri khas sebagai anjing kecil. Poms masuk dalam kelompok hewan cerdas yang senang bermain bersama anggota keluarga. Ia perlu banyak hal yang melibatkan kegiatan aktif yang membuatnya selalu sibuk.

Karakter anjing Pomeranian yang menonjol adalah kemandirian dan mampu hidup dengan ras anjing lain. Pemilik yang memelihara ras Poms, perlu menyediakan waktu untuk mereka bersosialisasi dan mendapat latihan kepatuhan dasar. Beberapa perubahan lingkungan dan sesuatu yang asing bagi mereka, membuatnya mudah menggongong untuk mempertahankan wilayah kekuasaan. Kedatangan orang asing yang melewati depan rumah dapat memancingnya menggongong sebagai peringatan dan pemberitahuan untuk Anda.

Sebagai hewan cerdas, karakter anjing Pomeranian memiliki rasa ingin tahu pada hal baru. Misalnya, ia suka dengan suasana luar rumah atau sekedar melihat keadaan luar dari balik jendela.

Karenanya, Poms perlu waktu untuk berinteraksi dan membawanya berjalan di tempat yang menyediakan fasilitas untuk anjing.


Harga Anjing Pomeranian

Harga Poms berkisar $500-$1.500 dengan kisaran standar $900. Nilai Pom akan meningkat jadi lebih mahal, jika membawa genetik unggulan dan silsilah induk sebelumnya juara kompetisi dalam lomba hewan. Perkiraan harga mereka, minimal $3.000-$10.000 tergantung peternak.

Bacaan terkait:

Perawatan Anjing Pomeranian

Perawatan Poms termasuk kategori sedang yang biasanya fokus pada kebersihan tubuh, bulu dan kesehatan secara umum. Cara merawat Poms akan menjadi mudah jika sudah terlatih latihan kepatuhan dan cukup waktu bersosialisasi.

Jenis perawatan yang biasa dilakukan untuk mereka, seperti:

  • membersihkan area muka hingga mata dari kotoran minimal 1 kali sehari
  • menggosok gigi setiap hari
  • membersihkan bulu mereka jika kotor
  • menyisir bulu 2-3 kali sehari dan bulu yang sangat tebal perlu disisir minimal 1 kali dalam sehari
  • memberi paw wax minimal 1 kali setiap 1 minggu
  • satu kali mandi setiap 3 minggu
  • memeriksa kebersihan telinga minimal 6 minggu sekali
  • memotong kuku yang panjang minimal 1 kali dalam 6 minggu


Memilih sampo untuk Pomeranian

Peranan sampo dalam dunia anjing Pom sangat sulit dipisahkan karena mereka termasuk hewan dengan mantel bulu panjang, lebat dan halus. Jika Anda sembarangan menggunakan sampo untuk Poms, bisa mempengaruhi kecerahan alami bulu dan mungkin menjadi masalah di bagian kulit.

Saya tak perlu menyebutkan nama sampo terbaik untuk anjing, namun Anda bisa menemukan di pet shop sampai toko online yang menjual kebutuhan khusus untuk hewan peliharaan.

Hal yang mendasar sebelum memilih dan membeli sampo anjing Pomeranian, fokuskan pada beberapa kriteria ini.


Bahan sampo menggunakan produk ramah hewan

Anjing Poms punya kulit yang sensitif dan mungkin alergi zat tertentu dibanding hewan domestik. Oleh karena itulah, bahan dasar yang diformulasikan dalam sampo menjadi vital untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu. Contoh bahan sampo yang baik untuk anjing, misalnya kandungan vitamin E yang disertakan untuk melembabkan kulit, sekaligus memperkuat akar folikel rambut. Zat penting lain dalam sampo adalah lidah buaya yang berfungsi mencegah iritasi kulitnya.

Dari 2 contoh bahan dasar ini, masih banyak nutrisi, gizi hingga vitamin yang diperlukan, sesuai kebutuhan hewan.

Jenis sampo untuk hewan tidak selalu sama untuk ras sejenis. Misalnya sampo untuk penyakit kulit dan mengobati iritasi, biasanya di formulasi khusus menggunakan bahan minyak teh, protein dan lidah buaya.

Untuk mendapat sampo yang paling cocok untuk peliharaan Anda, konsultasikan dengan klinik hewan atau rumah sakit hewan.

Cara memandikan anjing Poms

Anjing Pomeranian punya badan kecil dari anjing lain sehingga lebih mudah mengatur mereka untuk mandi. Tantangan memandikan mereka adalah cara memandikan perlu benar karena mantel bulu mereka istimewa dapat menjadi anti air.

Kesalahan umum yang dilakukan pemilik waktu memandikan mereka, biasanya mantel bulunya jarang tersentuh sampo hingga ke akar rambut. 

Untuk melakukan proses kebersihan ini, coba dengan tips berikut:

  • -basahi dengan benar bagian bulu sebelum menggunakan sampo. Pemakaian sampo yang tergesa-gesa di bulu kering, selain tidak bermanfaat maksimal, juga beresiko menyulitkan dibilas. 
  • -kondisioner khusus anjing bisa dipakai jika bermaksud mencegah kulit kering dan gunakan sewajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar