Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 06 Agustus 2020

7 Penyebab Terjadinya Kelangkaan Hewan

 Bumi sebagai tempat tinggal dari berbagai makhluk hidup mengalami beberapa perubahan yang tak bisa dihindari. Misalnya pada era sebelumnya, manusia bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari didukung sarana dan prasarana yang terbilang sederhana. Penemuan alat dalam mendukung kemudahan dan efisien yang terjadi beberapa dekade belakangan ini, menciptakan perkembangan era baru, khususnya dalam dunia industri, rumah tangga dan kesehatan.

Kredit foto: Pxhere


Ada banyak manfaat positif dalam perubahan teknologi yang makin mengefisiensikan segala hal. Mulai dari waktu penyelesaian tugas semakin cepat sampai pada peningkatan populasi manusia yang semakin bertambah dari dukungan penelitian, riset dan penemuan di bidang kesehatan.


Di luar faktor positif dari segala perkembangan teknologi tersebut, sayangnya kita jarang memperhatikan akibat negatif yang timbul, baik disengaja maupun tidak disengaja. 


Misalnya, populasi makhluk hidup lain yang semakin menyempit dan menjadi penyebab terjadinya kelangkaan hewan di beberapa belahan dunia.


7 penyebab terjadinya kelangkaan hewan di jaman modern


1. Tempat habitat hewan yang makin kecil 

Sumber foto: batamnews

1 dari 7 penyebab terjadinya kelangkaan hewan adalah tempat tinggal habitat hewan yang semakin kecil. Kelompok hewan terbanyak yang biasanya tinggal dan hidup di hutan, semakin berkurang karena pengrusakan dan pembukaan lahan baru untuk tempat tinggal manusia.


Efek meningkatnya populasi manusia yang semakin besar, maka memerlukan lokasi baru sebagai tempat tinggal.


Banyak contoh yang terjadi di beberapa negara yang mengalihkan fungsi hutan menjadi tempat tinggal karena populasi yang semakin besar. Selain itu, perilaku manusia yang merusak hutan untuk keuntungan pribadi, sering mengabaikan regenerasi pohon yang ditebang. 


2. Kegiatan berburu hewan liar 

Penyebab terjadinya kelangkaan hewan liar di bumi yang kedua adalah kegiatan berburu hewan liar dilakukan oleh manusia untuk kesenangan pribadi. Sebelumnya, manusia akan berburu hewan hanya untuk kebutuhan hidup, yakni sumber makanan.


Perubahan perilaku manusia yang semakin masif melakukan perburuan hewan liar, beberapa karena untuk hobi hingga ekonomis. Oleh karenanya, kita sering melihat kegiatan yang dihasilkan manusia memburu hewan liar berwujud gading yang diambil, menjadikan patung dan bentuk lain terkait perburuan tersebut.


3. Bencana

Faktor ke-3 yang menjadi 7 penyebab terjadinya kelangkaan hewan di dunia adalah bencana. Bencana yang timbul bisa akibat pengaruh alam, seperti gempa, gunung meletus, tsunami, hingga kemarau panjang. Selain itu, bencana bisa timbul dari perbuatan manusia yang melakukan perbuatan yang dilarang undang-undang, misalnya melakukan pembakaran hutan untuk memudahkan pembukaan suatu lahan. 


4. Perdagangan ilegal

Faktor ke-4 sebagai penyebab terjadinya kelangkaan hewan adalah perdagangan ilegal pada hewan. Populasi hewan liar yang semakin sedikit, tidak jarang masih diburu untuk di jual oleh pemburu.

Kredit foto: piqsels.com


5. Ketidakseimbangan rantai kehidupan

Faktor ke-5 yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan hewan adalah ketidakseimbangan rantai kehidupan. Salah satu pengaruh besar bagi hewan yang langka bisa bertahan hidup, jumlah predator yang meningkat atau menurun dalam kawasan hutan. Jika terjadi ketidakseimbangan alam dalam hutan, maka bisa mengancam hewan lainnya.


6. Pengaruh suhu dan cuaca

Faktor ke-6 yang menjadi penyebab kelangkaan hewan adalah suhu dan cuaca yang menjadi lebih ekstrem dari masa sebelumnya. Misalnya, meningkatnya suatu wilayah dari panas atau dingin secara berlebihan, membuat banyak hewan mengalami kesulitan beradaptasi dengan cepat. Hewan yang tidak memiliki kemampuan beradaptasi dengan suhu dan cuaca yang semakin ekstrim, perlahan makin mengurangi populasi mereka.


7. Wadah penyakit

Faktor ke-7 yang menjadi penyebab kelangkaan hewan adalah wabah penyakit. Munculnya wabah penyakit dalam komunitas hewan, bisa terjadi karena faktor manusia yang membuang limbah berbahaya dan menjadi pencemaran lingkungan, udara hingga air. Selain itu wabah penyakit bisa timbul dari pengaruh alam seperti perubahan iklim.

Menjaga lingkungan hidup flora dan fauna sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup lain. Karena jika rantai kehidupan rusak dan menyebabkan kelangkaan salah satu makhluk di bumi, secara tidak langsung akan mempengaruhi manusia.

Demikian tulisan tentang 7 Penyebab Terjadinya Kelangkaan Hewan di dunia, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar