Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 07 Agustus 2020

6 Vitamin untuk Anak Kucing Sakit

Merawat hewan peliharaan seperti anak kucing  butuh cara berbeda dari perawatan kucing dewasa. Sebagian besar hidup kitten usia kecil yang bergantung penuh dengan induk mereka mendapatkan ASI, mengatur suhu tubuh, sampai belajar mandiri dengan saudara yang lain hingga siap mencari makan.

Kredit foto: pikist.com

Untuk pemilik hewan yang berusia kecil, tidak jarang ada rasa khawatir tentang kesehatan mereka sampai muncul mencari vitamin bagi kitten.

Tahukah Anda? Anak kucing yang mendapat pengasuhan langsung dari induknya, sebagian telah memperoleh nutrisi dan gizi lengkap dan seimbang. Sepanjang kebutuhan nutrisi dan gizi induk kucing saat menyusui terpenuhi dengan baik, vitamin untuk anak kucing sehat tidak diperlukan, kecuali mendapat saran dokter hewan Anda.

Memberi suplemen hingga vitamin kepada anak kucing yang sehat, justru beresiko menganggu keseimbangan gizi dan nutrisi anak kucing yang diperoleh dari makanan hingga air susu induk. Dalam kasus lebih serius, vitamin yang didapat dalam kadar berlebihan menjadi racun dan berbahaya bagi anak kucing.

6 Vitamin untuk Anak Kucing Sakit

Sekarang penulis mengajak pembaca masuk situasi berbeda, ketika anak kucing sakit. Kira-kira vitamin apa yang baik untuk anak kucing yang sakit?

Anak kucing yang dirawat oleh induk dan mendapat kasih sayang majikan, dimungkinkan sakit saat keseimbangan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tak terpenuhi. 

Anda mungkin sudah memberi makanan terbaik untuk induk dan anak kucing selama masa pengasuhan. Namun pada beberapa pertimbangan dokter hewan, anak kucing dan induk bisa mendapat rekomendasi vitamin karena dinilai kekurangan nutrisi. 

Tidak sesuai nutrisi dan gizi kitten dan induknya, rata-rata karena makanan yang diterima kurang cukup memenuhi kebutuhan harian, terutama masa kehamilan dan menyusui.

Jenis vitamin untuk anak kucing sakit dan sehat

Ada beberapa jenis vitamin untuk kitten sakit dan sehat yang bisa dikonsumsi secara aman sepanjang dosis dan takaran sesuai rekomendasi dokter hewan, yakni:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B komplek
  3. Vitamin C
  4. Vitamin D
  5. Vitamin E
  6. Vitamin K

Fungsi manfaat vitamin A untuk anak kucing

Vitamin A dominan tersedia pada jenis sayuran, buah dan sumber hewani berasal dari hati seperti ayam, kalkun, sapi dan domba. Jumlah kandungan Vitamin A ini bahkan lebih mudah dijumpai pada sayuran ubi, labu, wortel, seledri dan lainnya atau terdapat pada buah seperti melon, aprikot, mangga, jeruk dan lainnya.

Hal ini karena akses sarana pasar yang cenderung dekat di tengah lingkungan masyarakat selain pertimbangan pembelian sumber daya hewani termasuk cukup mahal sehingga agak jarang dikonsumsi pemilik setiap hari.

Sementara itu kita tahu bahwa kucing kelompok hewan karnivora. Mereka secara alamiah lebih mudah mengonsumsi jenis makanan dari daging karena perbedaan kemampuan usus pencernaan dibanding dengan hewan omnivora seperti anjing.

Manfaat vitamin A untuk kucing jika diberikan sesuai dosis dan takaran dokter hewan, selain menjaga kemampuan dan kesehatan mata mereka, fungsi lainnya bisa mempercepat proses kesembuhan penglihatan kucing jika bermasalah dengan indra penglihatan mata.

Penyakit yang bisa terjadi pada kucing atau hewan peliharaan kekurangan Vitamin A diantaranya gangguan penglihatan saat malam, mudah terinfeksi, tubuh kurus, dan penurunan terhadap reproduksi.

Fungsi manfaat vitamin B untuk kitten dan kucing dewasa

Kandungan vitamin B cenderung banyak pada jenis kacang-kacangan, sayuran hijau hingga ikan atau daging.

Jenis Vitamin B tersebut ada banyak pengolongan yakni sekitar 8 kelompok Vitamin yang memakai awal "B". Beberapa vitamin B tersebut diantaranya: B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12

Tiap 8 vitamin B tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda antara 1 dengan yang lain.

  • Vitamin B1 bermanfaat bagi tubuh melancarkan proses pengolahan metabolisme zat makanan menjadi energi dan kalori, selain itu memiliki peranan untuk kesehatan kulit.
  • Vitamin B2 memiliki fungsi utama seperti B1, yakni mengolah bahan makanan yang dikonsumsi menjadi kalori atau energi. Bedanya manfaat lain dari B2 untuk tubuh adalah bekerja membakar lemak sekaligus mendorong sel tubuh berfungsi lebih maksimal.
  • Manfaat Vitamin B3 (niacin) sama seperti diatas.
  • Manfaat Vitamin B5 (pantothenic acid) produksi asam lemak baik dan produksi hormon.
  • Fungsi Vitamin B6 mengola zat gula yang tersimpan dalam tubuh menjadi kalori sekaligus membantu pembentukan sel darah merah.
  • Fungsi Vitamin B7 (biotin), menghasilkan asam lemak dan asam amino
  • Manfaat Vitamin B9 (asam folat), membantu tubuh untuk produksi sel dan biasanya digunakan untuk kehamilan sekaligus mencegah resiko cacat janin yang dikandung induk.
  • Manfaat Vitamin B12, menghasilkan produksi sel darah merah lebih baik sekaligus menjaga kemampuan saraf bekerja sempurna.

Beberapa anak kucing yang kekurangan Vitamin B yang tidak didapat dari pakan atau makanan dikonsumsi mereka, cenderung mudah diare, pup yang keluar berlebihan, kejang hingga kemungkinan kerusakan jaringan otak.

Kucing yang mendapat Vitamin B sesuai dosis dan takaran, umumnya kondisi kesehatan mereka terlihat bugar, aktif dan kulit serta mantel bulu sehat berkilau.

Untuk menggemukkan kucing kurus, beberapa Vitamin B yang sering dipakai adalah B1,B2, dan tambahan Vitamin lain seperti E, nicotinamide, panthothenate, atau tanyakan langsung ke pet shop, klinik hewan yang terdapat Praktek dokter hewan.

Kegunaan Vitamin B untuk anak kucing dan dewasa:

  • menambah selera makan kucing sehingga lebih mudah gemuk jika tubuhnya kurus
  • memberi sistem pertahanan tubuh lewat imun sehingga mencegah sakit
  • menyediakan kebutuhan energi dan kalori lebih cepat sepanjang gizi terpenuhi
  • mempercantik tampilan mantel bulu kucing sekaligus mencegah rontok karena penguatan sel jaringan kulit

Umumnya Vitamin B bisa dikonsumsi hewan peliharaan kucing untuk berbagai usia, kecil, dewasa hingga senior selama dosis tidak berlebihan.

Manfaat Vitamin C untuk anak kucing

Vitamin C untuk kucing jarang dibutuhkan mereka karena secara alamiah tubuhnya bisa produksi sendiri jika nutrisi dan gizi terpenuhi dari pakan berkualitas tinggi.

Sedangkan hewan peliharaan kucing yang kurang suplai Vitamin C bisa cepat mengalami penuaan dini, stres, pemulihan sendi cedera terhambat, radang gusi.

Manfaat Vitamin D untuk hewan peliharaan

Hewan peliharaan kucing yang mendapat Vitamin D sesuai kebutuhan tubuh setiap hari memiliki kemampuan menjaga diri dari radiasi bebas seperti sinar utraviolet matahari. Vitamin D yang tersedia dalam tubuh kucing yang cukup, berperan menjaga kekuatan tulang karena memperlancar suplay kalsium dan fosfor untuk usus pencernaan.

Vitamin D termasuk zat yang larut dalam lemak seperti beberapa vitamin lainnya. Jenis Vitamin yang mudah larut dalam lemak tersebut diantaranya Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K. 

Jenis Vitamin D mudah larut dalam air yang tersedia dalam bahan makanan seperti biji-bijian, daging hingga susu.

Penyakit dan dampak pada hewan peliharaan kekurangan Vitamin D

Gangguan kesehatan pada tulang akibat persendian kalsium berkurang atau tidak cukup. Gejala dan tanda umum yang terlihat adalah bagian persendian seperti kaki mudah bengkak, terlihat bengkok yang artinya tidak normal seperti ras kucing normal.

Vitamin D tidak boleh diberi secara berlebihan untuk hewan karena bisa menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat untuk mendapat takaran sesuai usia , kondisi kesehatan, riwayat penyakit.

Manfaat Vitamin E untuk kucing

Manfaat Vitamin E untuk kucing adalah menjaga kesehatan reproduksi mereka. Biasanya jadwal pemberian Vitamin E lebih sering dipakai peternak atau pemilik yang menginginkan peliharaan menghasilkan anakan.

Sementara itu, hewan peliharaan kucing jika kekurangan Vitamin E memiliki resiko gangguan kesehatan pada dinding sel membran.

Manfaat Vitamin K bagi hewan peliharaan

Manfaat vitamin K untuk kucing adalah membantu proses pembekuan darah saat terluka mengeluarkan darah.

Jika hewan peliharaan kucing tidak tercukupi kebutuhan Vitamin K akan mengalami kendala pembekuan darah yang sangat lama sehingga rentan infeksi akibat luka terbuka.

Vitamin untuk anak kucing sakit bisa berbentuk suplemen yang mengandung protein yang dihasilkan bukan dari bahan makanan alamiah, disarankan agar pecinta kucing konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mendapat hasil yang maksimal, sekaligus menghindari efek samping dalam jangka panjang untuk kesehatan anak kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar