Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 24 Agustus 2020

5 Tanaman Memiliki Racun untuk Kucing, Anjing dan Hewan Peliharaan, Kenali Tandanya

Merawat kucing atau anjing sebagai hewan peliharaan, biasanya disertai hobi lain mengisi waktu senggang di rumah. Diantaranya beberapa dari pemilik peliharaan juga hobi berkebun dan menanam tanaman hias. Pemilik kucing perlu tahu ternyata ada 5 tanaman yang memiliki kandungan racun untuk kucing.
Ilustrasi lidah buaya, Pixabay/bstad


Tanaman yang dirawat bersamaan hewan peliharaan seperti kucing, bisa berubah menjadi racun ketika tersentuh atau tertelan secara tidak sengaja oleh mereka.

Dikutip dari situs web Spruce, sekitar 5 tanaman beracun untuk kucing, diantaranya:

  1. Lidah buaya
  2. Monstera
  3. Sirih gading
  4. Jade plant
  5. Sansevieria


Tanaman Memiliki Racun untuk Kucing, Anjing dan Hewan Peliharaan


Tanaman lidah buaya adalah jenis tumbuhan yang cukup banyak ditanam di pekarangan rumah atau tanah kosong untuk dimanfaatkan sebagai tanaman kesehatan dan kecantikan. 

Sebagai kelompok tanaman sukulen, lidah buaya dipercaya memberi banyak manfaat untuk manusia selain cara merawatnya juga mudah.

Lidah buaya bisa menjadi tanaman beracun untuk kucing, anjing dan hewan peliharaan ketika secara tidak sengaja memakan atau tertelan.

Kucing yang keracunan tanaman dari lidah buaya akan menimbulkan tanda diare hingga perilaku mereka menjadi lesu dan lemas.


Monstera termasuk jenis tumbuhan yang banyak ditanam dalam rumah tangga modern. Kandungan yang terdapat dalam tanaman Monstera, yakni kalsium oksalat tidak mudah larut sehingga bisa  tanaman beracun untuk kucing, anjing dan hewan peliharaan.

Kucing yang menelan atau memakan tanaman Monstera akan menunjukkan gejala bagian mulut seperti terbakar, keluar air liur secara terus menerus hingga menjadi muntah.


Sirih gading adalah tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Solomon yang berkembang biak mencapai ketinggian hingga 2 meter lebih.

Jika kucing makan atau menelan bagian dari tanaman sirih gading, mereka bisa membuat bagian mulut dan bibir seperti terbakar, mengalami muntah hingga rongga mulut bengkak.


Jade plant


Tumbuhan Jade plant jenis tanaman yang sering ada dalam lingkungan rumah tangga modern karena mudah dirawat manusia. Namun Jade plant menjadi tanaman beracun untuk kucing, anjing dan hewan peliharaan saat termakan atau tertelan oleh hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, bisa membuat mereka muntah, lemah dan nampak kebingungan.


Sansevieria populer dengan nama lain yang disebut lidah mertua. Jenis tanaman ini menjadi racun untuk hewan peliharaan jika termakan atau tertelah tidak sengaja dengan tanda muntah dan keluarnya pup yang encer atau diare.


Untuk mencegah dan mengantisipasi kemungkinan fatal terhadap tanaman menjadi racun bagi hewan peliharaan di rumah, kucing atau anjing sebaiknya dibatasi akses ke ruangan yang terdapat tumbuhan tadi.

Namun cara yang paling aman agar kucing, anjing atau hewan peliharaan selalu sehat, disarankan merawat jauh dari jangkauan mereka.

Jika Anda menduga tanda dan gejala yang terjadi pada kucing, anjing atau hewan peliharaan akibat  tanaman beracun untuk kucing, anjing dan hewan peliharaan, segera membawanya ke dokter hewan terdekat untuk pengobatan secara medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar